Belajar Menyetir Mobil Manual Dari A-Z

Advertisement
Cara Menyetir Mobil - Kendaraan beroda empat atau mobil, memiliki perbedaan cukup mencolok dari kendaraan lain. Selain bodynya yang lebih besar cara pengendaliannya pun berbeda dengan kendaraan roda dua. Apalagi ketika dihadapkan pada area sempit seperti tempat parkir yang ramai atau jalan sempit tentu harus ada teknik khusus agar mobil tidak bergesekan dengan benda lain. Untuk itu, diartikel ini kita akan belajar untuk menyetir mobil dari awal hingga akhir.

Pada prinsipnya, mengemudikan mobil sama saja seperti mengemudikan motor kopling manual. Tapi, untuk akselerasi rem dan kopling diatur oleh kedua kaki kita. Ya memang bedanya hanya pada cara pengendaliannya.

Untuk mobil bertransmisi manual, pasti memiliki tiga buah pedal dibagian kabin. Bagaimana kita bisa menghandle ketiga pedal tersebut hanya menggunakan dua kaki ? Memang jika difikir-akan gampang gampang susah tapi mengendalikan sebuah mobil dibutuhkan koordinasi antara dua kaki, dua tangan dan insting kita. Bagaimana langkahnya ?


Langkah-Langkah Mengemudikan Mobil Transmisi Manual


Dalam panduan ini, akan kita bahas tiga kelompok pembahasan. Pembahasan pertama yakni terkait koordinasi antara kaki dan tangan secara tepat. Kelompok pembahasan kedua terkait langkah awal menjalankan mobil, dan pembahasan ketiga terkait oper gigi dan pengendalian steer ketika mobil berjalan.

1. Latih Koordinasi Gerak Anda

Langkah awal, anda perlu melatih koordinasi antara kedua tangan dan kedua kaki anda. Mengapa ini perlu dilakukan ? tujuannya adalah agar anda terbiasa dan tidak kagok ketika mobil benar-benar berjalan di jalan raya sehingga tingkat kecelakaan bisa dihindari.

Pertama pahami cara kerja ketiga pedal pada ruang kaki kabin. Pedal paling kiri adalah pedal kopling, jika ditekan maka tenaga dari mesin akan terputus. Sehingga meski mesin hidup mobil tidak akan bergerak. Ditengah ada pedal rem, ketika pedal ini ditekan maka keempat roda akan melakukan daya pengereman untuk memberhentikan laju kendaraan. Sementara pedal paling kanan adalah pedal gas yang dipakai untuk akselerasi.

Adaptasikan kaki kiri anda dengan pedal kopling yang paling keras diantara pedal lainnya. Latih kaki anda agar bisa menginjak dan melepas pedal koplinh secara lembut.

Kemudian, simulasikan koordinasi kaki kiri dan kanan ketika kendaraan berhenti mendadak. Caranya kaki kiri tetap siaga pada pedal kopling dan kaki kanan anda menginjak pedal gas. Saat akan rem mendadak, tekan pedal kopling dengan cepat bersamaan dengan itu pindahkan kaki kanan untuk langsung menekan pedal rem dengan tepat. Jika masih baru, koordinasi seperti ini akan sulit dilakukan ketika mobil benar-benar mengalami situasi ini, inilah pentingnya melatih koordinasi gerak sebelum menjalankan mobil.

Selain koordinasi kaki, anda juga perlu melatih kordinasi tangan untuk memindahkan tuas perseneling dan memutar roda kemudi. Karena mobil yang dipakai steer kanan maka kita perlu melatih tangan kita untuk memindahkan tuas perseneling tanpa melihatnya.

Tentu akan sangat berbahaya jika kita memindahkan tuas perseneling sambil melihat kearah tuas karena bisa menyebabkan mobil tidak terkontrol. Alur perpindahan gigi setiap mobil berbeda-beda, tapi anda bisa melihat alur perpindahan gigi ini pada permukaan atas tuas transmisi. Hafalkan alurnya dan gerakan tuas transmisi dari netral ke gigi satu, gigi dua, kembali lagi, dan seterusnya. Lakukan simulasi ini sampai anda bisa memindahkan tuas perseneling tanpa melihatnya.

Bagaimana posisi tangan yang benar ketika akan membelokan steer ? posisi ini sebenarnya bebas sesuai kenyamanan anda. Tipsnya, gunakan tangan kanan anda secara aktif untuk menggerakan steer dan tangan kiri dipakai untuk mengimbangi steer.

Artinya tangan kanan tidak boleh meninggalkan steer, sementara tangan kiri bisa anda gunakan untuk menggerakan tuas gigi atau mengatur audio mobil tapi tetap tangan kiri juga memegang steer ketika tidak mengurus apapun. Itu saat lurus, tapi saat belok maka anda bisa menyesuaikan putaran kemudi ini menggunakan kedua tangan.

2. Langkah Menjalankan Mobil

Koordinasi tangan dan kaki sudah kita latih, maka langkah selanjutnya kita siapkan untuk menjalankan mobil. Ambil kunci mobil anda dan hidupkan mesin, pastikan posisi transmisi Netral sebelum menyalakan mesin.

Setelah mesin hidup, maka persiapkan kaki kanan anda pada pedal rem dan kaki kiri pada pedal kopling. Mengapa pedal rem ? karena untuk langkah menjalankan mobil bagi pemula kita tidak melakukan akselerasi. Yang terpenting mobil bisa bergerak.

img by wikihow.com

Injak pedal kopling dan pedal rem sepenuhnya dan posisikan gigi transmisi pada posisi 1, harusnya anda sudah hafal alurnya. Kemudian turunkan rem parkir mobil anda.

Jika anda sudah bersiap, maka lepas pedal rem dan lepas juga pedal kopling secara perlahan. Pelepasan pedal kopling ini menentukan keberhasilan pengemudian diawal. Jika anda melepas pedal kopling terlalu kencang maka mobil bisa nyentak dan anda kaget atau mesin mobil bisa mati.

Jika anda sudah berhasil melepas pedal kopling hingga mobil bergerak, maka lanjut ke langkah berikutnya.

3. Langkah pengendalian mobil

Pada langkah ini, kita akan menguji koordinasi gerak pada kaki dan tangan anda, Sehingga bersiaplah.
img by wikihow.com


  • Langkah pertama, akselerasi. Pindahkan kaki kanan ke pedal gas dan injak pedal gas berlahan hingga kecepatan mobil bertambah.
  • Karena masih berada pada gigi satu, maka mobil akan mendengung dengan kecepatan rendah, agar pengemudian bisa lebih nyaman lakukan pemindahan gigi.
  • Untuk memindahkan gigi, tekan pedal kopling bersamaan dengan melepas tarikan pedal gas. Kemudian pindahkan tuas transmisi ke gigi dua.
  • Lepas kembali pedal kopling secara perlahan, kemungkinan ada efek nahan yang timbul karena RPM mesin lebih rendah dari RPM transmisi. Itu tidak masalah.
  • Lanjut untuk melakukan pemindahan gigi hingga gigi tiga dan balik lagi ke gigi satu.


Setelah anda sudah bisa berakselerasi dengan teknik pemindahan gigi secara benar, langkah berikutnya yakni mengendalikan arah mobil tepat sasaran. Untuk urusan ini, insting mengemudi anda akan dilatih. Cari belokan dan putar roda kemudi kearah belokan hingga mobil berubah arah mengikuti jalan.

Berapa derajat saya harus memutar roda kemudi ? ini tergantung sudut beloknya, secara umum mobil dengan sistem steer tipe rack seperti MPV, Hatch, dan SUV memerlukan satu setengah putaran dari posisi lurus untuk belok full. Satu setengah putaran ini, dipakai hanya ketika mobil akan belok ekstrim. Tapi untuk belokan biasa, kemungkina hanya memerlukan satu putaran atau kurang.

Seperti yang dikatakan diatas, besar putaran ini insting kita yang memberi tahu. Jika terus dilatih maka anda akan lihai dengan sendirinya. Bagaimana cara melatihnya ? teruslah belajar mengemudi.

Demikian artikel lengkap mengenai tips belajar menyetir mobil manual mudah. Semoga bisa bermanfaat bagi kita semua.