20 Ciri Mesin Diesel Yang Masih Sehat dan Bagus

Advertisement
Ciri mesin diesel bagus – Dulu mesin diesel populer pada kalangan mobil-mobil niaga seperti truk dan bus. Karena selain tenaganya, tingkat pemakaian bahan bakar juga lebih rendah. Tapi anggapan tersebut berangsur mulai hilang karena saat ini sudah banyak mobil pribadi dari mulai SUV, MPV dan Sportcar sekalipun menggunakan mesin diesel.

Hal ini berkat ditemukannya teknologi commonrail yang berfungsi menggantikan sistem injeksi diesel konvensional menjadi elekrik. Hasilnya, power output menjadi semakin maksimal dan emisi juga semakin ramah lingkungan.

Karena hal itulah banyak orang menyukai diesel atau mobil berbahan bakar diesel hingga ketika ia membeli sebuah mobil pun harus berbahan bakar solar. Jika anda akan membeli mobil diesel terutama yang betsatus bekas, ada beberapa pemeriksaan khusus yang perlu anda lakukan. Terutama pada area mesin untuk mengetahui apakah kondisi mesin masih baik atau ada kerusakan.

Ciri Ciri Mesin Diesel Yang Masih Bagus


Untuk memeriksanya, anda bisa memperhatikan hal-hal berikut ini.

1. Mesin dalam kondisi bersih dan terawat

Buka kap mesin mobil, kemudian lihat mesinnya. Mesin diesel yang sehat selalu dirawat oleh pemiliknya. Jika kondisinya bersih dan mengkilap, maka ini adalah awal yang baik. Tapi jika ada sedikit kotoran, itu wajar saja.

Yang perlu diperhatikan juga jangan melihat dari cover enginnya saja. Karena cover engine yang berbahan plastik bisa mengkilap dengan mudah menggunakan semir ban. Jadi buka cover engine dan lihat keseluruhan bagian mesin apa ada kerak, kebocoran atau rembesan apapun.

Mesin yang masih baik memiliki kondisi yang kering pada setiap komponennya, mungkin ada sedikit debu tapi itu wajar saja.

2. Volume oli masih normal

Selanjutnya, tarik stik oli dan analisa warna olinya. Oli mesin diesel itu berwarna hitam meski bari diganti sehari lalu. Alasannya didalam mesin ada banyak sisa oli pekat dan kental yang bercampur dengan oli baru. Yang diperhatikan adalah, struktur oli apa ada serpihan kerak yang terbawa.

Jika mesin masih normal maka olinya halus tidak tercampur serpihan apapun. Untuk kekentalan, umumnya oli masih bagus pada mesin diesel mobil pribadi memiliki SAE 5w-20 sehingga akan encer jika dirasakan.

Jangan lupa membersihkan stik indikator oli dan mencelupkannya lagi kedalam mesin, kali ini bertujuan untuk mengecek volume oli didalam mesin. Cabut dan perhatikan ada dilevel  berapa oli menyentuh indikator stik. Jika masih dalam range, maka itu tidak masalah.

3. Tidak ada kebocoran oli pada sambungan kepala silinder

Perhatikan sambungan-sambungan antara komponen mesin terutama pada area kepala silinder. kepala silinder merupakan blok komponen tempat untuk meletakan injektor dan mekanisme katup. Posisi kepala silinder tepat berada diatas blok silinder.

Yang perlu diperhatikan adalah sambungan antara kedua komponen ini, mungkin anda perlu bantuan senter untuk mengeceknya. Pastikan kondisinya kering tanpa rembesan atau bekas bocoran oli. Selain disambungan ini, pada tutup kepala silinder juga perlu diperhatikan karena tak jarang kejadian oli bocor dari cover head cylinder.

4. Tidak ada kebocoran/kerak pada seal injektor

ciri mesin masih sehat
img by dieselgiant.com


Injektor ini terletak tepat diatas mesin, anda pasti bisa melihatnya dengan jelas karena ujung injektor ini terhubung ke selang besi. Yang perlu anda perhatikan adalah seal yang menancap pada kepala silinder. fungsi seal ini adalah mencegah oli mesin keluar dari dalam mesin.

Jika diarea seal ini ada rembesan oli atau ada kerak hitam maka itu menandakan seal tersebut bocor dan ini salah satu indikator mesin diesel yang kurang sehat. Tapi masalah ini cenderung ringan karena tidak mempengaruhi kinerja inti mesin, tinggal ganti sealnya dan diesel sehat kembali.

5. Intake manifold kering

Sambungan komponen lain ada pada intake manifold. Biasanya intake pada mesin diesel baru menggunakan bahan polyester atau plastik keras. Memang ini akan mengurangi beban mesin secara signifikan tapi ada resiko retak pada komponen ini.

Jika hal itu terjadi maka akan ada bekas rembesan pada area yang mengalami retak. Intake yang retak bisa mengakibatkan udara yang masuk ke dalam ruang bakar tidak akurat karena udara tersebut tidak melewati sensor, sehingga masalah ini terbilang agak serius. Selain itu dari sambungan intake ke head cylinder juga berpotensi bocor, untuk maslah ini lagi-lagi seal yang berpengaruh.

6. Sambungan karter/oil pan kering

Untuk ciri-ciri selanjutnya anda perlu melihat bagian bawah mesin. Ada dua hal yang dicek yakni kondisi sambunangan oil pan dengan blok silinder dan drain plug atau baut penguras oli. Pastikan pada sambungan ini kering tidak ada kebocoran oli mesin. Meski tidak mempengaruhi performa mesin secara langsung, kecocoran pada area ini bisa mengurangi volume oli mesin secara cepat karena letaknya dibawah. Sehingga berpotensi menimbulkan masalah yang lebih serius.

7. Air radiator dalam volume normal

biaya turun mesin diesel
img by adzuna.co.uk


Cek juga volume air radiator, air ini berfungsi sebagai media pengantar panas dari mesin ke radiator untuk kepentingan pendinginan. Normalnya, saat dingin air radiator dalam kondisi penuh. Anda bisa cek volumenya pada reservoir tank atau langsung pada radiator. Pastikan ketinggian air sesuai dengan indikator pada reservoir dan tidak juga berlebihan.

8. Tegangan baterai normal (12 V)

Baterai memiliki peranan penting khususnya pada mesin commonrail, karena bersifat elektrik sehingga perlu arus listrik untuk menunjang kinerjanya. Tegangan normal pada mesin diesel commonrail mobil pribadi/menengah adalah 12 volt, sementara pada truk dan bus biasanya menggunakan lebih dari satu baterai dengan tegangan 24 volt.

Anda mungkin perlu alat khusus berupa volt meter untuk mengukurnya, tapi jika tidak ada anda bisa melihat indikator pada dashboard mobil ketika kunci kontak ON. Pastikan indikator baterai tidak menyala.

9. Mesin mudah hidup dalam satu kali start

Coba start atau hidupkan mesin, tapi sebelum memutar kunci ke posisi start perhatikan beberapa indikator pada dashboard ketika anda memutar kunci ke posisi ON. Terutama indikator glow plug yang berbentuk seperti per ulir. Jika indikator tersebut menyala dan dalam beberap detik mati maka glow plug OK anda bisa langsung start mesinnya.

mesin diesel ngobos
img by yourmechanic.com


Harusnya, mesin diesel sehat akan langsung hidup pada start yang pertama. Jika proses start sulit perlu tiga atau empat kali maka itu menunjukan ada beberapa komponen yang tidak berfungsi normal seperti glow plug, tekanan solar, atau tekanan kompresi.

10. Suara mesin normal

Suara mesin diesel yang normal memang agak berat dan tidak sehalus mesin bensin. Tapi yang perlu diperhatikan adalah apa ada bunyi-bunyi lainnya. Coba saat mesin hidup perhatikan area depan mesin (rangkaian pulley) di area inilah  biasanya ada bunyi kasar. Bunyi ini ada yang seperti decitan karena poros salah satu pulley aus atau bunyi gemercik karena timming chain yang kendor.

11. Tidak ada bunyi knoking/ngelitik

Yang tak kalah penting adalah apa mesin diesel yang sedang anda cek tersebut timbul suara knocking atau bahasa umumnya ngelitik ? suara ini mirip ketukan dua buah logam yang terjadi akibat pre-ignition atau pembakaran dini. Jika ada maka itu mengindikasikan ada yang tidak beres pada pengapian diesel.

12. Asap knalpot tidak terlalu berwarna

Asap mesin diesel memang dikenal memiliki warna yang lebih pekat. Hal itu karena proses pembakaran solar yang menghasilkan gas CO bersama DPM (diesel particulate matter). Tapi untuk mesin diesel modern, biasanya sudah dilengkapi dengan DPF (diesel particulate filter) sehingga asap yang keluarpun lebih transparan seperti mesin bensin.

Warna lain adalah warna asap putih, usahakan untuk menghindari mesin diesel yang mengeluarkan asap putih. Mengapa ? karena itu adalah tanda adanya kebocoran oli mesin kearea ruang bakar. Masalah ini tergolong masalah serius pada mesin diesel sehingga penanganannya pun bisa memakan biaya yang tidak sedikit.

13. Tak ada kebocoran oli pada turbocharger

Turbocharger berfungsi cukup baik pada mesin diesel yang memiliki perbandingan kompresi tinggi, karena bisa sebagai booster tehrhadap suplai udara kedalam mesin. Tapi turbo juga memerlukan pelumas untuk melumasi turbinnya, dan pelumas ini diambil dari pelumas mesin.

Yang perlu diperhatikan adalah kebocoran oli pada turbo, karena posisi turbo yang cukup ekstrem karena berhubungan langsung dengan gas buang yang juga memiliki suhu extrem maka komponen ini rawan rusak salah satunya bocor oli. Ada yang memiliki kebocoran oli keluar ataupun kedalam. Jika arahnya keluar anda bisa langsung melihatnya dari adanya rembesan oli disekitar turbo, tapi jika arahnya kedalam maka oli tersebut bisa masuk kedalam mesin dan terbakar yang akhirnya menimbulkan asap putih.

Inilah salah satu sebabnya asap putih itu merupakan kerusakan serius karena jika terjadi pad turbopun akan memakan biaya yang cukup besar.

14. Getaran mesin normal/tidak terlalu besar

Mesin bergetar itu wajar karena didalam mesin terjadi pembakaran yang menimbulkan ekspansi. Tapi ada mekanisme untuk menahan getaran ini pada engine mounting, engine mounting adalah komponen titik peletakan mesin ke chasisi/frame mobil.

Engine mounting tidak terbuat dari besi solid tapi ada karet tebal yang menyelimutinya, salah satu tujuannya yakni untuk menyerap getaran mesin agar tidak sampai kebody mobil. Jika karet ini rusak/jebol/sobek otmatis pegangan mounting terhadap mesin akan melemah yang membuat mesin bisa bergerak lebih leluasa.

Engine mounting yang jebol juga bisa terjadi pada mobil bekas tabrakan, dimana saat terjadi tabrakan area mesin terdorong oleh body mobil sehingga memaksa engine mounting untuk bergeser berlebihan.

Ini akan menimbulkan getaran berlebih pada mesin ketika mesin dihidupkan, namun masalah ini terbilang tidak terlalu serius karena yang rusak adalah komponen luar mesin yang tidak mempengaruhi kinerja mesin.


15. Mesin tidak pincang

Mesin pincang juga akan menimbulkan getaran tidak wajar pada mesin, tapi getaran ini tidak disebabkan karena mounting rusak melainkan ada salah satu silinder yang tidak beroperasi dalam artian salah satu injektor mcet/stuck.

Gejalanya, biasanya suara mesin agak tidak seimbang dan disertai getaran tidak wajar. Beberapa mesin juga secara otomatis meningkatkan RPM untuk menyeimbangkan putaran. Ini juga masuk kemasalah serius mesin karena biaya perbaikan injektor bisa cukup mahal apalagi jika harus menggantinya.

16. Tidak ada lampu indikator mesin yang menyala pada dashboard

Sebelum anda mematikan mesin, ada baiknya mengecek lampu indikator pada dashboard. Disinilah semua kerusakan akan diberitahukan oleh ECM dan pastikan lampu check engine, indikator oli, water in fuel, dan indikator terkait mesin lainnya tidak menyala.

17. Ujung knalpot tidak terlalu hitam

Memang, seperti yang kita bahas diatas bahwa mesin diesel secara umum menghasilkan asap hitam. Tapi tidak berlebihan karena ada komponen DPF. Anda bisa mengeceknya pada ujung knalpot, jika kondisinya cukup pekat dan hitam maka ada potensi bahwa DPF tidak beroperasi normal.

18. Saat dinyalakan temperatur mesin normal (tidak overheat)

cara cek mesin mobil bekas
img by cars.com


Untuk hal ini bisa anda cek pada indikator temperatur mesin didashboard. Pastikan jarum indikator tidak melewati angka medium atau tidak menyentuh angka merah yang menunjukan engine overheat. Jika jarum menunjuk angka merah maka ada kerusakan pada sistem pendingin yang tidak mampu menjaga suhu mesin tetap normal.

19. Mesin belum pernah turun mesin

Turun mesin adalah aktifitas yang dilakukan untuk mengganti atau memperbaiki komponen inti mesin dengan cara melakukan overhoule total. Efek dari proses ini, mesin bisa menurun performanya atau bahkan meningkat. Tapi secara umum mesin yang pernah dibongkar meningkatkan resiko mengalami kerusakan karena setiap baut pengikatnya sudah tidak sama kekuatannya dibandingkan sebelum dilepas.

Perlu diketahui juga, baut pengikat pada setiap komponen itu bisa menurun kekuatannya apabila sering dibongkar. Pada mesin tentunya ini beresiko.

20. Cek riwayat servis kendaraan melalui buku servisnya

Terakhir, lihatlah catatan history service kendaraan yang bersangkutan. Kendaraan yang terawat adalah kendaraan yang diservis secara rutin oleh pemiliknya, maka itu bisa mengindikasikan dulu mobil ini memiliki perawatan yang baik.

Anda bisa tanggal service satu ke service berikutnya dan interval penggantian oli mobil yang bersangkutan. Jika mobil terawat atau rutin diservice maka kondisi mesinnya pun cenderung lebih bersih dah lebih bagus.

Tapi bagaimana untuk mobil diesel bekas rental ? umumnya pengusaha rental memiliki teknisi tersendiri untuk menyervis mobilnya. Pada mobil bekas rental, anda juga harus lebih jeli karena perawatan mobil-mobil rental tidak sebaik mobil pribadi, justru mobil ini cenderung sering dipakai jarak jauh. Sehingga biarpun harganya murah, pastikan 19 hal diatas sudah anda cek.

Demikian artikel lengkap dan jelas mengenai ciri-ciri mesin diesel yang bagus dan sehat. Semoga bisa menambah wawasan kita dan bermanfaat bagi kita semua.