Pengertian Mesin Bensin, Mesin Diesel, dan Motor Wangkel

Advertisement
Energi tidak dapat diciptakan dan tidak dapat pula dihilangkan, sesuai dengan hukum kekekalan energi menjelaskan bahwa apapun bentuk energi didunia ini tidak dapat diciptakan dan dimusnahkan entah itu energi angin ataupun panas.

Lantas bagaimana dengan mobil ? mobil itu bisa berjalan dengan kecepatan tinggi, dari mana sumber energinya ?

Pada sebuah mobil, kita mengenal adanya komponen mesin atau engine. Engine tidak menyediakan tenaga mobil tapi mengubah suatu bentuk energi ke energi gerak atau dalam hal ini energi putar. Bagaimana mesin bisa melakukan perubahan energi ini ?

Prinsip kerja mesin mobil yakni dengan mengubah energi panas ke energi gerak. Energi panas, diperoleh dari adanya pembakaran didalam mesin yang menggunakan minyak sebagai bahan baku pembakaran. Dari proses pembakaran ini, akan dihasilkan panas yang diubah kebentuk mekanis.

Secara umum, ada dua tipe motor bakar. Yakni;

  • Internal combustion engine, merupakan mesin yang melakukan pembakaran didalam mesin itu sendiri atau secara langsung. Contohnya mesin bensin, mesin diesel dan motor wangkel.
  • External combustion engine, sama prinsipnya tapi pada tipe ini pembakaran dilakukan pada ruang khusus di luar area mesin. Contohnya mesin uap yang melakukan pembakaran pada ruang khusus.


Untuk tipe internal combustion engine merupakan jenis mesin yang paling banyak digunakan saat ini. Malah hampir seluruh kendaraan menggunakan tipe mesin ini. Hal tersebut disinyalir karena tingkat efisiensi dan emisi yang lebih baik.

Motor pembakaran dalam sendiri dibagi lagi menjadi tiga macam,

  1. Mesin Bensin
  2. Mesin Diesel
  3. Mesin/Motor Wankel


Apa penjelasan dan perbedaan masing-masing mesin ? simak ulasan lengkapnya dibawah.

Pengertian Mesin Bensin

img by wikimedia.org

Mesin bensin atau gasoline engine adalah mesin pembakaran dalam yang melakukan pembakaran diruang bakar yang terletak didalam mesin dengan bahan bakar utama bensin. Nikolaus Otto adalah orang yang pertama kali menemukan mesin bensin.

Saat itu mesin ini diciptakan untuk bisa digunakan menggunakan bahan bakar bensin, menyusul semakin maraknya ekspansi kilang minyak. Mesin berbahan bakar bensin, bisa melakukan proses pembakaran didalam ruang mesin karena ada tiga hal. Yakni udara (oksigen) yang dikompresi, bahan bakar berupa bensin, dan api (percikan busi) sebagai pemicu pembakaran.

Karena tiga syarat tersebut terpenuhi maka terjadilah proses pembakaran yang akan menimbulkan panas dan daya expansi. Daya expansi akibat pembakaran inilah yang digunakan untuk menggerakan piston. Bagaimana prinsip kerjanya ? bisa anda simak selengkapnya pada artikel prinsip kerja mesin bensin2 tak dan 4 tak.

Pengertian Mesin Diesel

img by autocar.co.uk

Sementara mesin diesel adalah sebuah mesin pembakaran dalam yang melakukan proses pembakaran dengan bahan baku solar. Untuk mesin ini, ditemukan oleh Rudolf Diesel asal Jerman. Mesin diesel kala itu diciptakan untuk menggantikan mesin uap yang memiliki nilai efisiensi hanya sekitar 10 – 15 % dengan daya yang cukup besar.

Akhirnya, Rudolf Diesel merancang sebuah mesin piston yang dibuat dengan prinsip penginjeksian atau penyemprotan bahan bakar secara langsung ke dalam mesin untuk meningkatkan nilai efisiensinya.

Mesin diesel pada prinsipnya sama seperti mesin bensin. Hanya saja, pada mesin diesel hanya membutuhkan dua material, yakni udara yang dikompresi dan solar selaku bahan bakar. Lantas bagaimana dengan pemicu pembakaran ?

Untuk melakukan pembakaran, mesin diesel tak perlu repot-repot menyediakan busi karena solar akan terbakar akibat temperatur udara yang dikompresi melebihi titik normalnya. Itulah sebabnya mesin diesel juga disebut self ignition engine. Hanya saja tekanan kompresi pada mesin ini melebihi mesin bensin. Karena jika dibuat sama maka temperaturnya tidak cukup membakar solar.

Dari segi efisiensi terbilang cukup baik karena volume udara yang dikompresi menjadi sangat kecil, dan karena langsung diinjeksikan kedalam ruang bakar maka kerugian bahan bakar pun akan teratasi. Inilah kelebihan dari mesin diesel selain tenaganya yang powerful juga bahan bakarnya yang ekonimis. Di artikel berikut anda bisa belajar mesin diesel secara lengkap : Prinsip kerja mesin diesel 4 tak

Pengertian Motor Wankel

img by greencarreports.com

Menurut Wikipedia, mesin wankel atau disebut juga dengan rotary engine adalah mesin pembakaran dalam yang digerakan oleh tekana  yang dihasilkan oleh pembakaran diubah menjadi gerakan berputar pada rotor yang memiliki poros. Dengan kata lain, dalam motor wankel kita tidak akan menemukan piston yang bergerak naik turun.

Hal itu karena mesin ini melakukan pembakaran dengan arah expansi langsung memutar poros output mesin. Sehingga tidak ada mekanisme perubahan arah gerakan. Komponen utama pada motor ini adalah piston yang berbentuk segitiga dan blok mesin yang berbentuk melingkari piston.

Cara kerja rotary engine yaitu piston yang berbentuk segitiga akan berputar pada porosnya, putaran tersebut akan mempengaruhi ruangan diantara piston dan blok (karena bentuk piston yang segitiga) perubahan ruang ini dijadikan sebagai metode melakukan langkah empat tak.

Mesin yang ditemukan Felix Wankel ini memiliki konstruksi yang lebih kecil meski berdaya besar, sehingga banyak digunakan pada mobil-mobil balap. Namun sekarang penggunaan motor wankel tidak terlalu populer karena memiliki efisiensi dan emisi yang buruk. Terakhir Mazda RX-Series yang menggunakan mesin ini.

Demikian artikel lengkap dan jelas mengenai pengertian mesin bensin, mesin diesel dan mesin wankel semoga bisa menambah wawasan otomotif bagi kita.