3 Langkah Membuat Charger Hp Sederhana Di Motor (Termudah)

Advertisement
Charger atau casan saat ini merupakan barang kedua yang harus dibawa oleh anak muda sekarang setelah ponsel saat bepergian. Alasanya, tanpa charger ponsel kita bisa kehabisan daya. Tapi jika anda sedikit bertindak kreatif, maka hal itu bisa diatasi melalui sebuah motor.

Motor adalah kendaraan yang juga memiliki energi listrik. Kita bisa menggunakan sebagian listrik pada motor untuk keperluan pengisian daya ponsel. Caranya yakni dengan membuat charger khusus pada motor. Bagaimana caranya ? simak cara membuat charger sederhana pada motor dibawah.



cara membuat cas Hp

Pada dasarnya, charger berfungsi untuk mengisi daya gadget. Apapun gadgetnya entah laptop, ponsel atau kamera memiliki charger dengan prinsip kerja yang sama. Namun tiap charger memiliki output range yang berbeda, itulah sebabnya beda charger beda pula waktu pengisiannya.



Prinsip kerja Charger Hp


Sebelum kita membuat komponen ini, alangkah baiknya kita memahami terlebih dahulu komponen didialam sebuah charger termasuk prinsip kerjanya.


Charger bekerja dengan mengalirkan arus listrik ke baterai yang terletak didalam hp. Karena sifat baterai ponsel yang chargable, maka arus tersebut akan disimpan didalam baterai untuk kemudian digunakan dilain waktu.


Tapi, arus listrik dari PLN tidak bisa disalurkan secara langsung ke baterai ponsel karena baterai punya kapasitas yang lebih kecil. Oleh karena itu, dalam sebuah charger dilengkapi dengan komponen pengubah tegangan dan komponen penyearah.


Secara sederhana, komponen pada sebuah charger ponsel yakni


  • Dioda Bridge, merupakan rangkaian dioda untuk mengubah arus AC ke DC.
  • IC regulator, untuk mengubah tegangan input menjadi lebih rendah.
  • Capasitor/Elco, untuk menstabilkan kapasitas muatan elektron yang akan masuk ke baterai.


Ketiga komponen diatas dirangkai dengan rangkaian charger dan menghasilkan output berupa listrik DC yang umumbya bertegangan 5 Volt dengan arus 1-3 Ampere.



Bagaimana Cara membuat Charger Sederhana ?


Karena kepentingan kita masuk ke charger darurat, maka kita bisa membuatnya dengan komponen yang simple saja. Ada dua teknik yang bisa anda lakukan.


Mengapa charger darurat ? jika kita terus menggunakan charger di motor kita, maka aki bisa cepat soak. Untuk itu gunakan saat kepentingan mendesak saja,


1. Persiapkan Alat dan bahan


Pertama, Siapkan bahan bahan yang nantinya akan kita rangkai menjadi charger sederhana. Antara lain



  • IC Regulator 7805
  • 2 Buah Dioda 5 Amp
  • Konektor IC.
  • Kabel USB
  • Sementara alat yang dibutuhkan antara lain
  • Solder + Timah
  • Isolasi


Untuk bahan diatas, bisa anda peroleh di toko elektronik terdekat. IC menggunakan seri 7805 karena tegangan output yang diinginkan berkisar 5 Volt. Bisa anda lihat pada dua digit angka terakhir. Anda bisa menggunakan IC dengan nomor lain jika spesifikasi Hp sobat bukan 5 Volt.


2. Pelajari Skemanya


Rangkaian charger sederhana yang kita buat, tidak terlalu rumit karena tidak memerlukan PCB atau kita akan membuat rangkaian terbuka,


Rangkaiannya ada digambar ini.


Terlihat cukup simple, listrik dari baterai disambungkan ke dioda sebelum masuk ke terminal input IC untuk kemudian output dari IC juga tersambung ke dioda sebelum langsung ke konektor.


IC regulator memiliki tiga kaki, yakni input, output dan masa. Sebelum anda mengeksekusinya temukan dan pastikan anda telah memahami mana kaki-kaki IC.


Dioda j,uga perlu dioerhatikan. Walau hanya memiliki dua kaki, pemasangan dioda tidak boleh terbalik. Alasanya posisi dioda yang terbalik justru akan memblokir arus listrik.


Sementara untuk kabel konektor, bisa anda dapatkan di toko komponen elektronik beserta IC. Kabel USB bisa menggunakan kabel bekas ataupun baru, yang terpenting masih bisa berfungsi.


3. Rangkai komponennya


Mulailah dengan merangkai komponen IC dengan konektor. Pastikan anda telah mengenali mana terminal inout, output dan mana massa.


Selanjutnya, pisahkan kabel konektor IC yang memiliki tiga buah kabel itu untuk kemudian kita kupas kulitnya.


Pasang dioda pertama pada kabel input IC. Arahnya, menuju IC atau terminal negatif yang anda sambungkan ke kabel konektor.


Pasang juga dioda kedua pada kabel output IC namun dengan posisi terbalik, atau mengarah keluar. Posisinya terminal positif dioda yang anda sambungkan denga kabel.


Ambil kabel USB, kemudian hubungkan kedua kabel tersebut dengan output IC dan Kabel massa. Untuk kabel masa bisa anda sambungkan ke terminal masa IC atau ke body motor nantinya.


Tersisa satu terminal yakni input yang bisa anda sambungkan dengan baterai atau ke kunci kontak. Jika anda menghubungkanya ke kunci kontak maka charger bisa mengisi saat ignition ON.

membuat charger khusus pada mio

Jika anda menginginkan sirkuit yang lebih aman, anda bisa menambahkan fuse maksimal 5 Ampere agar tidak terjadi lonjakan arus berlebih ke HP.


Terakhir, anda perlu menyambungkan masa body ke masa IC. Jika IC yang anda beli memiliki lubang baut, cukup tempelkan lubang tersebut ke body motor yang berbahan logam menggunakan baut. Tapi jika IC standar tanpa lubang baut, anda bisa menghubungkan masa body motor dengan terminal masa IC. Sehingga ada dua sambungan yang mengarah ke body dan ke USB.


Setelah semua langkah selesai, tinggal colokan ujung USB ke port charge Hp anda. Secara otomatis arus 12 Volt akan turun menyesuaikan daya pengisian battery ponsel yang hanya sekitar 5 Volt.

Anda bisa melakukan cara membuat cas khusus ini pada motor apapun yang memiliki battery yang cukup. Apa arti cukup ? artinya dalam kondisi normal sistem kelistrikan motor tidak mengalami masalah (starter lancar, klakson tidak sember, lampu terang).

Jika kondisi aki kurang fit maka akan berefek pada sistem kelistrikan motor seperti sistem penerangan dan pengapian. Akibatnya akan mengganggu performa mesin.

Itulah langkah singkat untuk membuat charger hp sederhana di motor. Semoga bisa membantu dan bermanfaat. Dan ingat, Do With Your Own Risk.