9 Kelebihan dan Kelemahan Suzuki Ertiga All Type

Advertisement
Suzuki Ertiga merupakan salah satu MPV terlaris di Indonesia. Mobil ini bisa menjadi pilihan lain bagi anda yang sedang mencari mobil keluarga. Seperti apa kelebihan serta kelemahan Ertiga GX, GS, dan GA ? Simak ulasanya berikut ini.



MPV atau biasa disebut mobil keluarga memiliki market yang spesial di negara kita. Berbeda dengan begara lain yang justru melemah, penjualan MPV di Indonesia cukup tinggi. Hal itu, dikarenakan mobil MPV memiliki harga yang terjangkau dan bisa mengangkut hingga 7 orang.

Salah satu line-up MPV di Indonesia yakni Suzuki Ertiga. Mobil ini dikeluarkan sejak 2013 silam untuk menandingi dominasi Avanza. Apa yang spesial pada mobil ini ?


Kelebihan New Ertiga

perbedaan ertiga lama dan baru

Ada banyak hal yang membuat Ertiga lebih spesial dibandingkan dengan mobil-mobil sekelasnya, salah satunya dibagian Eksterior. Selain sisi eksterior, masih banyak kelebihan pada all new Ertiga yakni

1. Desain Eksterior yang kokoh dan elegan

Sejak diluncurkan pada generasi pertamanya, ertiga sudah mengusung desain yang begitu elegan dan kalem. Headlight lebar dikedua sisinya yang juga mengikuti lekuk garis samping kian menambah kesan elegan mobil ini.

Pada Ertiga versi Facelift, tampilan eksterior mengalami perubahan khususnya bagian grill. Sebelumnya Ertiga mengusung grill kotak namun sudah diupgrade menjadi lebih ekslusif dengan desain menyatu pada kedua headligtnya. Aksen krom juga kian menambah kesan premium dan kokoh pada mobil ini

2. Kabin dan bagasi yang luas

Berbeda seperti seri MPV Suzuji yang lain seperti APV, Ertiga dibuat dari platform Swift. Tentu, jika kita lihat ada aura Suzuki Swift menempel pada Ertiga, hasilnya kabin cukup lapang, ruang kepala luas dan leeg room juga cukup lega.

Mengusung dimensi 4.625 x 1.695 x 1.685 New Ertiga mampu menampung 7 orang dewasa dalam kabinnya sekaligus barang bawaan pada bagasi yang juga luas.

3. Mesin Berteknologi Terkini

Mesin yang digunakan pada Ertiga semua tipe yakni berjenis K14B 1.4 DOHC VVT yang mampu mengeluarkan energi sebesar 95 Hp pada RPM 6000 dan torsi mencapai 130 Nm pada putaran 4000 RPM.

Meski tergolong kecil, mesin Ertiga sudah dibekali dengan beberapa teknologi seperi DOHC VVT yakni mekanisme pengubah timing katup. Sehingga pasokan udara sudah diatur sedemikian rupa. Selain itu ada teknologi DBW (drive-by-wire) yang juga membuat kinerja mesin Ertiga makin joss.

Untuk urusan powertrain, Ertiga menggunakan penggerak dengan tipe FWD (Front wheel drve). Hasilnya untuk mencapai kecepatan 100 Km/H diperlukan hanya 14 detik dengan kecepatan tertingginya mencapai 160 Km/H.

4. Hemat bahan bakar

Ertiga juga mengusung sistem EFi pada mesinnya. Sehingga pasokan bahan bakar akan terkontrol dengan baik. Penggunan DBW serta VVT juga akan menekan angka konsumsi bahan bakar mobil ini.

Untuk menempuh rute dalam kota dengan jalan berkelok, maka Ertiga mampu menempuh 10 - 13 Km tiap liternya. Sementara rute luar kota dengan jalanan relatif lancar bisa mencapai 15 Km per liternya.

5. Sistem keamanan lengkap

Fitur ini yang paling penting, karena akan mendukung keselamatan pengemudi serta penumpang. Beruntung pada Ertiga sudah dibekali dengan sistem keamanan super lengkap.

Contohnya sistem ABS + EBD yang bisa mengatur sistem pengereman agar tidak slip secara otomatis. Selain itu ada pula Sistem ABS, dan immobilizer. Tapi semua akan tersedia pada tipe Ertiga GX dan Dreza selaku tipe atau varian tertinggi


Kelemahan Suzuki Ertiga


Setelah membahas segala kelebihan pada Suzuki Ertiga, saatnya kita menelusuri kekurangan dan keluhan yang dirasakan pengguna mobil ini. Simak kelemahan ertiga berikut

1. Bau sangit saat kecepatan tinggi

Menurut beberapa pengguna Ertiga, ada bau sangit saat mobil dipacu pada kecepatan kecepatan 100 KM/h. Bau ini berasal dari mesin, tepatnya katalis yang berbahan dasar keramik. Pada suhu tinggi katalis ini dapat mengeluarkan bau sangit yang bisa masuk ke kabin. Baca juga Keluhan Utama Suzuki Ertiga

2. Ban berkualitas rendah

Ertiga menggunakan ban dengan model ekonomis, tujuannya yakni agar harga jual bisa ditekan. Namun karena bersifat ekonomis, kualitas yang dirasakan juga terasa kurang. Untuk itu, pada KM 40.000 ban harus segera diganti. Agar ban lebih awet, banyak yang menyarankan untuk menggunakan nitrogen sebagai isi ban.

Hal itu karena nitrogen bersifat lebih stabil saat panas. Sehingga ketika mobil berjalan pada kecepatan tinggi, ban bisa mengimbangi sehingga handling bisa terasa baik.

3. Cat mobil yang terlalu tipis

Cat mobil secara visual memang tidak bisa dibedakan. Namun kualitas cat yang buruk akan cepat kotor apabila tidak dirawat dengan baik. Banyak pengguna yang mengeluhkan cat mobil pada Ertiga terlalu tipis. Sehingga goresan sedikit bisa sangat terlihat.

4. Mesin kecil, tenaga mesin tergolong kecil

Tidak dipungkiri, beberapa low MPV sekelasnya sudah mengadopsi mesin 1.5 L. Namun, ertiga masih bertahan pada mesin berkapasitas 1.400 cc. Memang secara konsumsi bahan bakar ertiga pemenangnya namun untuk urusan power mobil ini terasa kurang.

Hasilnya akan terasa saat memacu kendaraan kita di tanjakan. Ertiga akan kesulitan untuk menanjak apabila kondisi kabin penuh. Namun, secara keseluruhan tenaga yang dikeluarkan Ertiga sudah baik di jalanan rata.

Spesifikasi teknis New Suzuki Ertiga GX


  • Engine : 1.4 L K14B 4 in-line 16 ValveDOHC VVT.
  • Max. Power : 95 HP @6.000 RPM.
  • Max. Torque : 130Nm @4.000 RPM.
  • Comp Ratio : 1:10.
  • Bore x Stroke : 73mm x 82mm
  • Front Wheel Drive (FWD)
  • Fuel Economy: 10-13km / L (dalam kota), 14-17km / L (luar kota)
  • Transmission : 5-speed manual, 4-speed Matic.
  • Suspension : Machperson strut independen (Front), belakang torsion beam (Rear).


Daftar Harga Suzuki Ertiga 2017

Dibawah ini merupakan daftar harga terbaru Suzuki Ertiga All Type. Namun harga dibawah tentunya bisa berbeda ditiap tempat dan daerah.
  • Ertiga GA 1.4 M/T Rp. 183.000.000
  • Ertiga GL 1.4 M/T Rp. 199.500.000
  • Ertiga GL 1.4 A/T Rp. 212.000.000
  • Ertiga GX 1.4 M/T Rp. 208.000.000
  • Ertiga GX 1.4 A/T Rp. 220.500.000
  • Ertiga Dreza MT Rp. 216.900.000
  • Ertiga Dreza AT Rp. 229.500.000
  • Ertiga Dreza GS – MT Rp. 223.900.000
  • Ertiga Dreza GS – AT Rp. 236.500.000


Apakah Ertiga Cocok Sebagai Pilihan ?


Perlu ditekankan, kalau semua mobil pasti memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Termasuk ertiga dengan segala kelemahannya, juga masih memiliki kelebihan yang belum tentu dimiliki mobil lain.

Bagi anda yang sedang menimang mana mobil yang pas untuk saya, anda harus benar-benar membandingkan bukan hanya satu mobil. Seperti yang diutarakan diatas, semua mobil memiliki kelebihan dan kelemahan yang belum tentu sama.

jadi untuk menemukan mana mobil yang pas, anda perlu membandingkan semua mobil yang anda incar,

Cara yang paling mudah, adalah dengan menggunakan pihak ketiga yang gratisan. Seperti situs jual beli OLXMomobil atau Raja Mobil. Gunakan perkembangan internet sebagai jendela untuk mencari tahu semuanya tentang mobil incaran anda.

Dari ketiga situs jual beli tadi, anda tidak harus membeli dari situs yang bersangkutan. Gunakan untuk mencari informasi selengkap-lengkapnya, misal pada situs Raja Mobil (yang paling familiar untuk saya).

Disini disediakan sistem pencarian promo terbaik, sehingga kita bisa tahu mobil apa saja yang sedang dalam masa promo. Selain itu, ada pula fitur simulasi kredit serta sistem asuransi yang bisa langsung diaktifkan ketika anda membeli mobil. Sehingga kita bisa tahu berapa harga pasaran real mobil-mobil yang kita incar.


Cukup daftar dan kita bisa menikmati semua fiturnya.

Jika anda tipe penggila kecepatan, nampaknya mobil ini kurang cocok bagi anda. Demikian artikel tentang kelebihan dan kekurangan Ertiga GX semoga bisa bermanfaat.