3 Cara Tepat Membersihkan Injektor Untuk Mengembalikan Performa Motor

Advertisement
Pada dasarnya, apapun jenis motor entah itu motor injeksi atau karbu sama-sama memerlukan perawatan. Tapi perawatannya mungkin beda, contoh pada motor injeksi maka akan ada perawatan injektor.

Yakni dengan membersihkan injektor, agar apa ?

Tentu untuk mengembalikan performa motor. Hal ini dikarenakan injektor merupakan komponen utama yang akan menyuplai bensin kedalam mesin.

Lalu bagaimana caranya ? simak ulasan lengkapnya dibawah.

spekengine.com

3 Cara Membersihkan Injektor Pada Motor

Secara umum, pembersihan injektor dilakukan di bengkel resmi motor yang bersangkutan. Hanya saja untuk motor, anda bisa melalukannya di rumah dengan alat-alat yang sudah disiapkan.

Ada tiga cara yang mungkin bisa anda lakukan, yakni ;

1. Menggunakan cairan injektor cleaner purge

Pertama yang paling mudah, anda bisa melakukan pembersihan injektor hanya menggunakan cairan pembersih injektor. Caranya cukup sediakan satu botol cairan injector cleaner yang bisa anda beli pada toko spare part atau bengkel.

Langkah selanjunya tuangkan satu botol injector cleaner itu kedalam tangki bensin dan hidupkan mesin. Secara otomatis, cleaner akan bercampur dengan bensin dan saat memasuki injektor akan membersihkan karbon yang terkumpul didalam injektor.

Baik motor atau mobil bisa menggunakan cairan ini cuma pada mesin diesel ada perbedaan cairan. Sehingga pastikan saat anda membelinya tidak tertukar.

2. Menggunakan pompa vakum

Prinsip pompa ini yakni mengalirkan cairan cleaner ke dalam injektor dengan kondisi injektor masih tersambung dengan mesin. Memang mirip seperti cara pertama namun pada cara ini cleaner langsung di suplai ke injektor tanpa bercampur dengan bahan bakar. sehingga proses pembersihan berlangsung lebih cepat.


Caranya, cabut selang bahan bakar ke injektor kemudian sambungkan selang vakum ke injektor. Pada ujung selang vakum terdapat pengatur tekanan untuk mengatur tekanan sesuai tekanan normalnya.


Sementara itu ada dua jenis pompa vakum, ada yang menggunakan tekanan angin untuk memperoleh tekanan injeksi, ada pula jenis portable yang memanfaatkan tekanan gas dari tabung clenaer, jenis ini biasanya digunakan untuk motor.

Pastikan anda mengetahui terlebih dahulu tekanan bahan bakar motor anda, baru kemudian lanjut untuk menyuplai cleaner ke dalam mesin. Cleaner ini pada dasarnya sama seperti bensin yang mudah terbakar namun zat ini memilik aditif yang digunakan untuk menghancurkan deposit didalam injektor.

3. Menggunakan injektor service kit

Langkah ketiga, sepertinya tidak bisa anda lakukan sendiri dirumah karena injektor service kit adalah spesial tools dari pabrikan yang tersedia di bengkel bengkel besar.

Prinsipnya sama sebenarnya tapi pada injektor service kit tidak hanya bisa membersihkan, namun juga bisa mengecek kekuatan semburan serta resistansi didalam solenoid injektor.

Untuk pemeriksaannya, injektor dilepas dari motor kemudian diletakan didalam injektor service kit. Kemudian setelah proses dimulai secara otomatis muncul data berupa besaran volume bensin yang keluar dengan input tertentu.

Jika ada kerusakan pada injektor, maka alat ini bisa mendeteksinya. Sementara proses pembersihan sudah berjalan secara otomatis. Untuk biaya, tiap motor memiliki biaya service injektor yang berbeda. Umumnya dibanderol 30 hingga 40 ribuan per injektor.

Pembersihan injektor bisa anda lakukan sendiri dirumah khususnya menggunakan teknik yang pertama, hanya saja teknik pencampuran ini kurang efektif dalam membersihkan sisa karbon dalam injektor. Untuk itu, anda sesekali bisa melakukan perawatan menggunakan injektor service kit dibengkel. Umumnya, pembersihan ini dilakukan saat interval 10.000 KM.

Jika injektor tidak dibersihkan, mungkin awalnya kita tidak merasakan apapun namun komponen injektor yang kotor kita tidak bisa mengetahuinya karena berlokasi didalam. Akibatnya bisa dirasakan kemudian hari saat motor atau mobil brebet tak bisa di benarkan.

Sekian dari artikel ini tentang cara membersihkan injektor mobil dan motor semoga bisa bermanfaat bagi kita semua. Simak juga tips motor lainnya di blog ini.