Berapa Km Ban Mobil Harus Diganti ?

Advertisement
Umur ban mobil – Sebagai sepatu yang melapisi velg, ban juga ada masa pakainya. Tapi tak seperti mie instan atau makanan kalengan, ban tidak menyertakan tanggal kadaluarsa sehingga para pemiliki harus tahu kapan waktunya ban harus diganti.

Faktor utama yang menyebabkan ban harus diganti adalah karena kondisi karet ban yang semakin aus atau tergores saat digunakan. Hal ini dikarenakan ada gesekan ketika ban mobil bergerak diatas permukaan jalan. Apalagi saat belok, gesekan ini akan sangat jelas.

Akibat dari gesekan itu jelas ban karet ban akan terkikis sedikit demi sedikit akhirnya ban gundul dan jadi lebih licin jika terus dipaksakan. Mengapa ? kok licin ? karena ban itu memiliki tread, thread ini seperti karet yang menonjol dipermukaan ban yang membuat ban bisa mencengkram permukaan jalan. Namun, tread ini juga yang pertama kali terkena efek gesekan ban sehingga saat tread mulai halus ban terkesan lebih gundul dan ban kehilangan daya cengkram terhadap jalan.

Untuk mengetahui berapa lama ban bisa bertahan memang tidak bisa dipastikan, tapi kita bisa melihat tanda TWA (Tread Wear Indicator) pada permukaan ban. Tanda ini ada disela-sela tread ban, dan jika ketinggian tread sudah sama dengan TWA maka ban harus segera diganti.

gambar : roadsafety.co.za


Namun bagaimana jika mobil jarang dipakai? apa tidak apa-apa jika tidak diganti? berapa Km ban harus diganti ? kalau mobil hanya dipakai misal setiap weekend dengan jalur tempuh ringan maka umur ban bisa melebihi 3 bahkan 5 tahun. Sebaiknya ban diganti jika umurnya sudah teralu lama, karena karet ban juga bisa melemah kekuatannya. Jika karet ban getas maka besar kemungkinan ban akan sering bocor saat menekan bebatuan.

Umumnya penggantian ban ada pada interval 3 tahun pemakaian atau 40.000 Km pemakaian, tergantung mana yang lebih dahulu. Untuk mengetahui umur ban anda bisa melihat kodenya yang tertera pada permukaan ban. Hal tersebut disampaikan oleh Ari Hartono dari Arto Teko Ban “Terdapat susunan huruf dan angka yang menunjukan waktu pembuatan ban”.

“semisal tertera kode LJ2607 kita bisa abaian huruf LJ karena merupakan kode internal dari masing-masing pabrik, yang perlu diperhatikan adalah angka dibelakangnya. Anka 26 menunjukan bahwa ban dibuat pada minggu 26 ditahun 2007”.

Beberapa hal yang bisa mempercepat umur ban antara lain ;

  • Mobil sering dipacu dalam waktu lama meski suhu roda sangat panas
  • Jarang melakukan rotasi roda


Beberapa cara untuk meminimalkan keausan ban, bisa kita lakukan dengan seringlah melakukan rotas roda. Rotas ban adalah kegiatan menukar posisi roda dari depan kebelakang. Hal ini sangat diperlukan khususnya pada kendaraan berpenggerak depan.

Pada kendaraan FWD, beban untuk menjalankan mobil dan beban pengemudian terletak pada roda depan. Sehingga tekanan dan gesekan yang diterima lebih besar. Selain itu, jangan juga memaksakan untuk berkendara dengan waktu lama. Kalau bisa, setiap 2 jam perjalanan ada baiknya anda beristirahat untuk tubuh anda dan juga untuk mendinginkan komponen mobil termasuk ban.


Tak perlu lama, sekitar 15 menit saja roda mobil sudah lebih rendah. Demikian artikel singkat mengenai umur ban mobil, semoga bisa menambah wawasan kita dan bermanfaat bagi kita semua.