3 Penyebab Mesin Diesel Masuk Angin + 2 Cara Mengatasinya

Mesin diesel masuk angin – kendaraan bermotor umumnya menggunakan mesin berbahan bakar bensin, tapi mesin bensin kurang cocok untuk kendaraan berbobot besar serta kurang ekonomis. Alhasil ditemukanlah mesin dengan bahan bakar solar. Masalah yang sering menimpa mesin diesel yakni saat mesin susah dihidupkan yang disebabkan masuk angin. Lantas mengapa mesin bisa masuk angin dan bagaimana solusinya ? simak penyebab dan cara mengatasi mesin diesel masuk angin dibawah.


Masuk angin merupakan sebuah masalah yang menimpa mesin diesel yang disebabkan adanya sejumlah udara didalam sistem bahan bakar. Sistem bahan bakar diesel yang menggunakan solar berbeda dengan mesin berbahan bakar bensin. Hal ini dikarenakan bedanya karakter kedua fuel itu.

Bensin merupakan bahan bakar yang memiliki nilai oktane (oktana) Nilai oktan pada bensin menunjukan kemampuan bahan bakar itu saat dilakukan pembakaran. Sementara solar yang menggunakan Cetanne, memiliki karakter yang berbeda dengan bensin. Nilai cetane menunjukan seberapa kuat solar menerima tekanan.

Hal ini tercermin pada sistem pengapian kedua mesin ini, dimana bensin harus memerlukan rangkaian busi untuk melakukan pembakaran sementara diesel akan melakukan self burning, atau pembakaran otomatis saat solar disemburkan di akhir langkah kompresi.

Karena hal ini, sistem bahan bakar diesel dirancang agar mampu menyemprotkan sejumlah solar dalam bentuk kabutan saat kondisi tekanan kompressi pada puncaknya. Untuk membuat solar bisa berlaku demikian, diesel fuel system menganut high pressured pump yang bisa menekan solar ke injektor hingga 20.000 Kg/cm2. Solar bertekanan ini akan diolah menjadi kabutan oleh injektor yang dirancang khusus.

Saat ada udara baik dalam volume kecil maupun besar terjebak didalam saluran solar, maka tekanan bahan bakar jadi tidak stabil karena saat pompa menekan solar, tekanan tersebut diserap oleh udara yang bersifat bisa dikompresi. Akhirnya solar tidak mampu keluar dari injektor. Sekarang, masalahnya mengapa udara bisa masuk kedalam sistem bahan bakar ? inilah yang akan kita bahas dibawah.

Penyebab Diesel Masuk Angin


Secara umum, ketika sebuah sistem memiliki komponen seperti penyekat dengan udara luar maka bisa berpotensi terbuka, sehingga masuknya udara ke sistem bisa terjadi. Pada mesin diesel udara bisa masuk melalui beberapa komponen berikut ini.

1. Udara masuk lewat saluran tanki karena kehabisan solar

Penyebab pertama terjadi saat kondisi tanki bbm kosong atau posisinya sedikit. Hal ini wajar terjadi saat tidak ada lagi pasokan didalam tanki, udara akan masuk dengan mudah dan bukan hanya sedikit namun dalam volume banyak. Hasilnya saat anda melakukan pengisian solar, mesin tetap akan sulit dihidupkan.

Karena letak masalahnya belum teratasi yakni udara yang masuk ke sistem tadi. Maka proses start mesin akan sangat sulit, saat ini terjadi jangan memaksakan untuk terus distart karena bisa menghabiskan voltage baterai.

2. Penggantian filter solar

Filter solar juga masuk kedalam internal fuel suply, yang berposisi ditengah tengah antara pompa injeksi dan tanki bbm. Saat anda melakukan penggantrian filter, otomatis kita harus membuka sauran in dan out solar. Saat inilah sistem bahan bakar terputus dan menyebabkan udara masuk.

Selain itu, jika mobil anda menggunakan sistem filter yang bisa diambil langsung tanpa harus membuka selang juga bisa masuk angin. Saat anda melepas element filter, maka akan ada tumpahan solar didalam filter. Saat anda memasang filter baru, maka ruang itu kosong. Sebenarnya ruang itu tidak kosong karena ada sejumlah udara didalam filter.Dan saat mesin dihidupkan, udara itu akan terjebak didalam sistem fuel.

3. Pelepasan komponen injektor/selang bahan bakar

Selain dari solar, injektor sendiri sebagai ujung tombak sistem bahan bakar diesel sangat berpotensi menyebabkan masuk angin. Sama kejadiannya, saat ada error dibagian injektor otomatis kita perlu membukanya untuk melakukan perbaikan. Saat proses pelepasan injektor maka udara bisa masuk kedalam selang dan ketika injektor dipasang kembali maka udara tersebut akan terjebak.

Solusi dari masaah diesel masuk angin yakni dengan melakukan proses bleeding. Apa itu bleeding ? skema ini dipelajari seperti pembuangan angin pada sistem rem hidrolik, dimana memiliki karakter yang sama dengan sistem bahan bakar diesel. Namun karena sistem bahan bakar tidak memiliki tuas seperti rem maka ada komponen khusus bernama primming pump yang terletak pada line sistem bahan bakar diesel.

Cara Mengatasi Mesin Diesel yang Masuk Angin


Sebelumnya, ada dua macam sistem bahan bakar diesel yakni diesel konvensional dan diesel common rail. Kedua sistem ini sama-sama menggunakan tekanan solar namun perbedaan teretak pada operasional injektor dimana pada sistem konvensional pembukaan injektor diatur oleh pompa injeksi sementara pada common rail sudah dikontrol secara elektrik. Teknik bleedingnya juga berbeda

1. Pada mesin diesel konvensional

Pada sistem konvensional yang masih dipakai pada mesin diesel bus dan truk, proses bleeding dilakukan dengan memompa primming pump untuk mengeluarkan udara dari sistem. Prinsipnya, saat tekanan bahan bakar ditingkatkan maka udara akan dikompresi dan akan bergerak ke arah tekanan yang lebih kecil.


  • Langkah awal anda harus mengestimasi volume udara yang terjebak didalam sistem. Jika kondisinya cukup banyak seperti saat kehabisan solar maka langkah pertama yakni cari baut bleeder dan buka baut itu hingga ada aliran solar keluar dari dalam lubang. Jika tidak ada, anda bisa mengendorkan salah satu injektor hingga solar keluar.
  • Selanjutnya, cari letak primming pump. Biasanya lokasinya ada diatas saringan bahan bakar. Atau ada pula yang terletak di dekat pompa bahan bakar mekanis.
  • Anda cukup tekan dan pompa hingga ada aliran solar keluar dari dalam baut bleeder. Biasanya disertai dengan gelembung udara atau busa. Terus tekan hingga gelembung tersebut tidak lagi muncul.
  • Saat selesai, tutup baut bleeder atau kencangkan injektor jika tidak dilengkapi baut bleeder.
  • Langkah selanjutnya, pompa kembai primming pump hingga terasa berat. Proses ini diakukan untuk menggiring udara sisa agar bergerak ke ujung dalam hal ini injektor.
  • Saat pompa telah keras, langsung hidupkan mesin. Mungkin di awal start akan sedikit lama namun biasanya saat proses start yang pertama mesin langsung hidup.

Jika mesin belum kunjung hidup, lakukan langkah ini berulang-ulang hingga udara benar benar keluar dari sistem. Anda juga bisa memompa primming pump secara bersamaan saat proses starting, fungsinya untuk membantu kinerja pompa injeksi mendorong sisa udara yang masih terjebak.

2. Pada mesin diesel common rail

Sistem bahan bakar common rail, sebenarnya sama saja dengan sistem diatas karena memang common rail itu pengembangan dari sistem sebelumnya. Namun kontrol injektor sudah diambil alih oleh ECU, itulah sebabnya campuran solar jauh lebih ideal yang menyebabkan mesin diesel lebih efisien, tidak berisik dan ramah lingkungan.

Proses bleeding pada mesin common rail itu lebih mudah dibandingkan dengan sistem konvensional karena kita tidak perlu melakukan pemompaan, karena memang sampai kapanpun anda tidak akan menemui primming pump pada mesin common rail. Langkahnya sebagai berikut

  • Pastikan seluruh saluran solar telah tersambung dengan kencang, setelah itu jangan langsung menghidupkan mesin, tapi lakukan bleeding otomatis menggunakan kunci kontak.
  • Caranya putar kunci kontak ke posisi ON maka seluruh indikator didashboard menyala, saat semua indicator mati putar kunci kontak ke posisi OFF.
  • Selanjutnya putar kembali kunci kontak ke posisi ON hingga semua indikator menyala, saat semua indikator mati sama kembalikan kembalikan kunci kontak ke posisi OFF.
  • Lakukan langkah ini hingga minimal 7 kali.
  • Setelah selesai baru anda bisa menghidupkan mesin diesel karena proses bleeding sudah selesai.


Memang pada mesin common rail proses bleeding hanya dilakukan lewat kunci kontak. Tapi sebenarnya komponen yang melakukan bleeding adalah electric fuel pump yang terletak didalam tanki bbm. Cara kerjanya, saat kunci kontak ON pompa akan menyala dalam beberapa detik yang ditandai dengan indikator didashboard.

Hanya saja walau mesin diesel sudah bisa hidup, beberapa saat setelah dimatikan mesin diesel akan kembali susah hidup. Hal ini karena masih adanya sisa udara didalam sistem, sehingga saat tekananan drop udara kembali mengembang. Mesin diesel akan kembali normal saat sudah kita gunakan hingga beberapa jam.

Demikian tips singkat hari ini mengenai penyebab dan cara mengatasi mesin diesel masuk angin Semoga bermanfaat bagi kita semua dan bisa menambah wawasan kita.