5 Penyebab Motor Starter Mati + Cara Perbaikinya

Advertisement
Memperbaiki motor starter - Salah satu komponen pendukung mesin adalah sistem starter. Meski sebagai pendukung, kerusakan pada starter akan merepotkan kita selaku pemilik kendaraan. Untuk motor hal ini tidak terlalu merepotkan karena ada fitur kick starter tapi pada mobil ?


cara memperbaiki motor starter motor
img by flickr.com

untuk itu diartikel ini kita akan membahas penyebab dan cara memperbaiki motor starter yang mati.

Mengapa motor starter yang merupakan komponen pendukung ini begitu penting ? alasannya karena sistem starter akan membantu mesin untuk hidup saat awal. Kita tahu, untuk menghidupkan mesin perlu adanya putaran di poros engkol. Dan tugas ini diemban oleh sistem starter.


Penyebab Motor Starter


Terkadang, kita hanya melihat kerusakan sistem starter dari motornya saja, tapi sebenarnya masalah motor starter yang mati itu bisa disebabkan beberapa hal seperti

1. Fuse atau sekering putus

Fuse atau sekering berfungsi sebagai pengaman rangkaian arus listrik. Fuse bekerja dengan memanfaatkan sebuah kawat tipis yang bisa terputus jika dialiri listrik dengan besaran tertentu.

umumnya fuse starter berkisar 20 Amps saat ada listrik mengalir lebih dari 20 ampere maka fuse akan terputus. Artinya jangan langsung memgganti fuse karena gejala fuse putus bisa menunjukan bahwa ada short atau kosleting pada rangkaian starter.

2. Kabel starter terbakar

Karena short atau kosleting maka imbasnya kabel starter akan terbakar. Awalnya sekering putus kemudian anda mengganti fuse tersebut dengan yang baru namun dalam sedetik langsung putus.

Biasanya lokasi terbakarnya kabel itu berada pada area yang mengalami short. namun umumnya terbakarnya kabel tidak terjadi saat anda langsung memperbaiki fuse yang putus itu.

Selain itu koneksi yang tidak kencang juga memicu terjadinya kabel gosong. Mungkin anda pernah melihat adanya bekas gosong pada konektor starter. ini disebabkan karena baut kabel starter kurang kencang sehingga elektron tersebut meloncati area yang tidak kencamg itu hasilnya panas yang berujung pada tanda gosong.

3. Baterai habis

Masalah baterai yang kehabisan voltage juga memicu mobil tidak bisa distarter. Meski lamou dan audio mobil masih menyala biasanya baterai dengan tegangan dibawah 8 volt sudah tidak kuat menjalankan starter.

untuk memutar starter mesin, dibutuhkan daya yang tinggi. Daya baterak tersebut disalurkan melalui tegangan 12 volt namun saat penyalur itu lebih kecil maka daya yang sampai juga kecil.

solusi masalah ini yakni dengan melakukan penggatian baterai atau pengisian ulang jika memungkinkan.

4. Kerusakan pada bandig/relay starter

Pada motor kita mengenal relay dengan label bandig. fungsinya sebenarnya sama seperti relay pada umumnya tapi pada bandig dibuat khusus dengan plat lebih besar karena daya listrik yang akan disalurkan juga besar.

Jika solenoid pada banding ini macet atau terputus ataupun saat plat didalam bandig rusak maka listrik tidak bisa disalurkan ke motor starter.

biasanya saat ada suara cetekan saat startter nyala. itu adalah suara plat bandig yang berhubungan jika tidak ada suara itu saat proses start maka bisa dipastikan kondisi bandig rusak.

5. Kerusakan pada coil starter

Didalam starter akan ada dua komparan yakni kumutator dan arkature coil. kedua kumparan ini sama yakni untuk menghasilkan kemagetan yang selanjutnya dirangkai agar menjadi energi putar.

tapi siapa sangka, jika kumparan ini juga berpotensi rusak. panas menjadi penyebab kumparan didalam motor starter rusak. langkah perbaikannya biasanya bisa dilakukan perbaikan oleh tukang dinamo, tapoi jika ternyata ada kerusakan yang cukup parah seperti bekas terbakar maka harus diganti.


Bagaimana Cara Mendeteksi Letak kerusakan starter ?



  • Langkah awal yakni memastikan kondisi kelistrikan kendaraan aman. anda bisa melakukan pengujian dengan bantuan multetester.
  • Periksa rangkaian starter dari power suplai hingga beban termasuk rangkaian kontrol starternya menggunakan multitester.
  • jika tidak ada masalah lanjut ke pemeriksaan solenoid starter. periksa apakah ada bunyi cetekan saat start dihidupkan
  • Jika tidak ada bunyi, maka adsa dua kemungkinan arus tidak sampai ke sokenoid atau solenoid rusak
  • tapi jika bunyi itu ternyata ada, juga ada dua kemungkinan. arus tidak tersalur ke kumparan starter atau kumparan starter mengalami masalah.
  • untuk pemeriksaan terakhir ini perlu dilakukan pembongkaran untuk memastikannya.


demikian artikel singkat mengenai cara menghidupkan motor starter yang mati secara mudah semoga bisa bermanfaat.