7 Langkah Mudah Membersihkan Filter Udara Ferrox

Advertisement
Banyak pemilik kendaraan yang mengganti filter udara bawaan menjadi filter udara tipe stainless seperti Ferrox.

Dengan performa yang disinyalir bisa meningkat, banyak pemilik mobil rela mengeluarkan biaya lebih untuk menggunakan filter ini.

Namun, tahukah anda kalau teknik pembersihan filter udara ferrox itu beda dengan filter standar mobil yang umumnya menggunakan tipe kertas.

Lalu bagaimana caranya ?

Di artikel ini akan kami bahas secara detail langkah-langkah membersihkan filter udara ferrox.

Harga ferrosx air filter avanza


Cara Membersihkan Filter Udara Ferrox


Untuk membersihkan filter ini, kita menggunakan media air sebagai pembersih. Air digunakan karena dapat membilas seluruh permukaan filter tanpa takut sobek atau kusut. Caranya,

1. Keluarkan filter udara Ferrox dari dalam air filter box.

2. Lakukan pemeriksaan visual terlebih dahulu. Telitilah apakah ada bagian yang rusak atau berlubang. Jika aman, maka filter siap dibersihkan.

3. Awali dengan membilas seluruh permukaan filter menggunakan air mengalir. Hal ini akan menyebabkan debu terbawa aliran air.


4. Mungkin ada beberapa kotoran yang membandel, untuk itu bersihkan dengan detergent atau sabun menggunakan sikat gigi atau sikat lembut. Gosokan ke permukaan filter hingga kotoran hilang.


5. Jika telah selesai penggosokan, maka bilas kembali filter udara menggunakan air untuk menghilangkan busa sabun. Pastikan tidak ada busa sabun yang tertinggal.

6. Gunakan lap bersih untuk menghilangkan kandungan air didalam filter dengan cara mengulapnya. Anda juga bisa mengeringkanya tapi tidak dibawah sinar matahari, karena bisa merusak permukaan filter.

7. Jika filter sudah bersih dan kering, pasang kembali filter ini ke dalam box air filter. Sebelumnya, pastikan anda juga telah membersihkan bagian dalam box air filter.

Agar lebih jelas, sudah kami siapkan video pembersihan saringan ferrok yang berasal dari Youtube.


Lakukan cara pembersihan ini secara berkala, antara 5.000 - 10.000 KM pemakaian. Filter ini dapat mendongkrak tenaga mesin, apapun jenisnya. Tapi jika digunakan pada medan berdebu, maka akan membahayakan sistem lainya. Untuk itu, pemakaian filter udara Ferrox lebih disarankan untuk mereka yang berkecimpung dalam perkotaan.

Hal diatas terjadi karena daya saring ferrox kurang dari saringan udara standar karena memiliki lubang yang lebih besar. Lubang ini akan menyaring debu yang memiliki ukuran partikel besar. Sementara untuk debu dengan partikel micro, saringan ini kurang bisa menyaringnya.

Oleh sebab itu, saat anda menggunakan filter-filter racing seperti ini anda harus siap dengan segala konsekuensinya.

Itulah sekilas tentang cara membersihkan filter ferrox pada mobil dan motor. Semoga dapat membantu.