28 Contoh Mobil Penggerak Roda Depan (FWD)

Advertisement
Sistem penggerak roda depan atau biasa disingkat dengan FWD (Front wheel drive) adalah salah satu powertrain pada kendaraan bermotor yang langsung menyalurkan tenaga mesin yang ada dibagian depan mobil ke roda depan.

Penggerak roda depan digunakan untuk menggantikan sistem penggerak roda belakang atau RWD yang memiliki masalah terkait efisiensi tenaga. Pada RWD akan ada kerugian tenaga akibat perpindahan tenaga yang cukup jauh dari mesin yang terletak didepan mobil menuju roda belakang.

Namun, kehadiran sistem FWD tidak serta merta menghilangkan RWD. Hal ini karena penggerak roda belakang masih memiliki daya maksimal yang lebih bagus dari pada FWD. Sehingga masih banyak digunakan pada mobil-mobil niaga (truk atau bus).

Perbedaan Penggerak roda depan dengan Penggerak roda belakang

img by procarcare.com

1. Konstruksinya beda

Perbedaan dua sistem ini jelas ada di konstruksinya. Penggerak depan atau FWD menggunakan komponen transaxle yang merupakan gabungan antara transmisi dan diferential yang outputnya langsung terhubung ke front drive axle.

2. Posisi mesinnya beda

Penggerak roda depan, karena arah tenaganya memanjang ke belakang maka posisi mesin juga memanjang. Posisi ini jelas membutuhkan ruang mesin yang cukup lebar, namun dibagian samping mesin cenderung lebih longgar.

Sementara pada FWD, aliran tenaga segaris dengan poros roda sehingga mesin bisa diletakan melintang. Posisi seperti ini tidak memerlukan ruang mesin yang cukup luas, karena mesin bisa masuk dengan posisi horizontal, sehingga cocok untuk mobil-mobil mini.

3. Drive axle juga beda

Pada RWD karena yang digerakan roda belakang (tidak berbelok-belok) maka axle dari gardan bisa langsung dihubungkan ke wheel bearing. Tapi pada penggerak roda depan karena roda depan juga sebagai roda pengemudian maka minimal ada dua buah flexible joint pada drive axle yang dapat menyesuaikan sudut putar terhadap posisi roda.

Kalau dilihat perbedaannya diatas, maka bisa disimpulkan. Sistem penggerak roda depan, cocok digunakan untuk mobil-mobil berukuran menengah ke kecil yang umumnya memiliki mesin dibawah 1.500 cc agar tenaga outputnya bisa maksimal.

Sementara untuk ketahanan sendiri, masih lebih baik RWD. Oleh karena itu truk atau mobil berbobot lebih memilih penggerak roda belakang.

Apa saja contoh mobil yang menggunakan pengerak roda depan ?

img  by carscoops.com

Umumnya, sistem FWD ini diterapkan pada semua LCGC dan Hatch back, MPV dan beberapa medium SUV. Pada daftar dibawah sudah kami rangkum 28 mobil yang menggunakan penggerak roda depan.

  1. Suzuki Ertiga
  2. Suzuki Ignis
  3. Suzuki Karimun wagon
  4. Suzuki Baleno
  5. Suzuki Swifth
  6. Suzuki SX4
  7. Toyota Agya
  8. Toyota Calya
  9. Toyota Yaris
  10. Daihatsu Sigra
  11. Daihatsu Ayla
  12. Chevrolet Spin
  13. Chevrolet Captiva FWD
  14. Chevrolet Aveo
  15. Chevrolet Trax
  16. Chevrolet Orlando
  17. Nissan Grand Livina
  18. Nissan March
  19. Nissan Juke
  20. Datsun Go
  21. Datsun Go +
  22. Honda Mobilio
  23. Honda HRV
  24. Honda Jazz
  25. Honda Brio
  26. Honda BRV
  27. Mitsubishi Xpander
  28. Mitsubishi Mirage

Selain daftar diatas, tentunya masih ada dan banyak lagi mobil-mobil FWD yang belum kami sebutkan. Data diatas diambil untuk mobil-mobil yang sering digunakan di Indonesia atau dengan kata lain mobil-mobil terlaris di Indonesia.

Sementara jika kita bicara di dunia, mungkin lebih dari 300 jenis mobil yang memakai sistem penggerak roda depan.

Demikian artikel lengkap dan singkat mengenai contoh mobil penggerak roda depan (FWD). Semoga bisa menambah wawasan kita dan bermanfaat bagi kita semua.