7 Penyebab Mobil Susah Hidup Dipagi Hari + Solusinya

Advertisement
Mobil susah distarter - Mobil yang normal, itu hanya memerlukan satu kali proses cranking untuk bisa mengidupkan mobil. Tapi, beberapa mobil khususnya yang telah berumur sering mengalami masalah berupa mesin susah start.

Untuk menghidupkan mesin, dibutuhkan dua hingga tiga kali proses starting padahal sebelumnya tidak demikian. Tentu ini kondisi yang tidak normal.

Masalah ini juga bertambah pelik karena. ternyata yang mengalami masalah susah hidup ini bukan hanya mobil konvensional, kebanyakan justru mobil-mobil injeksi. Kira-kira apa penyebabnya ?


mobil mogok

Mesin mobil berbeda dengan motor yang hanya memiliki single silinder. Mesin motor, ada fitur kick starter yang memungkinkan mesin bisa dihidupkan saat baterai habis/drop. Sementara mobil, jalan satu-satunya untuk menghidupkan mesin saat kehabisan baterai yakni didoorong.

Baterai yang drop merupakan imbas dari mesin yang susah dihidupkan. Dalam satu kali cranking motor starter akan memerlukan daya listrik yang cukup besar, jika dalam tiga atau empat kali start mungkin baterai mobil masih bisa mensuplai, namun jika sudah lebih dari 6 kali start mesin tak kunjung hidup, imbasnya baterai akan habis dan kejadian diatas pun bisa terjadi.

Lantas, apa saja penyebab dan bagaimana cara mengatasi mobil susah dihidupkan di pagi hari ?


Penyebab Mobil Sulit Distarter


1. Keausan silinder atau ring piston

Ring piston dan dinding silinder akan selalu bergesekan saat mesin bekerja. Hal ini karena ring piston fungsinya merapatkan celah piston dan silinder agar kompresi tetap terjaga.

Saat kedua komponen ini bergedekan pasti meninggalkan friksi yang berasal dari ring atau dari blok mesin, meski friksi ini dalam jumlah yang sangat kecil tapi dalam jangka waktu 5 tahun, baru akan terlihat keausan kedua komponen ini.

Akibatnya, saat terdapat keausan dinding silinder, celah ring piston semakin terbuka. Sehingga tekanan kompresi keluar melalui celah ini dan menyebabkan mesin sulit dihidupkan khususnya dipagi hari.

Mana yang lebih dulu aus ? ini tergantung kedua bahan komponen tersebut. Umumnya, ring piston memiliki bahan yang lebih lunak dibandingkan silinder sehingga kerusakan lebih dulu dialami oleh ring. Tapi tidak menutup kemungkinan silinder juga ikut aus, salah satu penyebabnya adalah kapasitas oli mesin.

2. Katup mesin kurang rapat

Katup atau valve minimal ada dua buah dalam satu silinder, fungsinya jelas sebagai pintu keluar masuk gas dari dan ke mesin. Karena hubungannya langsung dengan ruang bakar maka kebocoran juga bisa terjadi pada komponen ini.

Biasanya kebocoran pada katup disebabkan karena posisi penutupan katup tidak pas yang bisa disebabkan kesalahan penyetelan ataupun karena antara daun katup dengan dudukanya tidak simetris.

Akibat kebocoran ini, yakni pada tekanan kompresi yang drop. Imbasnya, mesin sulit hidup saat mesin dingin atau di pagi hari.

Solusi yang perlu anda ambil yakni melakukan penyetelan ulang katup jika memang katup mesin anda masih konvensional, namun jika masalahnya ada pada dudukan katup, maka perlu dilakukan penyekiran.

3. Kebocoran pada seal busi

Seal busi terbuat dari ring baja yang biasanya sudah tersedia di tiap jenis busi secara default. Fungsi seal ini untuk merapatkan lubang busi dengan ulir busi.

Saat seal ini rusak, maka tekanan kompresi bisa keluar karena kondisinya tidak rapat. Imbasnya jelas mesin yang susah hidup.

Untuk solusi cukup mudah yakni dengan melakukan penggantian busi dengan busi yang baru. Pastikan juga busi yang digunakan juga sesuai dengan spesifikasi mesin anda.

4. Kerusakan packing/gasket kepala silinder

Packing atau gasket merupakan plat khusus yang dijadikan penyekat antara blok silinder dan kepala silinder. Fungsi packing ini untuk mencegah terjadinya kebocoran kompresi dari samping serta mencegah oki dan air pendingin bercampur.

Jika ada kerusakan pada packing ini, otomatis tekanan kompresi akan turun serta terdapat rembesan oli di area sambungan antara blok silinder dan kepala silinder.

Penyebab packing ini bisa rusak, bisa saja terjadi karena pernah dibongkar. Komponen ini bersifat sekali pakai sehingga saat pernah dilakukan pembongkaran, selanjutnya packing tidak berfungsi dengan baik.

Solusinya yakni dengan melakukan penggantian gasket dengan ukuran yang sesuai dengan piston mesin anda.

5. Campuran bensin terlalu kurus

Penyebab kelima, sering dialami pada mobil-mobil karburator. Campuran yang ideal, itu akan menyebabkan kinerja mesin efisien serta tidak ngebul. Campuran yang kurus adalah kondisi dimana perbandingan bahan bakar kurang saat langkah intake.

Akibatnya, saat mesin dingin bensin tersebut mengembun di dinding intake manifold sehingga hanya sedikit sekali bensin yang masuk ke ruang bakar. Hasilnya mesin akan susah dihidupkan.

Solusi untuk masalah ini yakni dengan melakukan penyetelan ukang agar lebih ideal atau jika anda sengaja dengan penyetelan elonomis, anda harus menggunakan sistem coke pada karbu agar suplai bahan bakar bisa maksimal.

6. Busi terlalu kecil apinya

Pada sistem pengapian, peran busi itu untuk mengubah energi listrik dengan tegangan ribuan volt menjadi percikan api. Besar kecilnya api, pasti mempengaruhi bagaimana proses pembakaran pada mesin. Jika api yang keluar dari busi, maka mesin akan sulit dihidupkan dan biasanya juga ada gejala brebet.

Baca juga :



Masalah ini bisa terjadi akibat busi kita kotor dengan kerak, ataupun karena resistansi busi sudah membludak. Hal ini bisa saja trerjadi jika anda menggunakan busi yang tidak sesuai dengan spesifikasi mobil.

Cara mengatasi busi kecil ini, bisa dengan melakukan pembersihan dulu. Saat mesin masih bermasalah dan masih juga nyendat anda harus mengganti busi tersebut dengan busi baru.

7. Glow plug mati (diesel)

Khusus pada mesin diesel, glow plug digunakan untuk menghangatkan subu di ruang bakar agar proses starting saat mesin dingin bisa berlangsung dengan cepat.

Pada mesin diesel yang menggunakan self burn, suhu saat akhir langkah kompresi menjadi perhatian khusus. Masalahnya, saat suhunya tidak melampaui titik nyala solar maka tidak akan terjadi pembakaran.

Itulah sebabnya, ketika mesin masih dingin glow plug akan dinyalakan, Mobil diesel common rail juga memiliki glow plug hanya pemilik biasanya tidak mengetahui karena busi pijar ini beroperasi otomatis saat mesin dingin saja.

Saat ada kendala mesin susah start dipagi hari, bisa jadi glow plug penyebabnya. Untuk memastikan kita perlu melakukan pengecekan rangkaian glow plug menggunakan multimeter.

Jika rangkaian terputus, mungkin bisa berasal dari sekering atau ada kabel yang terputus. Untuk mengecek kondisi glow plug, anda perlu membuka komponen ini satu persatu dan ukur menggunakan ohm meter. Jika tidak tersambung maka anda harus menggantinya.

Dilihat dari penyebabnya diatas, maka gejala mesin susah hidup bisa menandakan masalah yang serius atau bahkan sepele seperti hanya karena putus sekering. Hanya saja mesi mesin dengan masalah ini identik dengan masalah berat, untuk memastikannya kita perlu melakukan test kompresi.



Pengetesan kompresi baik mobil bensin atau diesel alatnya beda, biasanya ada dibengkel-bengkel besar. Untuk itu, untuk memastikan kondisi inti dari mesin, lakukan pengecekan ini dibengkel terdekat.

Jika terdeteksi adanya penurunan tekanan kompresu, maka itu menandakan adanya masalah berat. Solusinya kuta harus membawa ke bengkel untuk proses overhoule, karena kebocoran kompresi terjadi pada komponen inti mesin.

Itukah sekilas tanda dan penyebab mobil susah di hidup di pagi hari, Semoga bisa bermanfaat bagi kita semua dan semoga bisa menambah wawasan otomotif kita.