Panduan Mengganti Roda Mobil Dengan Mudah Untuk Pemula

Advertisement
Cara Mengganti Ban - Ban adalah sebuah karet khusus berisi udara yang dijadikan bantalan sebuah velg atau rims untuk terhubung dengan tanah. Fungsi ban adalah untuk menyerap getaran aspal dan getaran kecil dari jalan sehingga mobil akan lebih halus saat berjalan. Keduanya baik ban atau velg apabila disatukan maka disebut roda.

Terkadang, kita menemui sebuah kondisi yang kurang menyenangkan dimana ban mobil kita tiba-tiba bocor atau kempes. Kalau cuma kempes, mungkin itu tidak terlalu bermasalah kita bisa membawanya ke tukang tambal ban untuk menambah angin ban. Tapi bayaimana jika kondisi ban itu bocor, maka pilihannya anda bisa memanggil layanan storing atau melakukan penggantian ban serep.

Jika posisi anda berada di tengah kota mungkin anda bisa menggunakan layanan storing untuk melakukan penggantian roda. Tapi, jika lokasinya ada di tengah perkampungan atau didaerah pegunungan maka anda dituntut mampu melakukan penggantian ban serep sendiri.


img by missmillmag.com

Melakukan penggantian roda mobil, itu terdengar mudah. Apalagi alatnya sudah disediakan pabrikan saat awal kita membeli mobil, sehingga tinggal bagaimana kemampuan kita untuk menggantinya. Tapi, roda merupakan sebuah komponen yang cukup penting, mengapa demikian ? karena bisa dilihat posisi roda itu sebagai kaki mobil. Jika terlepas maka bisa menimbulkan kecelakaan.

Untuk itu, penggantian ban tidak hanya lepas pasang kencangkan. Tapi ada hal-hal yang perlu dan harus diperhatikan baik ketika melepas roda atau memasang roda. Diartikel inilah kita akan membahas secara detail tata cara mengganti roda mobil yang bocor dengan roda serep.

Apa Yang Perlu Dipersiapkan ?

Sebelum melakukan penggantian roda, terlebih dahulu persiapkan hal-hal berikut ini.
Satu set dongkrak portable, dongkrak yang dipakai biasanya menggunakan sistem ulir karena lebih kuat untuk menahan beban mobil.
Kunci roda, kunci ini diberikan oleh pabrikan bersama dongkraknya.
Roda cadangan, roda ini biasanya terletak dibawah bagasi belakang mobil. Karena cadangan, maka dimensi roda ini biasanya lebih kecil. Anda bisa memakai roda ini untuk membawa mobil ke tukang tambal ban terdekat.


A. Cara Melepas Roda Mobil


Untuk melepas roda mobil, maka pastikan seluruh penumpang mobil turun dari kendaraan karena jika tidak akan menambah beban mobil. Selain itu, pastikan juga anda sudah menarik rem parkir agar mobil terkunci. Jika sudah maka lakukan langkah berikut ;

1. Kendorkan Mur Roda Memakai Kunci Roda

Sebelum kita mengangkan mobil mengenakan dongkrak, kita perlu mengendorkan mur roda terlebih dahulu. Alasanya akan lebih mudah untuk mengendorkan roda saat kondisi roda mobil tertahan beban kemdaraan. Bandingkan ketika mobil terangkat, maka akan lebih sulit karena roda pasti akan berputar mengikuti gerakan pengendoran.

Tapi, yang perlu diingat saat pengendoran ini adalah jangan berlebihan. Dalam artian, kendorkan mur sampai 1/2 putaran saja. Jika lebih dari setengah putaran maka dikhawatirkan roda akan renggang dari wheel bearing dan akan menyebabkan baut roda bengkok.

Saat pengendoran ini, mungkin anda akan menemui masalah terkait kekuatan mur apalagi jika roda mobil anda jarang dilepas. Untuk itu gunakan kekuatan tangan anda bila perlu gunakan pipa pemanjang lengan kunci. Yang terpenting pada proses pengendoran adalah posisi kunci lurus dengan mur.

Untuk arah pengendoran juga ada aturannya, kendorkan mur roda dengan arah melintang agar velg tidak bengkok. Aturan ini juga berlaku saat akan mengencangkan mur roda.


img by db.com.au

2. Naikan kendaraan memakai dongkrak

Untuk langkah ini, pertama lihat jack point pada kendaraan anda. Jack point adalah spot khusus yang dijadikan titik tumpu dongkrak, atau tempat untuk mendongkrak mobil. Beda tipe chasis, beda pula jack pointnya.

Untuk kendaraan yang menggunakan chasis frame, maka anda bisa memosisikan dongkrak pada frame/rangka mobil. Tapi, ini perlu dongkrak yang tinggi. Posisi lainnya anda bisa memposisikan dongkrak pada axle housing pada suspensi tipe rigid.
img by geometroforum.com

Sementara pada kendaraan tipe monocouque/menyatu dengan body maka anda bisa meletakan dongkrak pada bagian samping body tepat dibawah pintu mobil, biasanya ada besi vertikal yang dijadikan pengunci jack. Ilustrasinya bisa anda lihat pada gambar paling atas.

Langkah selanjutnya putar dongkrak memakai stang yang disediakan hingga roda mobil yang akan diganti terangkat. Dalam menaikan roda ini jangan juga terlalu tinggi cukup sampai roda terangkat meski sedikit.

3. Lepas roda mobil



Setelah roda terangkat, maka lepaskan semua mur pada roda mobil yang sebelumnya sudah kita kendorkan. Gunakan kunci roda jika mur masih keras dilepas memakai tangan. Setelah semua mur terlepas, maka langkah selanjutnya tinggal melepas ban dari wheel bearing. Untuk melepas roda bisa langsung anda tarik jika agak keras, tapi umumnya ketika semua mur sudah lepas roda akan lepas dengan sendirinya.

Bagaimana jika roda menempel ? keadaan ini juga sering terjadi, dimana semua mur roda telah lepas tapi roda masih menempel dengan kencang. Solusinya ada di artikel Cara mudah melepas roda mobil yang menempel


B. Langkah Pemasangan Roda


Langkah berikutnya kita akan membahas bagaimana cara memasang roda mobil dengan benar. Ikuti langkah dibawah.

1. Masukan roda kedalam baut roda.

Langkah ini terkadang yang menyulitkan bagi pemula. Memasang roda sambil mengepaskan lubangnya itu membutuhkan teknik khusus. Selain kekuatan tangan, ketelitian juga dituntut untuk memasukan lubang velg.

Tapi, bagi anda yang masuh pemula anda bisa menggunakan bantuan tumit kaki untuk mengangkat roda mobil. Caranya, tangan kanan memegang jari velg, sementara tangan kiri memegang bagian luar karet ban. Posisikan roda didepan wheel bearing, lalu angkat roda dengan mengungkitnya memakai tumit kaki.

Langkah berikutnya tangan anda hanya perlu mengepaskan lubang velg dengan baut roda.

2. Pasang mur dan kencangkan

Jika roda telah masuk, atau baut roda telah pas masuk kedalam lubang velg maka tahan menggunakan satu tangan anda sementara tangan satunya memasang mur kedalam baut roda.

Pasang seluruh mur roda dan kencangkan hingga roda mepet dengan wheel bearing. Untuk pengencangan pertama ini, anda perlu menggunakan kunci roda hingga kira-kira roda mentok dengan wheel bearing dan roda juga tidak oblak ketika digoyangkan.

Mengapa demikian ? karena pengencangan akan kita lakukan saat mobil turun dari dongkrak. Ini tentu akan memudahkan anda karena roda mobil akan tertahan oleh beban mobil ketika di kencangkan.

Kecuali jika anda mengganti roda belakang maka rem parkir akan menahan roda tidak berputar saat dikencangkan atau ketika ada orang lain yang membantu menginjak rem maka anda bisa langsung mengencangkan mur roda sesuai moment ketika dongkrak belum turun.

Tapi, jika anda sendirian ikuti langkah berikutnya.

3. Turunkan Dongkrak secara berlahan

Saat anda telah memastikan bahwa roda telah mentok dan sepenuhnya tertahan oleh mur roda maka langkah berijutnya yakni menurunkan kendaraan yang didongkrak. Turunkan secara hati-hati karena mur roda belum dikencangkan.

Apa tidak berbahaya menurunkan dongkrak saat roda belum di kencangkan ?

Selama roda mentok/mepet dengan wheel bearing tanpa celah maka itu tidak masalah. Tapi jika ada celah antara wheel bearing dengan roda maka bisa membengkokan baut roda. Untuk itu sebelum menurunkan dongkrak lebih dahulu menggoyangkan roda apakah masih oblak atau tidak.

4. Kencangkan mur roda sesuai moment

Pada artikel sebelumnya kita telah membahas tips mengencangkan mur roda, pada artikel tersebut sudah kita bahas bagaimana cara mengencangkan mur roda secara tepat sesuai besar rim/velg yang dipakai. Anda bisa membaca artikel tersebut untuk mengencangkan mur ini.

Secara singkat, mengencangkan baut roda jangan terlalu kecil dan jangan juga terlalu kencang, karena mur roda juga ada batas pengencangannya. Pengencangan yang kurang akan membahayakan karena roda bisa terlepas, begitu pula ketika terlalu kencang maka akan membuat mur dol/selek akibatnya mur kehilangan daya untuk menahan roda, sehingga roda juga bisa terlepas.

Moment kekencangan roda dipengaruhi oleh banyak hal termasuk berat kendaraan, dan besar velg/rim. Untuk mobil penumpang yang memiliki rims 15 hingga 18 umumnya memiliki moment kekencangan 10 - 14 Nm. Moment sebesar ini bisa dicapai hanya memakai kunci roda tanpa bantuan pemanjang.

Jadi cukup kencangkan mur ini sekuat tenaga anda memakai kunci roda tanpa bantuan pipa pemanjang. Kecuali bus atau truk maka momentnya bisa melebihi 20 Nm, sehingga perlu bantuan pipa pemanjang lengan kunci.

Demikian artikel lengkap mengenai cara mengganti ban / roda mobil dengan mudah dan benar. Semoga bermanfaat.