Knalpot Motor Nembak, Ini 4 Penyebab + Solusinya Tanpa Ke Bengkel

Advertisement
Suara pembakaran mesin, memang terdengar seperti dentuman. Tetapi suara itu sudah diredam oleh mufler pada sistem exhaust. Hanya saja sering kita jumpai ada suara mirip tembakan yang memekakan telinga keluar dari knalpot.

Suara itu tidak hanya mengganggu pendengaran kita, tetapi juga mengagetkan kita juga orang lain. Lantas, apa penyebab knalpot motor bisa nembak ?

Penyebab Knalpot Motor Nembak dan Cara Mengatasinya

Suara mirip tembakan atau ledakan yang keluar dari dalam knalpot disebut juga afterburn. Afterburn adalah sebuah kejadian dimana air fuel mixture (afm) yang seharusnya terbakar didalam ruang bakar justru terbakar didalam muffler sehingga suara pembakaran ini terdengar cukup jelas.

Pembakaran yang terlambat ini bisa disebabkan oleh beberapa hal antara lain ;

1. Busi motor kotor

Yang pertama, faktor busi sebagai pemantik api sangat mempengaruhi after burn ini. Dalam kondisi normal, afm dikompresi dan saat mencapai akhir langkah kompresi busi menyala sehingga terjadilah pembakaran yang terjadi secara serentak.

Tetapi kalau busi itu kotor dalam artian elektroda busi tertutup kotoran (carbon/deposit) ini bisa menyebabkan adanya hambatan bagi arus listrik dari dalam elektroda. Sehingga api yang terbentuk itu jauh lebih kecil dan tidak center lokasinya.

Ini menyebabkan pembakaran tidak terjadi secara serentak. Sehingga terjadilah afterburn yang megeluarkan suara dentuman yang terkadang juga sangat mengagetkan.

Baca pula : Cara mudah cek kondisi busi apa perlu diganti atau masih bagus

2. Ada banyak deposit didalam ruang bakar

Deposit atau kerak ini disebaban oleh pembakaran yang berlangsung kurang sempurna. Perlu diketahui pada motor yang masih menggunakan sistem bahan bakar karburator (konvensional), tidak semua pembakaran berlangsung secara sempurna.

Ada beberapa pembakaran yang tidak sempurna karena busi, atau air fuel mixture yang tidak ideal. Hasil dari pembakaran tidak sempurna itu adalah deposit yang mengendap didalam ruang bakar.

Tentu ini akan mengganggu proses kompresi mesin, sehingga ketika langkah pembakaran tiba tidak semua afm ikut terbakar. Ada afm yang belum terbakar dan keluar ke exhaust dan karena suhu muffle itu tinggi, afm tersebut terbakar.

Kejadian ini biasa terjadi ketika kita gas motor lalau muncul suara tembakan.

3. campuran bensin terlalu kaya


AFM yang tidak ideal bukan hanya menyebabkan pembakaran tidak sempurna, tetapi pada kondisi tertentu misal pada RPM tinggi juga ada beberapa gram bensin yang tidak ikut terbakar. Ini dikarenakan saat RPM tinggi, piston bergerak dengan kecepatan yang tinggi sehingga langkah pembakaran terjadi secara sekejap.

Namun karena volume bensin itu lebih banyak dari biasanya, maka pembakaran belum selesai ketika piston beralih ke langkah buang. Akhirnya pembakaran itu sampai pada ekhaust dan meninggalkan suara letupan yang cukup mengganggu.

Perbandingan bensin yang telalu kaya ini bisa disebabkan oleh beberapa hal seperti berikut ;

  • Ukuran pilot jet/main jet terlalu besar 
  • Filter udara kotor 
  • Keausan jarum skep 
Selengkapnya Cara setting karburator motor dengan benar

4. Packing knalpot yang tidak rapat


Semua komponen mesin yang berhubungan dengan gas dan fluida pasti akan dilengkapi dengan packing. Packing adalah komponen tipis yang lunak tapi kuat yang dipakai untuk merapatkan dua komponen yang memiliki material padat.

Fungsi packing pada knalpot adalah untuk merapatkan hubungan antara leher knalpot dengan saluran exhaust dari kepala silinder mesin. Sehingga gas exhaust dari dalam mesin bisa disalurkan ke muffler dengan sempurna.

Tetapi kalau packing ini bocor, maka yang terjadi gas sisa pembakaran bisa juga keluar dari leher knalpot. Dan tidak hanya gas sisa pembakaran, tetapi suara pembakaran yang seharusnya di redam didalam muffler juga keluar dari leher knalpot.

Sehingga suara pembakaran tidak teredam dan hasilnya, berupa suara nembak yang berlangsung beberapa kali.

Ini biasa terjadi ketika deselerasi atau ketika kita lepas gas dan melakukan engine brake. Alasannya ketika engine brake, dorongan piston menjadi lebih kuar karena mendapatkan dorongan balik dari roda. Sementara itu timming pengapian sudah dimundurkan seperti aslinya.

Sehingga terjadi pembakaran yang tidak pada waktunya, atau dengan kata lain pembakaran ini belum selesai ketika piston sedang langkah exhaust.

Bagaimana cara mengatasi knalpot nembak ?


Untuk mengatasi knalpot nembak, sebenarnya cukup mudah. Gejala ini bukanlah masalah yang serius melainkan menjadi tanda bahwa motor anda sudah lama sekali tidak diservis dan perlu diservis dengan segera.

  1. Anda juga bisa melakukan service ini sendiri dengan mengecek beberapa komponen berikut ; 
  2. Bersihkan filter udara untuk menghilangkan debu yang menyumbat di permukaan filter, sehingga aliran udara lancar dan AFM kembali ideal. 
  3. Bersihkan busi motor menggunakan amplas agar kotoran/carbon bisa hilang dari elektroda busi. Cek juga celah busi agar tidak terlalu renggang, set celah busi sekitar 0.8 mm menggunakan feeler gauge. 
  4. Bersihkan ruang bakar menggunakan carbon cleaner yang bisa anda dapatkan pada toko spart part motor. Pembersihan ini akan meluruhkan semua carbon dan deposit didalam ruang bakar sehingga ruang bakar bersih dan pembakaran tidak lagi terganggu. 
  5. Lakukan pembongkaran karburator, ini mungkin langkah yang paling sulit karena perlu keahlian dan ketelitian. 
  6. Pada langkah ini sebenarnya kita mengecek pilot jet dan jarum skep apakah pilot jet yang dipakai itu sesuai standar. Karena banyak motor yang mengganti pilot jet untuk mendapatkan performa lebih tinggi. 
  7. Jangan lupa juga melakukan penyetelan karburator agar RPM langsam mesin bisa stabil. 
  8. Terakhir cek baut pengikat knalpot, baut ini jarang dicek sehingga ada potensi baut yang macet. Kalau knalpot masih rapat, maka ini bukanlah masalah. Tetapi apabila packing knalpot longgar maka kita perlu mengencangkan baut packing. 
  9. Untuk mengencangkan baut ini kita hanya memerlukan kunci ring. Namun kalau baut ini keras, maka hati-hatilah baut bisa putus dan membuat packing knalpot menjadi lebih longgar. 
  10. Cara amanya, adalah dengan melepas lebih dahulu baut knalpot lalu cek packingnya. Apabila sudah packing tipis dan tidak rata maka ganti dengan yang baru. Pastikan juga anda melepas baut knalpot ini saat mesin sudah dalam posisi dingin. 

Selain dari 4 hal diatas, ada satu lagi penyebab knalpot motor nembak. Intake manifold yang retak/bocor juga bisa berpotensi menimbulkan suara ledakan pada muffler. Ini karena posisi kebocoran terletak setelah katup gas sehingga dapat mempengaruhi AFM.

Solusinya, kita perlu menambal intake yang mengalami keretakan/kebocoran tersebut. Kita bisa memakai lem, epoxy, atau resin untuk menambal ini.

Lalu untuk motor injeksi, bagaimana solusinya ?

Motor injeksi tidak lagi menggunakan sistem karburasi manual. Motor ini sudah menggunakan injektor untuk menyuplai bensin ke didalam intake manifold. Jadi kalau gejala knalpot nembak ini muncul pada motor injeksi anda, maka langkah perbaikannya ;

  • Cek busi, dan bersihkan.
  • Periksa kondisi knalopot, apakah ada yang bocor atau tidak.
  • Kalau masalahnya ada di campuran udara dan bahan bakar (AFM), maka harus dilakukan remapping atau program ulang ECU.


Demikian artikel lengkap dan jelas mengenai cara mengatasi knalpot nembak pada motor semoga bisa menambah pengetahuan kita dan bermanfaat bagi kia semua.