Kapasitas Oli Grand New Avanza Bertambah 0,5 Liter

Advertisement
Oli Avanza Berapa Liter – Seperti yang kita ketahui, Toyota Avanza menngeluarkan varian terbaru dengan tajuk Grand New Avanza. Selain dari desain body yang mengalami perubahan, sektor mesin juga mengalami perubahan total. Meski kapasitasnya tetap sama tapi seluruh komponennya sudah mengalami perombakan. Lantas bagaimana dengan kapasitas oli mesinnya ? apakah sama ?

Sebelumnya pada seri Avanza sebelum ini, menggunakan dua tipe mesin yakni K3 dan 3SZ-VE yang memiliki kapasitas 1.3 dan 1.5 L. Oli yang dibutuhkan total sekitar 3 liter. Jadi apabila anda memiliki Avanza dengan tipe ini maka oli yang diperlukan yakni sekitar 3 liter beserta oil filter. Sementara tanpa mengganti oil filter hanya sekitar 2,7 Liter.

berapa liter ganti oli avanza

Sementara pada Grand New Avanza dan Grand New Veloz sudah menggunakan mesin dengan tipe 1NR-VE dan 2NR-VE yang juga berkapasitas 1.3 dan 1.5 L. Mesin ini memiliki kapasitas oli yang bertambah besar. Dilansir dari laman tribunnews.com, Technical service Toyota Astra Motor Abdurrahman menyatakan bahwa kapasitas oli mesin Avanza baru bertambah 0,5 liter.

Salah satu penyebab mengapa kapasitas oli ini bertambah karena ada teknologi Dual VVTi pada mesin Avanza baru ini. Teknologi VVTi menggunakan oli mesin untuk menekan VVTi actuator agar bisa bergeser, sehingga pada dual VVTI ada dua buah actuator yang memerlukan oli mesin lebih banyak.

Sehingga yang awalnya 3,5 liter untuk mengganti olinya, sekarang dibutuhkan 4 liter full untuk memenuhi kapasitas oli New Avanza. Tetapi, anda jangan khawatir karena meski bertambah setengah liter tidak berarti anda harus menambah untuk membeli satu liter lagi.

Ini karena pada mesin Avanza sebelumnya yang memiliki kapasitas oli 3,5 liter juga anda diwajibkan untuk membeli 4 liter oli saat melakukan penggantian. Sementara sisa 0,5 liter yang tidak terisi akan diserahkan kepada anda. Jadi jangan heran kalau pada mesin Avanza baru ini tidak ada sisa oli yang diberikan ke anda.

Untuk spesifikasi olinya juga mengalami perbedaan. Oli mesin Avanza baru lebih encer dibandingkan dengan oli mesin versi sebelumnya. SAE dari oli mesin Avanza baru ini 0W-20.
kapasitas oli mesin grand max

Seseuai rekomendasi dari TAM anda bisa menggunakan oli dengan jenis

  • Toyota motor oil (TMO) SAE 0w-20
  • TMO Full synthetic 0W-20 Eco Power yang memiliki API SN dan ILSAC GF-5
  • TMO 10W-40
  • Fastron Gold 0W-20 yang memiliki harga lebih rendah, tapi bahan aditive pada oli ini berbeda dengan oli rekomendasi dari TMO.


Pemilihan oli disesuaikan dengan kondisi mesin anda, secara sederhana semakin rendah SAE maka semakin encer olinya. Oli encer bisa meningkatkan performa mesin sehingga cocok untuk mobil-mobil terbaru tapi untuk mobil yang sudah berumur diatas 5 tahun lebih baik menggunakan oli yang lebih kental (10w-40).

Ini karena oli encer kurang baik dalam hal pelumasan dibandingkan oli kental, untuk mesin yang berumur komponennya sudah banyak yang aus sehingga kalau menggunakan oli encer akan menimbulkan suara berisik pada mesin.

Berapa Biaya Ganti Oli Mesin New Avanza


Kita anggap, kita pakai oli rekomendasi yakni TMO 0W-20 yang memiliki harga sekitar 165 ribu rupiah per liternya. Dikalikan 4 liter maka untuk olinya saja anda perlu biaya 660 ribu hanya untuk oli mesinnya. Untuk filter oli kita anggap harganya 40 ribu jadi biaya Oli + Filter berkisar Rp. 700.000.

Masih ada tambahan biaya lagi jika anda mengganti oli tersebut di bengkel. Ada jasa yang perlu anda bayarkan, misal jasa ganti oli itu 50 ribu maka setidaknya untuk satu kali pengantian oli mesin bisa memakan total biaya 750 ribu rupiah.

Untuk intervalnya juga sama yakni sekitar 5.000 sampai 7.000 KM untuk mengganti oli mesin. Ganti juga filter oli setiap anda mengganti oli karena filter oli yang kotor akan mengotori oli baru yang dituangkan didalam mesin.

Mengapa harga oli baru ini lebih mahal ?


Dibandingkan oli sebelumnya yang memiliki SAE 10W-40 harganya jauh, oli sebelumnya dihargai sekitar 80 sampai 100 ribu perliter. Sementara oli baru ini bisa tembus 165 ribu (bahkan di toko online bisa lebih dari 200 ribu perliternya). Salah satu hal yang membuatnya lebih mahal karena oli ini lebih encer dan termasuk Full Synthetic oil.

Untuk membuat pelumas dengan SAE mencapai 0w perlu zat aditive tertentu dan tidak bisa dilakukan dengan oli mineral (harus dengan Full sythetic oil). Sehingga harga yang dikeluarkan juga lebih mahal, tapi kualitasnya jangan khawatir karena oli dengan multi grade rendah memiliki kualitas yang cukup baik.

Sementara perawatan lainnya secara umum masih sama seperti Avanza sebelumnya, beberapa service dan penggantian komponen yang dilakukan pada Grand New Avanza ini antara lain ;
  • Penggantian filter udara setiap 20.000 KM
  • Penggantian filter kabin/filter AC setiap 30.000 KM
  • Penggantian filter bahan bakar setiap 20.000 KM
  • Penggantian oli transmisi matic (ATF) setiap 80.000 KM
  • Penggantian oli transmisi manual setiap 80.000 KM
  • Penggantian engine coolant (air pendingin) setiap 160.000 KM

Demikian artikel lengkap dan jelas mengenai jadwal service dan penggantian oli mesin Avanza Veloz. Semoga bisa menambah wawasan kita dan bermanfaat bagi kita semua.