Modifikasi Velg Suzuki Ignis, Bolehkah Pakai Velg Besar ?

Advertisement
Modifikasi Suzuki Ignis – Sebagai SUV, sudah menjadi identitas rasanya untuk memiliki ban berukuran besar. Karena itu akan mengesankan rasa khas SUV yang memiliki kaki-kaki kokoh. Begitu pula dengan mini SUV besutan Suzuki yang meluncur beberapa bulan yang lalu.

Tapi ada pertanyaan yang masih memusingkan pemilik Ignis, memang mobil ini masuk dalam model Sport Utility Vehicle tapi dilihat ukurannya cukup kecil. Apa bisa kita jejali dengan velg berukuran besar ? untuk menemukan jawabannya simak ulasan dibawah.

Suzuki Ignis adalah sebuah mobil berplatform mobil low cost yang menyasar pecinta SUV. Dengan ukuran serta harganya yang terbilang mini, mobil ini dengan cepat menarik minat konsumen khususnya konsumen perkotaan.

Ini mengikuti dari tren sebelumnya dimana mobil-mobil LCGC yang dihargai sekitar 150 jutaan kebawah sangat mendapat perhatian publik. Tapi Ignis ini beda, dia tidak seperti LCGC umumnya. Meski mesin dan bodynya kecil tapi desain dan tampilannya layak dipanggil SUV.

Salah satu obyek modifikasi yang pertama kali diperhatikan adalah Velg atau Rims. Komponen ini mudah untuk dimodifikasi karena semua orang bisa melakukannya dengan pilihan model apapun. Selain itu jika sudah menemukan model Velg yang klop maka penampilan mobil bisa terlihat jauh lebih menarik meski tidak ada aksesoris lain dibodynya.

Tapi velg-velg after sales umumnya diperuntukan untuk mobil-mobil MPV dan medium SUV keatas yang memilki velg standar 16 hingga 17 inch. Bagaimana dengan Ignis yang hanya dibekali Velg berukuran 15 Inch ?

Dilansir dari otomotifnet.com, Sukmono dari Planet Ban BSD Tanggerang menyatakan “mengganti velg Ignis bisa saja asal ada syaratnya”.
 
modifikasi suzuki ignis Velg DWS R17


“Pertama, jika ingin pake velg yang lebih maksimal peningkatannya 2 step dari ukuran standar 15 Inch, yakni 17 inchi. Dengan velg segitu, lebar velg tidak boleh melebihi 7 inchi terutama dibagian depan”. Lanjutnya.

Dia menambahkan “jika terlalu lebar, selain ban akan luber nanti saat belok steer bisa patas terus bagian dalam akan mentok bagian spatboard dan sockbreaker. Kalau pakai velg 17 inchi cari yang lebarnya 7 inchi saja dengan ukuran ban 205/45-R1 dibagian depan, sementara untuk belakang masih aman pake 7,5 inchi”.

Jadi sudah jelas, untuk melakukan modifikasi velg Suzuki Ignis bisa anda lakukan asal maksimal ukuran velg yang dipakai itu tidak melebihi 17 x 7 inchi. Namun jika anda menggunakan mobil ini sebagai mobil sehari-hari anda, ada resiko yang bisa muncul.

Semakin lebar tapak ban (karena lebar velg semakin lebar) akan menambah luas penampang ban yang menyentuh permukaan jalan. Akibatnya stabilitas mobil jauh meingkat namun berat mobil akan bertambah pula. Sehingga dengan mesin yang sama mungkin ada sedikit penurunan top speed dan pemborosan BBM.

Selain itu, penggunaan velg yang terlalu besar ini akan merusak bagian chasis dan suspensi. Seperti yang diutarakan diatas, bagian tie rod sebagai lengan steering akan mengalami kerusakan lebih dulu. Akibatnya akan timbul suara tek-tek jika dipaksakan.
 
modifikasi suzuki ignis Velg HSR R16
Idealnya, pakai velg 16 inchi untuk menemukan keseimbangan antara performa, keawetan komponen dan style.

Berapa Harga Velg Variasi Suzuki Ignis ?



Untuk harga tentunya bervariasi tergantung merk dan model velg yang akan anda pilih. Umumnya untuk velg-velg merk premium seperti HSR, Enduro bisa mencapai 2 juta rupiah per setnya.

Untuk lebih jelasnya anda bisa langsung mendatangi gerai velg dikota anda.

Selain dari kakinya, apalagi yang cocok dimodifikasi untuk Ignis ?

Tentu untuk urusan modifikasi, ada banyak obyeknya. Selain di kaki, yang populer mendapatkan sentuhan modifikasi angtara lain dibagian berikut ;
  • Spoiler belakang
  • Body sticker
  • Talang air



Sisanya, tinggal kreatifitas anda yang menentukan bagaimana modifikasi suzuki ignis yang terbaik. Demikian artikel lengkap dan jelas mengenai ukuran velg Suzuki Ignis yang diperbolehkan. Semoga bisa menambah wawasan kita dan bermanfaat bagi kita semua.