Motor Mogok Setelah Dicuci, Ternyata Penyebabnya Sepele

motor mogok setelah kehujanan - Aktifitas mencuci motor memang bisa menjadi aktifitas rutin pemilik motor untuk menjaga penampilan motornya, tapi pencucian yang tidak benar bisa membuat masalah baru. Salah satunya mesin mogok setelah dicuci.

Penyebabnya bisa bermacam macam, bisa karena air masuk knalpot atau karena air tersebut masuk ke karburator. Untuk mengetahui semua penyebabnya sudah kita bahas pada artikel penyebab motor susah hidup setelah dicuci.

Kali ini akan kita bahas bagaimana cara mengatasi motor yang sudah terlanjur mogok karena pengaruh air.

1. Periksa cop busi

Langkah pertama, lepas bagian cop busi. Cop busi adalah bagian yang terletak diujung kabel busi, fungsinya untuk menghubungkan kabel busi dengan busi.

Air bisa masuk dan membasahi komponen ini, imbasnya akan mengganggu arus pengapian sehigga api yang dihasilkan tidak maksimal.

Anda hanya perlu memeriksa bagian dalam cop busi, apakah basah atau tidak. Jika basah, perlu anda keringkan menggunakan kain lap atau jika ada anda bisa menggunakan penyemprot udara.

Setelah itu, pasang kembali cop busi hingga mengunci ke busi. Dan coba hidupkan motor, apabila mesin masih sulit hidup kita lanjut ke point berikutnya.

2. Periksa karburator


img by jogjamegaproclub.com

Air juga bisa masuk ke sistem karburasi yang berfungsi dalam hal penyaluran bahan bakar. Untuk mengeceknya, ada beberapa cara pertama lihat bagian luarnya. Apabila ada bekas rembesan air maka ada potensi air masuk dari bagian ini.

Tutup kran bensin kemudian bukalah bagian mangkuk karburator, biasanya ada baut yag menjadi penyumbat. Saat anda membuka baut ini maka bensin dari mangkuk karbu akan keluar, biarkan hingga seluruh bensin ini keluar.

Proses ini tidak hanya mengeluarkan bensin dari dalam karbu namun jika ada air didalam karbu juga akan ikut keluar. Apabila seluruh bensin dari dalam karbu sudah keluar semua tutup saluran ini dengan memasangkan bautnya.

Buka kran bensin dan hidupkan mesin dengan menggunakan kick starter hingga beberapa kali. Jika masih juga sulit hidup kita perlu mengecek sistem pengapian mesin.

3. Buka busi motor

Untuk langkah berikutnya, bukalah busi motor anda dengan kunci busi dan periksa ujung elektrodanya. Harusnya apabila dalam beberapa proses start tidak nyala, elektroda busi akan terkesan basah.

Busi yang basah ini disebabkan oleh bensin yang tidak terbakar saat kita starter mesin motor.

Jangan permasalahkan busi yang basah itu, langsung colokan busi ke cop busi seperti biasa namun dalam posisi busi terlepas. Kemudian tempelkan ulir busi kebagian masa baterai, bisa diblok silinder atau kepala silinder.

Selanjutnya lakukan start dengan menggunakan kick start dalam posisi kunci kontak ON. Jika pengapian berfungsi dengan baik, maka akan timbul percikan api dari elektroda busi. Namun jika tidak ada percikan api, itu menandakan ada masalah terkait sistem pengapian motor.

Anda perlu cek bagian socket yang berkaitan dengan sistem pengapian seperti socket CDI. Dimana letaknya ? anda tinggal ikuti dimana pangkal kabel busi, disitu akan ditemukan berbagai komponen pengapian seperti coil dan CDI.

Baca juga : cara mengecek kondisi busi apakah masih bagus atau perlu ganti


Tips menghindari motor mogok saat dicuci



  • Pastikan anda menyemprotkan air pada bagian body saja bukan bagian mesin.
  • Jika akan mencuci bagian mesin lebih baik gunakan busa bersabun dan siram secara manual.
  • Hindari menyiram air pada bagian karbu dan bagian socket kelistrikan.
  • Pastikan anda memasang cover body motor khususnya cover samping yang menutup semua rangkaian kelistrikan.
  • Jangan menyemprotkan air kedalam knalpot motor, jika akan membersihkan ujung knalpot bisa dilakukan dengan busa bersabun.


Demikian artikel lengkap dan singkat mengenai cara mengatasi motor mogok sehabis dicuci, semoga bisa menambah wawasan kita dan bermanfaat bagi kita semua.