4 Penyebab Mesin Diesel Susah Start (Plus Solusinya)

Advertisement
Mesin Diesel Susah Hidup - Mesin sehat yakni mesin yang apabila dihidupkan, hanya perlu satu kali cranking. Artinya, dalam satu kali start mesin harusnya bisa hidup. Jika mesin diesel anda perlu tiga hingga 5 kali start untuk hidup, maka ada masalah ? apa masalahnya ? simak penyebab mesin diesel susah start berikut.



Permasalahan engine yang susah dihidupkan sebenarnya tidak hanya menyerang mesin diesel saja, melainkan mesin berbahan bakar bensin juga rentan terkena masalah ini. tapi dieselah yang kerap kali terserang masalah susah dihidupkan. Alasanya, diesel memiliki siklus kerja lebih ekstrim.


Secara umum ada dua jenis mesin diesel yang bisa kita temui saat ini,



  • Diesel Konvensional, yakni menggunakan sistem bahan bakar konvensional. Contoh ; truk dan bus
  • Diesel Commonrail, Sudah berteknologi Electric injection, sehingga pasokan bahan bakar lebih terkendali. Contoh ; pada SUV.


Masalah mesin yang sulit hidup jika distarter, bisa terjadi pada kedua jenis mesin tersebut. Namun dalam beberapa kasus Diesel berteknologi commonrail lebih sensitif sehingga jika tidak dirawat secara tepat bisa mempercepat masalah ini untuk datang.



Penyebab Mesin Diesel Susah Start


Ada beberapa penyebab klasik yang bisa menimbulkan trouble ini, antara lain


1. Tekanan Kompresi yang rendah


Mesin diesel merupakan self combustion engine yang melakukan proses pembakaran tanpa perlu percikan api. Hal ini bisa terjadi karena suhu udara saat dikompresi melebihi titik bakar solar.


Jika tekanan kompresi turun, suhu saat kompresi juga turun otomatis solar akan sulit terbakar. Hal itu menyebabkan mesin yang susah distart.


Tekanan kompresi turun, bisa ditimbulkan karena masa udara didalam ruang silinder berkurang saat langkah kompresi. Hal ini bisa terjadi karena adanya kebocoran pada mesin.


Ada beberapa hal yang bisa menimbulkan kebocoran kompresi antara lain



  • Keausan dinding silinder
  • Keausan ring kompresi
  • Kerusakan seal injector
  • Klep yang tidak tertutup rapat
Baca juga : Ciri- Ciri Mesin Mengalami Bocor Kompresi

2. Tekanan bahan bakar menurun


Baik mesin konvensional maupun mesin commonrail sama-sama memerlukan tekanan bahan bakar karena tanpa tekanan bahan bakar, solar tidak akan keluar dari injektor.


Tekanan bahan bakar pada solar juga tak tanggung-tanggung, bisa mencapai 2000 Kg/cm2. Terbayang berapa besar tekanan bahan bakar tersebut, oleh karena itu pada sistem bahan bakar diesel kita melihat selang berbahan besi.


Prinsip kerja diesel fuel system yakni dengan membuka noozle pada injektor saat langkah usaha sehingga solad bertekanan tinggi otomatis keluar dalam bentuk memgabut.


Jika tekanan bahan bakar menurun, otomatis bahan bakar tidak mampu melawan tekanan kompresi, jika mampu keluar pun tidak dalam bentuk mengabut.


Penyebab tekanan solar ini menurun bisa disebabkan oleh kerusakan pompa injeksi. Umumnya, pompa terletak sebelum injektor bisa di blok mesin ataupun dibelakang kepala silinder. Pompa ini bekerja secara mekanis yang digerakan oleh engkol mesin.


Untuk mengetahuinya, kita perlu melakukan pengujian tekanan bahan bakar menggunakan diesel fuel tester.


Selain itu, injektor yang jebol juga bisa menimbulkan tekanan bahan bakar turun. Sistem Commonrail yang kerap kali mendapatkan masalah ini. Pada commonrail kita mengenal sebuah pipa yang memisahkan selang dari pompa dan selang ke injektor. Pipa ini kita kenal sebagai fuel rail yang berfungsi untuk menampung dan membagikan tekanan solar dari pompa injeksi ke injektor.


Apabila salah satu injektor jebol, maka solar akan keluar dari injektor tersebut tanpa terkontrol. Sehingga injektor lain yang masih normal tidak mampu mengabutkan solar.


Kondisi injektor jebol bisa terjadi akibat tidak mampu menahan tekanan solar yang begitu tinggi maupun akibat pembokaran yang tidak SOP. Injektor commonrail itu berbeda dengan injektor konvensional, baik komponen maupun prinsip kerjanya juga berbeda. Sehingga jika diservice dengan asal-asalan bisa mempeburuk kondisi injektor.


3. Busi pijar bermasalah


Busi pijar atau biasa disebut glow plug fungsinya juga cukup penting. Khususnya disaag cold start, glow plug akan membantu suhu kompresi melewati titik bakar solar sehingga bisa terjadi pembakaran.


Busi pijar diperlukan karena saat suhu mesin cukup dingin, misal dipagi hari atau didaerah bermusim dingin, suhu yang dihasilkan kompresi mesin juga akan merambat ketiap komponen mesin.


Hal ini menyebabkan suhu akhir saat solar diinjeksikan ke ruang bakar, tidak mampu melewati titik bakar solar.


Permasalahan engine susah hidup dipagi hari menjadi contoh adanya kerusakan pada komponen glow plug. Namun, masalah ini tidak mempengaruhi kinerja mesin saat suhu normal mesin sudah tercapai, sehingga power akan tetap terjaga walau glow plug bermasalah.


Untuk mengetahuinya, kita perlu melakukan pengecekan dengan memeriksa arus yang masuk ke busi pijar. Jika terngata arus itu ada, maka kita bisa melepas komponen itu satu persatu. Untuk melakukan pengecekan lebih lanjut.


4. Turbocharger bermasalah




Saat ini, mesin diesel sudah mengadopsi teknologi turbo dengan pengaturan khusus (VNT, VGT, VCDI) tiga label ini pasti pernah anda temui pada SUV bermesin diesel.


Apa fungsinya ? yakni mengatur pasokan udara agar tidak overboost dan underboost ditiap kondisi mesin. Pada point sebelumnya, kita membahas pentingnya tekanan kompresi yang tinggi. Turbo juga memberikan asist dengan membantu suplai udara ke mesin sehingga lebih banyak masa udara yang dikompresi.


Jika sistem pengatur ini bermasalah, otomatis kinerja mesin akan terganggu. Masalah yang paling sering yakni underboost atau suplai udara berkurang akibat turbo vane selaku pengatur boost pressure turbo tidak membuka.


Masalah ini terbilang advance karena sulit untuk terdeteksi, untuk mengeceknya juga butuh tools khusus berupa scanner yang mampu mendeteksi posisi turbo vane serta mendeteksi Mass air flow mesin.


Biasanya, ada gejala lain yang mengikuti seperti loss power dan check engine yang menyala. Solusi terbaik, bawalah kendaraan anda ke bengkel resminya untuk melakukan scanning.


Demikian artikel singkat kita mengenai penyebab mesin diesel susah start dipagi hari dan cara mengatasi, semoga bisa menambah wawasan kita dan bermanfaat.