5 Contoh Peluang Usaha Dengan Modal Hanya Seunit Mobil

Advertisement
Peluang Usaha Mobil Pribadi - Pertumbuhan ekonomi di Indonesia, semakin berkembang pesat. Hal itu juga memicu meningkatnya angka penjualan mobil, sehingga semakin banyak pemilik mobil dan semakin banyak pula mobil berseliwiran di jalan raya.

Memiliki sebuah mobil, memang bukan hanya dijadikan patokan kesuksesan seseorang. Banyak pemilik mobil membeli sebuah mobil untuk menunjukan tingkat kesuksesan karirnya, tapi ada pula orang yang membeli mobil karena akan diputar menjadi sebuah lahan bisnis.

Sebuah mobil juga bisa dijadikan sebagai lahan bisnis. Mungkin kita mengenal bisnis itu dijalankan dari sebuah kantor, tapi anda lupa bahwa kita ada di zaman milenial dimana kreatifitas akan sangat diperlukan salah satunya untuk mengembangkan bisnis.

Melalui sebuah mobil, ternyata kita bisa menghasilkan uang. Bayangkan jika mobil pribadi anda sudah mendulang penghasilan tambahan untuk anda, minimal uang bensin dan perawatan mobil anda bisa ditutup dan penghasilan pokok anda bisa dipakai untuk hal lain.

Disi lain, peluang sektor mobil pribadi juga tak kalah menggiurkan jika ingin digarap serius. Lantas, apa saja ide usaha yang bosa dilakukan melalui seunit mobil ? simak ulasan lengkapnya dibawah.

1. Daftar Taxi Online

img by todayonline.com

Taxi online sempat viral beberapa waktu lalu terkait kontroversinya. Tapi terlepas dari kontroversi taxi online, para pengguna jasa taxi online juga merasa puas dengan pelayanan armada taxi online. Hal itu karena dibandingkan angkutan umum, kendaraan pribadi yang dipakai oleh taxi berbasis online ini lebih nyaman. Dari harga, juga lebih murah dibandingkan taxi pangkalan.

Hal diataslah yang membuat para pengguna angkutan umum lebih memilih taxi online sebagai kendaraan untuk menunjang mobilitasnya ditengah kepadatan lalu lintas kota.

Kita ambil contoh pada kota Jakarta, pusat perekonomian di Indonesia ini menjadi kota nomor satu tujuan perantauan. Sehingga mobilitas di kota ini cukup besar, dan pemilik jasa transportasi baik angkutan umum maupun taxi online bisa mengambil keuntungan pada hal ini.

Penghasilannya juga tidak bisa dianggap remeh, anda biaa mendapatkan penghasilan 500 hingga 1 juta pada jam kerja pagi hingga malam setiap harinya. Jika dikalkulasikan, maka bisa tembus 15 juta perbulan tanpa hari libur. Dipotong uang bensin misal 20%, maka penghasilan bersih anda bisa mencapai 12 juta/bulan.

Karena hal itulah banyak orang yang dengan sengaja membeli mobil dengan motede cash ataupun cicilan agar bisa menjalankan bisnis ini.
Lantas bagaimana cara menjadi driver taxi online ?

Pertama pastikan mobil anda memiliki spesifikasi sebagai mobil angkutan, biasanya mobil yang dipakai minimal low MPV dengan mesin diatas 1.200 cc. Kemudian siapkan beberapa dokument pelengkap seperti SKCK, FC KTP, SIM dan KK. Lalu daftarkan ke developer apps taxi online pilihan anda.

2. Buka Kursus Mengemudi

img by allagesdrivingschool.com

Semakin majunya tingkat perekonomian seseorang membuat taraf hidupnya juga berkembang. Hal ini sering kali mendorong seseorang membeli mobil dengan alasan ingin lebih nyaman atau sebagai tolak ukur kesuksesan. Selain itu, menurut pengamat waralaba Anang sukandar peluang bisnis ini cukup menjanjikan karena semakin banyak orang yang mampu membeli mobil.

Tak hanya pemilik mobil yang mencari kursus ini, ada beberapa ptofesi yang menuntut seseorang untuk bisa mengemudikan sebuah mobil. Dan seorang itu belum tentu memiliki sebuah mobil, sehingga jalan satu-satunya adalah mengikuti kursus mengemudi. Selain dapat ilmu dan pengalaman, pada kursus ini juga biasanya sudah langsung mendapatkan license resmi (SIM) dari kepolisian apabila dinyatakan lulus dari kursus ini.

Tapi menyetir mobil itu tidak semudah motor yang hanya belajar dihalaman depan rumah sudah langsung bisa. Mengemudikan sebuah mobil membutuhkan insting dan koordinasi antara kaki dan tangan yang baik. Untuk itu, kursus mengemudi dijadikan senjata ampuh untuk bisa lihai dibalik steer bagi pemula.

Lantas, berapa keuntungan pemilik bisnis ini ? Marcell kurniawan pemilik RBC (Real Drive Center) menjelaskan bahwa pemilik bisnis bisa meraup omzet sekitar 28 juta dengan asumsi 30 siswa terdaftar. Apabila dikurangi biaya operasional dan cicil mobil kemungkinan pemilik bisa memperoleh laba bersih sekitar 20%. Angka ini tentu tidak mutlak karena tarif kursus ditentukan oleh anda.

Bagaimana cara memulai bisnis ini ? untuk memulai anda bisa langsung membukanya jika sudah memiliki tempat dan unit mobil. Anda juga bisa menjalankan usaha ini dengan model franchise, ada banyak lembaga kursus besar yang membuka sistem ini slaah satunya RDC diatas. Untuk franchise tapi, anda butuh modal lebih besar karena akan dikenakan fee. Tapi branding usaha anda akan langsung baik karena memakai merk lembaga pelatihan tersebut.

3. Jasa Travel keluar kota

img by kylatrans.com

Peluang diatas, akan sangat menguntungkan jika dijalankan pada kota-kota besar karena disinilah pusat orang bermobilitas. Tapi bagaimana dengan pemilik mobil di desa atau kota kecil, apakah tidak ada peluang usaha yang menguntyungkan ?

Tentu ada, jika kita lebih kreatif mencari peluang di segala sektor pasti akan ketemu. Salah satunya jasa travel, budaya transmigrasi di Indonesia masih cukup kental. Warga yang tinggal di kota kecil/desa cenderung pergi ke kota-kota besar untuk merantau. Tapi warga itu tidak akan melupakan kota asalnya, jadi meski mereka bekerja diluar kota mereka juga akan kembali lagi ke kota halaman.

Ini merupakan peluang usaha untuk membuka jasa travel antar kota. Mengapa travel ? biasanya mereka memilih angkutan bus atau kereta untuk bepergian keluar kota. Tapi kedua transportasi itu memiliki kelemahan, pada titik drop point. Penumpang akan naik dan turun di titik yang sudah ditentukan bisa terminal atau stasiun. Artinya mereka butuh biaya dan waktu lagi untuk mencapai titik yang ditentukan itu.

Tapi untuk travel, kita mengenal istilah antar jemput. Travel akan menjemput hingga depan rumah mereka dan mengantarkan mereka ke tempat tinggal mereka diluar kota. Sehingga penumpang hanya menggunakan satu mobil transportasi untuk berpindah dari rumahnya ke tempat tinggal diluar kota. Tentu ini lebih efektif, sehingga jasa travel masih disebut menguntungkan.

4. Banner Space di body mobil

img by id.techinasia.com

Mungkin, model bisnis ini masih awam bagi anda. Iklan merupakan media promosi yang paling efektif untuk mengenalkan produk baru. Biasanya iklan akan dipasang pada tempat-tempat umum bisa banner di pinggir jalan atau di media informasi televisi atau internet.

Tapi ada satu lagi penempatan iklan, yakni di body mobil. Para pemilik memilih mobil untuk menempelkan iklan di body mobil karena tingkat attention seseorang yang sedang mengemudi akan lebih tinggi. Sehingga jika ada informasi baru, akan cepat sampai ke otaknya. Apalagi pada lalu lintas macet, seseorang cenderung melihat sekeliling untuk menghilangkan rasa bosan. Dan kita cenderung membaca tulisan-tulisan yang kita lihat.

Jika tulisan ini merupakan tulisan promosi maka ini akan menjadi sarana yang tepat untuk memperkenalkan produk baru. Sistem pendapatan yang anda peroleh adalah setiap beberapa kilometer, jadi pendapatannya juga tidak menentu. Jika mobil anda sering berjalan maka pendapatan yang and peroleh juga semakin lumayan.

5. Rental Mobil

Kata rental mobil memang menjadi salah satu bidang usaha yang terdengar mahal modalnya. Itu karena untuk membuka rental atau penyewaan mobil anda perlu menyiapkan lebih dari satu mobil. Jika hanya satu mobil saja memang bisa berjalan tapi skalanya kecil, meski demikian ini bisa jadi peluang bagi anda untuk iseng-iseng yang memiliki sebuah mobil tapi mobilnya sering nganggur.

Menjalankan rental kecil-kecilan ini rasanya cukup mudah. Anda bisa menawarkan jasa ini pada tetangga atau keluarga anda, ya paling tidak dari pada mobil menganggur digarasi terus nanti buat sarang laba-laba mending di sewakan ke tetangga yang akan bepergian jauh, kan dapat uang tambahan.

Tapi, anda jangan menyewakan mobil anda ke orang yang belum anda kenal atau yang kurang anda percayai. Alasannya model bisnis ini hanya sebagai bisnis sampingan, dan tidak dikelola secara profesional jadi para peminjam hanya modal kepercayaan satu sama lain. Sehingga jika ada orang yang belum anda percayai akan menyewa mobil anda maka berhati-hatilah, paling tidak minta jaminan.

Demikian artikel lengkap mengenai contoh peluang usaha yang bisa anda jalankan pada sebuah mobil pribadi. Sekian dan semoga bermanfaat bagi kita semua.