Bagian Bagian Radiator Mobil Beserta Fungsinya

Advertisement
Nama Bagian Radiator - Radiator merupakan sebuah komponen pada sistem pendingin air untuk memindahkan panas dari air pendingin ke udara bebas. Prinsip kerja radiator adalah dengan prinsip perpindahan panas atau konveksi melalui media udara. Bagi anda yang penasaran mengenai nama komponen pada radiator bisa simak ulasan dibawah.
img by carparts.com

Nama Bagian Radiator Mobil


Secara umum, radiator tersusun dari tanki penampung dan inti besi. Secara lengkapnya silahkan simak dibawah.

1. Upper Tank

Upper tank merupakan sebuah penampung air pendingin yang terletak disaluran masuk. Fungsi upper tank adalah untuk menampung air panas yang keluar dari mesin. Tanki ini terletak tepat dibagian atas radiator dengan bentuk memanjang.

2. Radiator Core

Inti radiator merupakan pipa kecil dalam jumlah besar yang memanjang antara Upper tank dan Lower tank. Fungsi pipa ini sebagai media penyaluran panas dari air radiator.

Bentuk pipa ini memanjang dengan agak pipih dan memiliki lubang yang kecil. Tujuan desain ini yakni agar aliran air dari upper ke lower tank bisa berlangsung lama, sehingga semakin lama air berada di radiator core semakin lama juga waktu yang digunakan untuk memindahkan panas.

Supaya sirkulasi tetap berlanjut tanpa kendala, maka dalam satu unit radiator terdapat banyak core yang tersebar sepanjang tanki radiator.

3. Sirip Radiator

Sirip radiator merupakan bahan berbahan plat yang berlokasi ditengah-tengah core. Fungsi dari sirip ini yakni mempercepat pelepasan panas ke udara.

Jika radiator hanya mengandalkan core untuk melepaskan panas, maka itu bisa membutuhkan waktu cukup lama. Namun, jika terdapat sirip ditengah core, maka panas dari radiator core juga akan mengalir ke sirip dan saat ada aliran udara melewati sirip ini, panas akan lebih cepat dipindahkan.

4. Lower Tank

Lower tank merupakan tanki penampung air radiator yang terletak dibagian bawah radiator. Fungsi tanki ini adalah untuk menampung air pendingin yang sudah melalui proses cooling. Didalam tanki inlah air siap untuk kembali digunakan untuk menyerap panas mesin.


5. Drain plug

Bisa juga disebut baut penguras, fungsinya untuk menguras air pendingin. Lokasi darin plug biasanya terletak pada area bawah radiator yang berada pada lower tank.

6. Radiator Cap

Radiator cap atau tutup radiator memiliki beberapa fungsi antara lain ;

  • Menutup radiator
  • Sebagai tempat pengisian air radiator
  • Sebagai pengatur tekanan radiator.


Tutup radiator, tidak berwujud seperti tutup biasa. Karena didesain seperti tutup tanki bahan bakar motor. Dan terdapat mekanisme relieve valve yang bertujuan untuk mengatur tekanan air radiator didalam sistem saat kondisi mesin panas.

Demikian artikel lengkap mengenai nama komponen radiatkr dan fungsinya. Semoga bermanfaat.