5 Ciri Mesin Yang Mengalami Bocor Kompresi

Advertisement
Mesin Bocor - Kompressi menjadi salah satu faktor utama yang mempengaruhi kinerja mesin. Untuk dapat terjadi pembakaran, tidak hanya diperlukan udara, bahan bakar dan api saja. Tapi tekanan kompressi juga diperlukan. Karena tanpa ada tekanan kompresi, pembakaran yang dihasilkan tidak mampu membuat mesin berputar.

Namun, masalah yang sering dihadapi pada mesin yaitu ketika mesin mengalami kebocoran kompressi. Untuk itu diartikel ini kita akan membahas ciri ciri kompresi bocor pada mesin motor atau mobil baik berbahan bakar bensin maupun bensin.



ciri ciri motor bocor kompresi

Tekanan Kompressi dihasilkan oleh perubahan volume ruang silinder yang mengecil. Sehingga udara akan dipampatkan hingga terjadi kompresi. Tapi kebocoran bisa saja terjadi khususnya dibagian ring kompressi. Dibagian ini merupakan tempat penyekat antara celah piston dan silinder. Sehingga akan sangat rawan bocor. Tanda mesin mengalami bocor kompresi antara lain ;


1. Susah start di pagi hari


Dipagi hari merupakan cara tepat untuk mengetahui kinerja mesin karena kondisi mesin masih dingin. Apabila mesin motor atau mobil anda normal, maka satu kali start mesin langsung menyala. Tapi jika memerlukan beberapa start untuk menyalakan mesin, maka bisa mengindikasikan adanya bocor kompresi.


Susah start dipagi hari memang tidak hanya mengindikasikan tekanan kompresi yang rendah, untuk itu sebelum melakukan start posisikan kunsi kontak pada posisi On dan kembali Off hingga tiga kali, baru bisa anda start.


Langkah ini bertujuan untuk membangkitkan tekanan bahan bakar pada mesin EFI. Karena saat tekanan bahan bakar menurun, mesin juga sulit start.


2. Suara mesin lebih kasar


Suara kasar bisa menandakan beberapa masalah. Pada kasus ini, suara akan berbeda dari normal karena pembakaran mesin berlangsung tidak sempurna. Suara udara ngempis juga bisa timbul jika didengarkan secara seksama dari ruang mesin.


3. Tenaga kendaraan berkurang jauh


Akibat kompresi yang menurun, maka jumlah gas yang dibakar juga semakin sedikit. Sehingga tenaga mesin akan berkurang. Hal ini bisa dirasakan pada top speed kendaraan yang menurun atau saat kendaraan membawa beban.


4. Oli mesin sering habis


Kebocoran kompresi yang berasal dari ring kompresi, bisa menyebabkan oli mesin mengalir ke ruang bakar dan ikut terbakar. Sehingga dalam beberapa waktu, oli mesin akan berangsur kurang dan habis.





5. Keluar asap putih dari dalam knalpot


Masin berkaitan dengan point nomor 4, oli yang terbakar akan menimbulkan asap berwarna putih yang bisa kita lihat dari knalpot. Tapi kebocoran oli tidak selalu berasal dari ring kompresi. Lebih lanjut bisa anda simak pada Penyebab dan cara mengatasi asap putih dari knalpot.





Kelima ciri-ciri diatas bisa menandakan bahwa mesin motor anda mengalami bocor kompresi. Tapi, juga bisa menandakan hal lain. Untuk itu apabila gejala diatas muncul lakukan pemeriksaan kompresi atau biasa disebut tes kompresi.



mesin bocor kompresi

Kompressi bisa diukur menggunakan compression tester, namun baik mesin bensin dan diesel memiliki alat yang berbeda. Kebocoran kompresi bisa terjadi pada motor dan mobil. Pada sebuah mobil bermesin diesel, akan lebih rentan mengalami masalah ini karena proses kerja yang lebih berat disertai oli dan bahan bakar yang kurang mumpuni.


Apabila mesin anda mengalami kebocoran kompresi, maka tidak ada cara lain selain melakukan overhoule atau turun mesin. Baca juga : Ciri ciri mesin diesel harus turun mesin.


Untuk melakukannya, anda bisa datang ke bengkel kepercayaan anda. Untuk estimasi biaya turun mesin sendiri, bervariasi tergantung tingkat kesukaran dan komponen apa saja yang perlu diganti.

Itulah sedikit uraian tentang ciri ciri mesin mengalami bocor kompresi. Semoga bisa menyelesaikan permasalahan anda dan semoga bermanfaat.