Membuat Lampu Depan Motor Lebih Terang + Lebih Awet (Mudah)

Advertisement
Cara Membuat lampu terang - Apa kita bisa meningkatkan intensitas cahaya lampu motor kita ? jawabannya bisa. Alasannya, lampu itu sebuah komponen elektronika yang mengubah listrik menjadi cahaya. Semakin besar kapasitas listrik yang masuk maka semakin terang pula cahaya yang dihasilkan.

Tapi masalahnya, lampu motor itu sudah disuplai oleh tegangan baterai secara maksimal 12 Volt. Apa masih mungkin bisa ditambah ?

Untuk urusan ini, kita fokus ke pamaksimalan aliran arus. Maksudnya, hambatan yang ada disepanjang jalur kelistrikan lampu bisa menghambat listrik masuk kelampu. Jika kita bisa lebih meminimalkan hambatan tersebut maka listrik yang masuk ke lampu lebih banyak dan lampu terang benderang.

Meski demikian, sebenarnya cahaya yang dihasilkan oleh lampu kendaraan sudah diset untuk menerangi kegelapan yang pas. Sehingga kita tidak perlu mengkhawatirkan terkait pencahanyaan motor kita.

Namun beberapa lampu bisa redup bahkan hampir mati yang tentunya mengganggu kita, jika demikian kita wajib melakukan eksperiment untuk membuat lampu lebih terang. Ini diperbolehkan asal jangan terlalu terang seperti memakai HID. Karena akan ditilang polisi dan mengganggu pengguna jalan lain.

Ingat, yang kita lakukan dibawah adalah memaksimalkan intensitas cahaya lampu standar baik jenis bulb (bolam) atau LED yang tidak melebihi batas intensitas yang terlalu menyilaukan. Sebelumnya, bagi anda yang memiliki masalah lampu motor redup simak dulu penyebabnya dibawah.

Lampu motor bisa redup itu bisa diakibatkan banyak hal, salah satunya karena umur. Selain itu, kesalahan rangkaian lampu juga bisa menyebabkan lampu redup. Jika kita ingin menambah intensitas cahaaya lampu motor kita, bisa anda simak tipsnya dibawah.


Penyebab Lampu Tidak Terang

lampu motor tidak panas dengan resistor
img by motorlosari.com

1. Umur lampu sudah terlalu lama

Umur memang tidak bisa menipu, apapun bendanya pasti memiliki masa pakai begitu pula dengan lampu. Pemakaian lampu yang sudah sangat lama tentunya akan mengurangi kinerja lampu itu secara berlahan. Sehingga lampu akan mengalami penurunan performa yang berakibat pada redupnya cahaya lampu.

2. Rangkaian lampu memiliki tahanan yang besar

Tahanan atau resisance merupakan hambatan yang menahan tegangan pada sebuah rangkaian elektrik. Karena hal itu arus yang tersalur ke ujung rangkaian pada beban tidak maksimal sehingga beban atau lampu ini tidak bersinar secara maksimal.

Hambatan ini bisa berasal dari banyaknya sambungan disepanjang rangkaian atau ada kerak pada terminal lampu. Selain itu hubungan kabel yang tidak kencang juga berpotensi meningkatkan hambatan suatu rangkaian.

3. Tegangan dari kiprok lemah

Saat lampu hidup, listrik yang dipakai berasal dari kiprok atau regulator dari dinamo altenator. Kita tahu, altenator menghasilkan arus listrik dengan besaran sesuai dengan RPM mesin, hal itu membuat lampu bisa terang ketika RPM mesin tinggi dan redup ketika mesin berputar pada RPM idle.

Tapi jika tegangan yang dihasilkan kiprok lebih lemah dari biasanya itu bisa berefek pada pencahayaan yang kurang terang serta gangguan pada sistem elektrikal lain seperti horn.


Cara Membuat Lampu Motor Lebih Terang


Cara yang akan kita lakukan tergolong simple tapi ada juga cara yang memakan biaya lebh apalagi jika memang ada kerusakan dari elektrikal motor tentunya untuk membuat lampu lebih terang kita perlu melakukan perbaikan kerusakan tersebut. Apa saja langkahnya ?

1. Pasang relay yang menghubungkan baterai langsung dengan lampu

Fungsi relay adalah sebuah jembatan yang menghubungkan arus baterai dengan beban kelistrikan secara langsung. Pemakaian relay memungkinkan peningkatan efektifitas aliran listrik karena aliran listrik akan berlangsung dari sumber arus melewati relay dan langsung masuk ke beban.

Jika suatu rangkaian tidak dilengkapi relay ataupun ada rangkaian lain yang berbelit sebelum arus mencapai relay maka bisa meningkatkan nilai hambatan suatu rangkaian. Nilai hambatan bisa dipengaruhi banyak faktor salah satunya karena banyaknya sambungan/konektor.

Sehingga untuk memaksimalkan cahaya lampu bisa kita lakukan dengan menguranghi nilai hambatan suatu rangkaian lampu memakai cara ini. Cara yang kita pakai adalah dengan meminimalkan penggunaan konektor atau sambungan kabel.

Caranya, lihat rangkaian lampu anda. Rangkaian lampu yang efektif harusnya dari sumber arus melewati relay dah langsung tersambung ke lampu. Jika sebelum relay ditemui rangkaian yang berbelit maka tugas anda adalah menambahkan relay baru yang menghubungkan arus baterai dengan arus input relay pertama.


cara membuat lampu motor terang dengan relay

Gunakan relay 4 kaki, hubungkan terminal 30 relay baru ke baterai (setelah fuse) dan terminal 87 ke input relay lama (terminal 30). Jumper terminal 85 dan 86 relay baru pada relay lama. Rangkaian ini akan membuat lampu memiliki dua buah relay, relay utama dan relay tambahan yang kita pakai untuk melangsungkan arus baterai.

Anda juga bisa mengubah input arus pada terminal 30 relay utama ke baterai (setelah fuse). Tapi, ini beresiko jika ternyata ada rangkaian lain yang terhubung dengan terminal 30 tersebut maka bisa saja terjadi malfungsi.

2. Pasang Arus Lampu Dari Baterai Langsung

Kedua, biasanya tenaga kelistrikan motor berasal dari kiprok sebagai regulator dari dinamo altenator. Memang kiprok bisa mencegah overcharge atau tegangan berlebih tapi ketika RPM mesin rendah dan litrik yang dihasilkan kurang dari 12 volt otomatis lampu akan redup. Itulah sebabnya kadang lampu bisa bersinar terang ketika kita gas motor kita.

Solusinya, anda perlu menyambungkan arus lampu ke sumber arus utama yakni baterai. Baterai motor selain berfungsi sebagai penyimpan arus listrik juga bisa difungsikan sebagai stabilizer arus. Sehingga meski kondisi mesin masih low RPM tegangan baterai tetap 12 volt. Jika kita sambungkan lampu ke baterai hasilnya lampu akan lebih bersinar terang.

Tapi, ada kelemahannya. Jika anda terus menghidupkan lampu di RPM mesin low, maka baterai motor akan cepat tekor karena arus keluar lebih banyak dari arus masuk. Sehingga pastikan saat memakai lampu ini kondisi mesin sedang hidup dan jika bisa jangan terlalu lama ada di idle RPM.

Cara penyambungannya sama seperti teknik yang pertama anda bisa mengalihkan arus 30 relay lampu ke baterai ataupun menambahkan relay baru. Dan yang terpenting, sambungkan arus ini setelah sekering karena rangkaian lampu tanpa sekering itu bisa berpotensi terbakar.

3. Ganti lampu dengan bolam LED

Lampu LED berbeda dengan lampu gas atau lampu biasa, lampu LED menggunakan rangkaian dioda pada filamen lampu tanpa memakai gas seperti halogen. Penggunaan lampu ini terbukti menghemat pemakaian daya listrik.

Jika kita bisa maksimalkan daya listrik lampu ke lampu LED maka lampu ini bisa bersinar melebihi lampu halogen, sehingga selain lebih irit juga lebih terang.

Dan yang perlu diperhatikan saat membeli lampu LED adalah pastikan pilih dengan range intensitas cahaya yang diperbolehkan, jangan juga terlalu terang karena bisa mengganggu pengendara lain serta bisa ditilang.

4. Ganti kiprok standar

Kiprok ini bisa anda ganti jika memang tegangan pengisian berlangsung cukup rendah dari biasanya. Sehingga bisa membuat aki cepat soak serta berpotensi mengganggu seluruh sistem kelsitrikan motor. Dalam hal ini anda bisa memakai kiprok vespa yang memiliki daya konversi yang tinggi atau jenis kiprok after sales lain jika memang kiprok standar tersebut tidak mampu menangani kebutuhan kelistrikan motor.

Tapi, pemakaian kiprok after sales yang bukan standar bisa saja membuat overcharge atau kelebihan pengisian, solusinya anda perlu menambahkan sebuah voltage stabilizer agar tegangan pengisian bisa normal.

Demikian artikel lengkap mengenai cara membuat lampu motor lebih terang, semoga bermanfaat dan menambah wawasan kita.