Motor Matic Berasap Putih ? Cek 4 Penyebab Berikut Ini

Advertisement
Motor berasap putih, menjadi salah satu masalah yang sering kita temui pada motor-motor khususnya yang telah berumur lebih dari 5 tahun.

Apa penyebabnya ?

Ada banyak, kita telah membahas penyebab motor keluar asap putih pada artikel sebelumnya. Nah di artikel ini, akan kita bahas lebih spesifik mengenai penyebab motor matic berasap putih.

Penyebab Motor Matic Keluar Asap Putih


Hal utama yang membuat knalpot motor matic anda mengeluarkan asap putih, itu dikarenakan adanya oli yang terbakar didalam ruang bakar. Ini seperti oli samping pada motor dua tak.

Kalau kita lihat motor dua tak juga mengeluarkan asap putih, namun itu wajar karena asap tersebut berasal dari oli samping sebagai pelumas ruang bakar.

Sementara pada motor matic yang kebanyakan menggunakan mesin 4 tak, harusnya tidak ada oli didalam ruang bakar. Mengenai asap putih, itu bisa ditimbulkan oleh beberapa hal seperti berikut ini ;

1. Motor berasap putih disertai susah start disebabkan Ring piston aus.

Ring piston adalah komponen yang berfungsi merapatkan celah antara piston dan silinder. Tujuan dari ring pistob ini sebenarnya untuk mencegah terjadinya kebocoran kompresi saat piston melakukan langkah kompresi.


Ini karena diameter piston itu jauh lebih kecil dibandingkan diameter silinder. Kalau kita masukan piston kedalam silinder maka piston bosa oblak didalam silinder. Namun berkat adanya ring piston maka pistoj jadi tidak oblak dan celahnya bisa rapat.

Kalau perapat ini aus, otomatis celah celah antara piston dengan silinder akan lebih lebar. Hal ini bukan hanya berimbas pada tekanan kompresi yang turun, tapi oli yang ada dibawah piston juga akan masuk kedalam ruang bakar melewati celah ini dan terbakar ketika busi menyala.

Sehingga timbul asap putih yang keluar dari knalpot. Mengapa ring piston bisa aus ?

Ring piston itu berbahan logam, sementara silinder juga berbahan logam. Dalam proses kerjanya, kedua komponen ini akan saling bergesekan. Sehingga lama kelamaan salah satu komponen pasti akan kalah.

Inilah yang dimaksud dengan keausan ring piston. Dimana bagian samping ring terkikis akibat gesekan dengan silinder.

Biasanya ada gejala lain yang mengikuti masalah ini, seperti mesin yang susah dihidupkan dipagi hari dan tenaga motor yang ngempos karena tekanan kompresi turun.

2. Selain ring piston aus, silinder mesin yang aus juga bisa menjadi penyebab hal serupa

Masih membahas tentang ring piston, kalau ternyata bahan silinder lebih lemah dibandingkan bahan ring piston, maka silinder yang akan kalah. Akibatnya silinder mesin yang mengalami keausan.

Silinder yang aus, itu diameternya menjadi lebih besar. Sehingga secara otomatis celah antara piston dan silinder juga akan menjadi lebih besar.

Akibatnya tekanan kompresi turun serta oli bisa masuk ke ruang bakar melalui celah tersebut.

Gejala seperti mesin susah start dan motor tidak kuat nanjak menjadi gejala yang selalu mengikutinya kalau silinder mesin aus.

3. Motor matic berasap putih pas digas, seal klep bocor

Klep atau katup digunakan untuk membuka dan menutup saluran manifold munu mesin. Katup ini digerakan oleh serangkaian mekanisme katup didalam kepala silinder.

Sementara seal klep, digunakan untuk mencegah oli keluar dari kepala silinder menuju manifold ketika katup beroperasi.

Seal ini terbuat dari karet, sehingga meski cukup baik untuk merapatkan celah namun komponen ini cukup rentan rusak. Contohnya, karena panas mesin, seal bisa getas. Yang membuatnya pecah dan oli bocor.

Kalau oli bocor ke dalam intake manifold, otomatis oli tersebut akan ikut masuk kedalam mesin. Karena semua yang ada didalam intake akan dimasukan ke ruang bakar mesin.

Tapi kalau oli bocor ke exhaust manifold, oli tersebut akan keluar dari knalppot kalau suhu mesin masih dingin. Kalau suhu mesin panas, maka oli akan terbakar oleh panasnya suhu gas buang didalam knalpot. Sehingga tetap mengeluarkan asap putih.

Biasanya kerusakan seal klep ini, ditandai dengan keluarnya asap putih pas digas atau RPM tinggi. Ini karena ketika motor digas, RPM mesin meningkat, pergerakan katup juga semakin cepat dan tekanan oli juga semakin besar.

Sehingga oli bisa menetes keluar melalui seal katup.

4. Packing silinder bocor juga bisa, kalau ada gejala seperti suara kasar

Gasket atau packing kepala silinder adalah komponen yang digunakan untuk merapatkan kepala silinder dan blok silinder. Fungsi utamanya, sebagai perapat agar tidak terjadi kebocoran kompresi.

Namun, karena jalur oli juga melewati bagian ini maka packing kepala silinder juga berguna sebagai perapat jalur oli dari blok mesin ke kepala silinder.

Kerusakan yang terjadi pada packing biasanga keretakan, keretakan ini memang tidak bisa dideteksi karena lokasinya ditengah kepala silinder dan blok silinder.

Namun kalau hal itu terjadi, oli dari jalur oli bisa mengalir mengikuti alur keretakan dan mungkin jalur keretakan tersebut sampai ke ruang bakar. Sehingga oli bisa masuk ke ruang bakar dan ikut terbakar.

Biasanya gejala lain yang mengikuti adalah suara kasar seperti ngobos yang kurang nyaman didengar. Serta ada gejala loss power juga karena tekanan kompresi pasti drop.

Bagaimana cara mengatasi motor matic berasap putih ?

Untuk menghilangkan asap putih dari knalpot motor matic anda, pertama cari tahu dulu dimana letak kerusakaannya.

Inilah yang jadi masalah, karena masalah ini kebanyakan penyebabnya berada didalam komponen inti mesin maka kita perlu alat-alat khusus untuk mendeteksinya.

Sehingga lebih tepat kalau anda mempercayakan hal ini kepada orang yang berkompeten, bawa ke bengkel kepercayaan anda untuk mendeteksi lokasi kerusakan.

Kalau sudah ketemu, tinggal ganti dan masalah beres.

Demikian artikel lengkap dan singkat mengenai penyebab motor matic keluar asap putih. Semoga bisa menambah wawasan kita semua.