Karburator Motor Banjir ? Ternyata Sepele Penyebabnya, Begini Solusinya

Advertisement
Pernahkan anda melihat bensin meluber dari karburator motor anda ? itu namanya karburator banjir, kondisi ini bisa disebabkan banyak hal tapi yang jelas kondisi ini cukup berbahaya.

Alasannya, bensin itu mudah terbakar kalau bensin sampai mengenai percikan api pada sistem pengapian misalnya, itu akan membakar motor anda.

Lalu, apa yang menyebabkan karburator bocor ini ? mari kita ulas secara rinci



Masalah karbu banjir ini sering melanda khususnya apabila karburator tidak pernah diservis. Hal ini karena posisi karburator yang terletak lebih rendah dari tanki bensin, sehingga sangat memungkinkan bensin mengalir ke karbu hingga luber.

Tetapi, seharusnya aliran bensin dari tanki tidak sampai luber karena karburator memiliki sistem pelampung yang secara otomatis menutup aliran bensin dari tanki saat kondisi mangkuk karbu sudah penuh.

Penyebab Karburator Bocor

img by bikebandit.com

Kebocoran karburator, itu bisa dilihat dari adanya rembes diarea sambungan antara karburator dengan selang udara. Selain itu, motor yang mengalami masalah bocor bensin ini biasanya akan sulit dihidupkan saat awal. Dan ada pula bau bensin dari knalpot.

Penyebab utama masalah ini ada bagian sistem pelampung. Sistem pelampung berfungsi untuk menjaga kondisi mangkuk karbu supaya tetap full.

Sistem pelampung bekerja dengan memanfaatkan needle valve yang digerakan oleh sebuah pelampung. Saat mangkuk karbo kosong, posisi pelampung akan kebawah sehingga needle valve membuka saluran bensin dari tanki, bensin mengalir dari tanki kedalam mangkuk karbu.

Saat kondisi ruang pelampung penuh, pelampung akan naik akibat volume bensin yang meningkat. Gerakan pelampung yang naik akan menggerakan needle valve untuk menutup aliran bensin. Sehingga aliran bensin terhenti dan tekanan didalam ruang pelampung tidak berlebih.

Tapi, saat needle valve tidak mampu menekan saluran untuk menghentikan aliran bensin, maka bensin terus saja mengalir dari tanki. Akibatnya, bensin didalam ruang pelampung meluap hingga muncul berupa rembesan.

Ini akan menyebabkan motor sulit dihidupkan. Campuran yang masuk tergolong campuran gemuk atau mengandung terlalu banyak bensin. Hal itu bisa membuat busi basah dan tentunya proses pembakaran akan terganggu,

Bagaimana cara mendeteksi kebocoran karburator ?

Terkadang mengandalkan visual saja tidak cukup untuk mengamati kebocoran pada karburator. Karena rangkaiannya tertutup sehingga perlu analisa lanjutan. Beberapa tanda karburator bocor antara lain ;

  • Mesin susah hidup dan ada brebet walau tidak terusan 
  • Saat posisi stasioner. RPM mesin cenderung mati 
  • Bau bensin pada asap knalpot yang cukup menyengat
  • Asap kendaraan berwarna gelap 
  • Bensin terasa lebih boros
  • Bensin menetes dari saluran ventilasi karbu 
  • Ada rembesan pada sambungan selang udara pada karburator 

Jika anda melihat 7 ciri kerusakan pada motor anda, maka bisa dipastikan ada kerusakan pada sistem karburator.


Baca juga : 5 kerusakan paling sering pada karburator motor

Cara Mengatasi Karburator Banjir


Untuk memperbaiki karburator bocor, sebenarnya mudah. Tinggal kita overhoule untuk membersihkan bagian sistem pelampungnya, karena mungkin yang jadi penyebab hanya jarum yang tersumbat kotoran atau hal sepele lainnya.

Tapi bagaimana kalau tidak bisa membongkar karburator ?

Anda sebenarnya tidak perlu melepas karburator dari mesin, cukup lepaskan mangkuk karbu yang terletak dibagian bawah karbu. Fungsi komponen ini adalah untuk menampung bensin dari tanki bahan bakar. Untuk melepasnya, ada empat buah sekrup yang bisa dilepas dengan obeng.


Kemudian, anda akan melihat pelampung yang berbahan plastik. lepaskan pelampung dari dalam karbu juga needle valvenya. Untuk melepas pelampung ini biasaya hanya ditarik pin penguncinya saja.

Lalu tes pelampung dengan cara mengapungkannya pada air sambil ditekan-tekan, kalau pelampung masih mengambang dengan baik itu tandanya pelampung masih baik dan tidak perlu diganti.

Langkah berikutnya, bersihkan bagian atas mangkuk karbu. Seperti yang saya katakan sebelumnya, bisa saja ini disebabkan karena jarum pelampung terganjal kotoran sehingga tidak bisa menutup. Untuk mengatasinya, bersihkan bagian dalam karbu bisa menggunakan bensin + sikat gigi atau carburetor cleaner.

Cek juga kondisi needle valve, apa permukaan jarumnya rata atau tidak. Caranya, pasang jarum dan pelampung seperti biasa lalu buka kran bensin sambil menekan pelampung kearah atas. Harusnya, ditekan sedikit saja bensin tidak bisa keluar.

Tapi kalau bensin masih menetes juga, itu tandanya needle valve yang sudah rusak dan perlu diganti.

Tips agar agar karburator motor tidak banjir

  • Usahakan untuk memperhatikan bahan bakar yang digunakan.
  • Jika motor akan diberhentikan dalam waktu lama (sampai berbulan-bulan), biasakan untuk menutup kran bensin

Dua tips diatas, secara tidak langsung mengurangi resiko karburator motor mengalami kebanjuran. Sekian artikel singkat kita mengenai penyebab karburator motor banjir semoga bisa bermanfaat bagi kita semua.