Mana Filter Udara Mobil Yang Paling Bagus ? Cari tahu Jawabanya Di Sini

Advertisement
filter udara berfungsi untuk menyaring debu dan kotoran yang terbawa oleh aliran udara saat langkah hisap. Tak sedikit pula permasalahan mesin yang diawali dari filter yang tidak terawat ataupun tidak sesuai. Mengapa tidak sesuai ? karena filter memiliki jenisnya masing-masing. Apabila kita salah dalam pemakaian filter udara ini, maka bisa berakibat pada kerusakan mesin.

Dari berbagai produk dan jenis filter, apakah anda mengetahui manakah filter udara yang paling bagus ? pada postingan ini akan kita bahas semua jenis filter serta tips memilih filter udara agar sesuai dengan performa mesin motor dan mobil anda, agar anda dapat menyimpulkan filter udara mobil yang bagus dan sesuai kebutuhan. Simak pembahasan dibawah ini.

Pengertian Air Filter

Air fiter adalah alat filtrasi yang digunakan untuk melakukan proses penyaringan udara. Mengapa udara ini perlu disaring ? kita tahu bahwa proses pembakaran mesin pasti menyertakan udara dalam hal ini oksigen. Oksigen tersebut didapat dari luar mesin yang dialirkan karena proses hisapan piston.

Karena oksigen ini terletak diudara bebas, maka tidak menutup kemungkinan terdapat partikel debu yang terbawa dalam aliran udara. Saat partikel debu tersebut ikut terbawa didalam mesin, maka terjadi endapan debu pada komponen-komponen mesin terutama intake manifold. Dalam jumlah besar, endapan ini bisa mempersulit pasokan udara kedalam mesin. Selain itu debu yang ikut terbakar juga bisa menyebabkan kerak didalam mesin. Sehingga bisa mengurangi output mesin.

Filter udara akan mencegah hal itu terjadi, dengan meletakan bahan filtrasi didedak pintu masuk udara. Tapi permasalahan tidak berhenti sampai disini saja. Filter udara yang kotor juga dapat menghambat kinerja mesin. Alasanya debu yang menempel pada pori-pori filter akan menghambat aliran udara menuju mesin. Untuk itulah filter udara juga perlu dilakukan penggantian.

Bahan penyaring dalam air filter

1. Dry Paper base filter



Filter jenis ini menggunakan element kertas sebagai bahan penyaringnya. Elemen ini memiliki kelebihan yaitu mudah dibersihkan dan harga yang kompetitif. Sehingga filter jenis paper sering digunakan sebagai filter standar mobil. Untuk urusan performa, memang filter ini masih kurang karena kertas memiliki pori-pori yang cukup rapat. Namun kemampuanya untuk menyaring debu dan partikel kecil lain tidak perlu diragukan. Paper air filter cocok digunakan didaerah berdebu dan berpolusi tinggi.

2. Wet Foam filter


Berbeda dengan jenis yang pertama, wet foam filter terbuat dari bahan busa yang memiliki lapisan oil film. Itulah sebabnya filter ini disebut juga filter basah. Dibandingkan kertas, busa memiliki pori-pori yang lebih besar. Artinya filter ini memiliki resistansi aliran lebih rendah dibandingkan paper filter. Namun daya saringnya juga tidak bisa diremehkan. Lapisan oil film yang terdapat pada permukaan filter ini bertujuan untuk menangkap debu yang terbawa oleh aliran udara. Namun filter ini biasanya bersifat sekali pakai karena ketika permukaan filter telah tertutup debu, maka akan sulit dibersihkan. Anda akan menemui filter jenis ini pada sepeda motor matic khususnya.

3. Stainless filter


Untuk jenis yang ketiga masuk dalam filter udara racing. Mengapa disebut racing air filter ? karena filter yang terbuat dari rajutan stainless ini akan memaksimalkan performa mesin dengan memperkecil resistansi aliran pada jalur udara intake. Namun dalam segi filtrasi, filter ini bisa dikatakan buruk. Sehingga filter jenis stainless kurang tepat apabila digunakan untuk mode sehari-hari. Namun akan sangat baik ketika digunakan dalam keperluan racing.

Baca Juga


Setelah mengenal berbagai bahan penyusun filter, saatnya kita mencari tahu mana produk filter terbaik. Setidaknya ada tiga produk filter udara yang paling populer di Indonesia. Yaitu;

1. Sakura

Produk satu ini, memang cukup populer untuk masalah filter. Karena tidak hanya air filter, sakura juga menghadirkan beberapa jenis filter seperti filter cabin, filter bahan bakar dan filter lain. Menurut pengakuan beberapa pengguna yang mencoba filter sakura pada mobilnya, terdapat peningkatan peforma setelah menggunakan filter ini.


Hal itu bisa terjadi karena filter sakura berbeda dengan filter bawaan mobil yang umumnya berbahan kertas. Filter ini menggunakan bahan kain kasa yang memiliki rongga lebih besar. Untuk memaksimalkan daya saringnya, filter ini memiliki dua lapis kain kasa yang dilapisi dengan oli.

Sehingga baik peningkatan performa maupun daya saring akan terasa maksimal. namun kendala pada filter ini terletak pada perawatan. Apabila filter biasa hanya memerlukan semprotan angin untuk membersihkanya, saringan ini perlu bahan cleaner khusus untuk membersihkan. Selain itu kita juga harus melumuri lapisan saringan dengan oli khusus setelah proses pembersihan.

2. Apex

Untuk produk filter kedua memiliki kelebihan yang sama, yaitu menyaring dan meningkatkan kinerja mesin. Karena Apex terbuat dari perpaduan antara polyester dan cotton, sehingga menghasilkan bahan yang kuat untuk menyaring udara. Namun peningkatan yang dirasakan masih dibawah produk yang pertama.

Meski demikian, filter ini lebih ekonomis, untuk satu unit dibanderol kurang dari 200 ribu serta mudah dalam perawatan. Untuk membersihkanya anda bisa melakukan pencucian menggunakan air biasa. Karena bersifat kering, filter ini lebih cocok digunakan pada daerah yang berdebu atau berpolusi tinggi.

3. Ferrox

Untuk produk air filter yang ketiga juga nampaknya tidak kalah tenar khususnya dikalangan pecinta racing. Ferrox memang dikhususkan untuk area-area berdebu minim atau pemakaian dalam jangka waktu pendek. Hal ini dikarenakan filter ini berbahan stainless steel yang memiliki rongga cukup besar. Selain itu ferrox juga bersifat kering, sehingga anda tidak memerlukan bahan khusus untuk membersihkanya.

Masalah harga, ferrox nampaknya berada diatas kedua produk yang kita bahas sebelumnya. saringan ini dibanderol mencapai Rp.800.000 per unit untuk mobil. Hal ini dikarenakan peningkatan performa setelah menggunakan filter ini jauh lebih terasa. Selain itu perawatan juga mudah karena cukup membilasnya dengan air sabun untuk membersihkan filter ini.


Kelebihan lain dari filter ini, juga telah tersedia pada versi sepeda motor tertentu. Namun sekali lagi filter ini kurang cocok apabila digunakan pada daerah yang berdebu. Untuk menjaga performa mesin, anda diharuskan melakukan perawatan setiap 2000 atau 3000 KM. Apa saja perawatan yang dilakuakan ? anda bisa simak artikel cara merawat Ferrox air filter.

Itulah sedikit review dan ulasan mengenai filter udara yang sering digunakan pada sepeda motor dan mobil. Bagaimana, apakah anda sudah menemukan filter udara mobil yang bagus ? tentu jawabanya tergantung pilihan anda apakah ingin menjajal filter aftersales atau standar. Sekian dan semoga bermanfaat.