Cara Vakum Sistem AC Mobil Dengan Benar

Advertisement
Untuk melakukan pengisian atau pengecekan kebocoran freon sistem AC, kita perlu melakukan vacum sistem AC. Di artikel ini, kita akan membahas langkah-langkah melakukan Vacum sistem AC mobil. Bagaimana cara nya ? simak ulasan dibawah


cara mengukur tekanan ac mobil

Vacum sistem AC yaitu kegiatan yang dilakukan untuk mengosongkan dan menyerap seluruh udara didalam sistem AC menuju keluar. Kegiatan ini dilakukan saat kita akan mengisi freon pada AC mobil ketika selesai melakukan service AC.


Pekerjaan ini dilakukan untuk memastikan kebocoran sistem AC apabila ada indikasi kebocoran pada AC mobil. Apa saja indikasinya ? bisa disimak pada artikel berikut.



Apa saja Alat yang diperlukan untuk Vacum sistem AC mobil ?


Kita akan memerlukan beberapa tools. Antara lain ;



  • AC Vacum Pump. Alat berupa pompa vacum bertenaga listrik yang berfungsi menyerap tekanan didalam sistem AC.
  • Manifold AC Gauge Set. Alat ini digunakan untuk menghubungkan sistem AC mobil dengan pompa vacum.

Cara Vacum Sistem AC Mobil Dengan Benar


Setelah kedua alat tersebut sudah tersedia, langkah selanjutnya kita langsung bisa melakukan pekerjaan ini. Sebelum melakukan vacum sistem AC pastikan refrigerant pada sistem sudah habis, atau dengan kata lain sistem AC telah kosong.



cara mengisi freon ac mobil


  1. Langkah pertama, pasang Manifold AC gauge set pada sistem AC mobil.
  2. Kemudian hubungkan selang netral berwarna kuning dari manifold gauge set ke Vacum Pump.
  3. buka kedua kran pada Manifold Gauge set, pembukaan ini bertujuan agar tekanan sistem AC bisa keluar menuju pompa vakum.
  4. Nyalakan pompa dan tunggu hingga kira-kira 7-10 menit sebelum mematikan pompa.
  5. Saat anda melihat gauge indicator sisi low pressure yang berwarna biru, maka jarum akan bergerak hingga dibawah nol. Artinya tekanan didalam sistem AC berada pada kondisi vacum.

Setelah pompa dimatikan tunggu kembali hingga kira-kira 10-15 menit. Proses ini bertujuan untuk memastikan kembali bahwa sistem AC tidak bocor. Apabila jarum pada low pressure gauge bergerak meningkat, maka bisa mengindikasikan adanya kebocoran.

Tapi jika tidak ada pergerakan jarum, langhkah selanjutnya anda bisa melakukan pengisian freon. Bagaimana cara mengisi freon AC mobil simak kelanjutanya dibawah.

Cara Mengisi Freon Pada Sistem AC Mobil


Untuk mengisi freon AC mobil, kita perlu mengetahui berapa tekanan standar AC mobil kita. Hal ini karena tiap mobil memiliki volume dan tekanan AC yang berbeda. Siapkan pula refrigerant yang sesuai dengan spesifikasi AC mobil anda. Mobil-mobil saat ini umumnya menggunakan freon berjenis R-134a yang lebih ramah lingkungan.





  1. Tutup rapat kedua kran pada AC manifold gauge set.
  2. Buka selang netral berwarna kuning yang menuju pompa vakum, lalu hubungkan selang tersebut ke tabung freon.
  3. Beberapa bengkel AC akan membalik posisi tabung agar freon bisa terisi sepenuhnya, kita juga bisa meniru langkah ini.
  4. Buka kran pada tabung AC sepenuhnya, pastikan ada aliran freon menuju selang berwarna kuning.
  5. Buka kran high pressure side pada AC manifold gauge set yang berwarna merah, seketika itu tekanan AC pada kedua sisi akan meningkat.
  6. Tutup kedua kran ketika freon yang masuk telah memenuhi standar tekanan freon sistem AC mobil anda.
Artikel Pendukung HVAC mobil



Itulah tips mudah mengenai cara vakum sistem AC mobil dengan benar disertai tata cara pengisian freon. Pekerjaan sistem AC, masuk dalam job lanjutan yang perlu skill khusus. Oleh sebab itu, usahakan minta bimbingan profesional saat melakukan pekerjaan ini.