Harga Oli Pertamina Prima xp 20w 50 & 10W-40 Untuk Motor

Advertisement
Salah satu oli sepeda motor yang paling banyak diminati di Indonesia adalah oli Prima XP yang berasal dari perusahaan lokal Pertamina. Oli Pima XP sendiri banyak diminati pemilik motor karena dari segi harga bisa dibilang murah. Berapa harganya ? simak ulasan di bawah

Oli mesin memang sangatlah diperlukan pada kendaraan bermotor, karena pada mesin oli ini bertugas sebagai pelumas. Kita tahu kalau didalam mesin semua komponen itu berbahan logam dan saling bergesekan. Oleh sebab itu, oli diperlukan agar gesekan tiap komponen tidak memakan banyak wear out.

Tapi kita tidak cukup hanya menuangkan oli mesin ke mesin saja, namun kita juga perlu melakukan perawatan. Perawatan yang dilakukan yang paling mudah adalah dengan mengganti oli tersebut secara rutin.

Mengapa oli motor perlu diganti ?


Ini berdasarkan keadaan didalam mesin ketika bekerja. Saat mesin bekerja, semua komponen akan bergesekan dengan intensitas yang tinggi. Namun, bukan hanya gesekan saat langkah pembakaran terjadi maka panas serta deposit juga bisa mencampuri oli mesin. Dan itu berlangsung secara berulang-ulang sehingga lama kelamaan kualitas oli berkurang.

Oleh sebab itulah penggantian oli mesin harus terus dilakukan selama kendaraan digunakan. Lantas berapa harga oli Prima XP selaku oli berkualitas untuk motor ?


  • Pertamina XP 20W-50 Rp. 35.000,-/Liter
  • Pertamina XP 10W-40 Rp. 40.000,-/Liter
Baca pula ; Daftar harga oli Pertamina Fastron lengkap

Pertamina Prima XP memang hanya ada dua jenis yakni yang tertera diatas. Secara umum, keduanya memiliki kesamaan zat aditive. Hanya saja yang membedakan itu viscosity indexnya. Pertamina XP 10W-40 memiliki harga yang lebih mahal karena memiliki Viscosity lebih rendah/lebih encer.

Sehingga mendukung mesin bekerja pada suhu yang dingin, namun karena oli ini juga masuk ke multi grade oil jadi bisa dipakai pada motor saat berada pada suhu panas. Hanya saja dibatasi sampai 40 SAE.


Terus Apa Saja Kelebihan Oli Prima XP ?

  • Memiliki Detergent Dipersant, ini adalah zat additive yang digunakan sebagai pembilas. Dalam hal ini, kerak dan karbon yang dibilas oleh oli sehingga permukaan komponen mesin tetap bersih.
  • Dilengkapi Anti-Oksidasi, oksidasi adalah proses pengaratan suatu logam akibat bereaksi dengan oksigen. Namun karena ada zat anti-oksidasi atau bahasa lainnya anti karat maka permukaan komponen berbahan logam yang dilapisi akan terbebas dari karat meski tidak digunakan.
  • Memiliki VII (viscosity index improver), seperti yang kita bahas diatas ini adalah zat aditive agar oli memiliki kekentalan yang bervariasi atau multo grade. Sehingga baik pada suhu rendah maupun tinggi.

Selain tiga hal diatas, oli Prima XP juga sudah memiliki licensi API SJ/CF yang artinya cocok untuk mesin sepeda motor kekinian dengan mesin DOHC atau twin cam dan mesin-mesin terdahulu dengan spek API SH.

Baca pula ; Daftar harga oli Federal untuk motor

Berapa Km Oli Motor Perlu Diganti ?


Penggantian oli motor itu penting, namun penggantian ini haruslah dilakukan sesuai interval KM penggantian. Apabila melewati interval maka ada resiko yang harus anda tanggung, yakni mesin menjadi lebih cepat panas dan proses pelumasan mesin turun.

Untuk sepeda motor, memang berbeda tiap merk namun rata-rata motor harus ganti setidaknya tiap 3.000 Km. Angka ini terbilang sudah cukup jauh, mengingat pada motor bebek oli mesin bukan hanya melumasi bagian mesin tetapi juga melumasi bagian gearbok. Sehingga proses perubahan kualitas oli juga berlangsung lebih cepat.

Demikian artikel singkat mengenai harga oli Pertamina Prima XP 10W-40 dan 20W-50. Semoga bisa menjadi referensi dan bermanfaat bagi kita semua.