7 Cara Ampuh Melindungi Mesin Mobil Dari Tikus

Advertisement
Banyak pemilik mobil yang mengeluhkan tikus yang selalu masuk ke dalam ruang mesin. Bukan hanya satu dua kali tapi hampir tiap malam ruang mesin mobil kita digunakan sebagai kamar bagi si tikus. Lantas bagaimana cara mengatasinya ?

Tikus yang masuk ke bagian mesin mobil pastinya bukan tanpa sebab. Semakin terbataanya lahan parkir membuat pemilik mobil memarkirkan mobilnya disembarang tempat asal muat,

Bisa saja dipinggir jalan, pinggir selokan atau dipinggir kali. Itu semua adalah habitat dari tikus. Sehingga wajar jika anda selalu menemukan kotoran tikus didalam ruang mesin. Malahan ada beberapa orang yang cuek dan tidak tahu kalau mobilnya sudah menjadi sarang tikus sejak lama.

Ciri mobil yang kemasukan tikus

  • Ada benda-benda asing atau daun didalam ruang mesin yang anda sendiri tidak meletakannya
  • Bau yang cukup khas apabila kita buka kap mesin (beberapa kasus bau ini bisa masuk ke kabin)
  • Banyak kotoran tikus yang tersebar di sudut-sudut ruang mesin.


Separah apapun kondisinya, kita harus mencegah hal semacam ini karena hal-hal sepele ini bisa memicu terjadinya kerusakan yang fatal.

Resiko apabila tikus masuk ke ruang mesin

  • Kabel putus, kabel barang elektronik dirumah saja sering menjadi korban tikus. Apalagi kabel diruang mesin yang cukup banyak. Kalau kabel sampai terkelupas bisa menimbulkan korsleting listrik.
  • Selang radiator bocor, selain kabel selang radiator juga kadang menjadi sasaran tikus. Kalau selang radiator bocor otomatis pendinginan mesin akan terganggu, akibatnya mesin bisa kepanasan.
  • Bau yang menyengat, terkadang bau kotoran tikus ini bisa masuk ke kabin melalui ventilasi AC. Sehingga cukup mengganggu kenyamanan pengguna.
  • Mesin sangat kotor dan terkesan tidak terawat


Tentu anda semua tidak mau kalau hanya gara-gara tikus mesin jadi korslet yang berpotensi menimbulkan kebakaran. Oleh karena itu dibawah akan kita bahas 7 langkah mudah plus ampuh untuk mencegah tikus masuk ke ruang mesin.

Cara mencegah tikus masuk kemesin

img by aaanimalcontrol.com

1. Sebar kapur barus/kamper didalam ruang mesin

Kapu barus atau kamper menjadi cara paling mudah untuk mengusir tikus dari area manapun, tak terlepas hanya di ruang mesin namun kalau tikus ini masuk ke kabin juga bisa diusir menggunakan cara ini.

Kapur barus atau kamper sebanarnya bersifat prefentif. Ini karena bau dari kapur barus ini cukup khas, kita pasti familiar dengan bau ini.

Ternyata hewan seperti serangga dan tikus tidak menyukai aroma menyengat dari kapur barus ini. Sehingga ketika tikus hendak memasuki ruang mesin, tikus akan kembali lagi karena mencium aroma kapur barus.

Cukup taburkan kamper atau kapur barus ini ke seluruh bagian-bagian mesin yang sebelumnya banyak ditemui kotoran tikus.

Pastikan juga anda menaburkannya dengah rata, karena kalau tidak tikus hanya akan berpindah tempat dari sudut satu ke sudut lainnya.

2. Semprotkan cairan anti tikus didalam ruang mesin

Kalau kita memiliki alergi terhadap bau-bauan kapur barus, kita bisa memanfaatkan sprayer pengusir tikus. Anda bisa menggunakan bahan-bahan pengusir tikus, atau anda juga bisa menggunakan pengharum ruangan.

Perlu dicatat, tikus tidak menyukai bau-bauan wangi yang menyengat. Namun cara ini ditengarai hanya bersifat sementara, karena efek zat cair ini akan hilang dengan segera begitu mesin dihidupkan.

Untuk itu, kita masih memerlukan bahan lain. Yakni kain perca atau kain bekas apapun kalau bisa yang mampu menyerap cairan.

img by team-bhp.com

Caranya, semprotkan sprayer ke kain hingga kain tersebut basah. Lalu ikatkan atau selipkan kain tersebut ke area mesin yang dicurigai sering disinggahi tikus.

Kalau bisa hindari meletakan kain ini didekat blok mesin. Karena kain bisa langsung kering begitu terkena panas mesin. Tapi anda bisa meletakannya disela filter udara atau melilit kain ke selang AC.

Selain sprayer aromati, menurut kabar yang beredar buah mengkudu juga bisa dijadikan pengusir tikus. Caranya sama, basahi kain dengan perasan buah mengkudu. Namun karena buah ini agak sulit didapat maka lebih mudah menggunakan sprayer.

3. Pasang alat ultrasonik pengusir tikus

Kalau tikus yang menyerang mobil anda sudah dalam level parah (kabel sering dimakan. dan mesin sangat kotor). Maka anda juga perlu menggunakan cara yang lebih ekstrem.

Saat ini ada banyak alat ultrasonic yang mampu mengusir tikus. Anda mungkin perlu mencoba alat ini.

Alat ini bekerja dengan mengeluarkan suara ultrasonic frekuensi rendah yang cukup mengganggu tikus apabila terdengar. Secara alamiah tikus akan menjauhi sumber suara ini.

Kita hanya perlu membeli alat elektronik pengusir tikus lalu hubungkan kabel positif ke baterai dan kabel negatif ke masa. Letakan alat ini didalam ruang mesin dengan posisi yang aman (jauh dari sumber panas).

Dimalam hari, atau ketika mobil akan diparkirkan dibagasi hidupkan alat ini dengan menekan saklarnya. Namun perlu diingat, alat ini bekerja menggunakan arus listrik dari aki selama semalaman.

Jadi pastikan kondisi aki mobil anda masih sehat agar saat pagi hari aki tidak tekor dan mobil bisa dihidupkan secara normal.

4. Pasang lampu LED low voltage didalam ruang mesin

Kalau alat elektronik pengusir tikus terlalu boros energi, anda juga bisa menggunakan lampu LED ultra low voltage. Dengan daya tidak sampai 1 watt, lampu ini cukup efektif mencegah tikus masuk ke kap mesin.

Hal ini karena tikus kurang suka dengan tempat yang terang dan bercahaya, tikus lebih suka tempat tenang yang gelap.

Cukup letakan lampu LED di area mesin yang ditemukan kotoran tikus lalu hidupkan dikala mobil anda diparkirkan. Maka tikus enggan untuk masuk ke kap mesin.

5. Selalu panaskan mesin mobil tiap hari

Kalau kita hanya membiarkan mobil terparkir dalam garasi atau bahkan dipinggir jalan selama lebih dari dua hari tanpa di utak-atik, pantas saja ada tikus masuk ke kap mesin.

Ingat tikus itu suka tempat yang tenang, karena bisa memberikan rasa aman.

Namun kalau minimal kita memanaskan mesin mobil setiap hari, kalah ada tikus didalam ruang mesin tikus tersebut dipastikan tidak akan betah. Dan diharapkan tikus tersebut keluar dari area mesin mobil.

6. Lakukan pembersihan mesin mobil agar tetap kinclong

Bau kotoran tikus, ternyata mengundang tikus lain untuk bersinggah menuju mobil anda. Jadi pastikan kalau anda sedang mengecek mesin mobil, dan ditemui ada kotoran tikus, segera bersihkan.

Selain lebih rapi dan terawat, pembersihan ini juga menjaga bau ruang mesin tetap wangi. Sehingga potensi ada tikus lain yang mampir itu kecil.

7. Jangan parkirkan mobil didekat selokan

Masalah klasik yang sering diabaikan oleh pemilik mobil adalah sembarangan kalau memarkirkan mobil. Entah karena tidak punya lahan parkir atau karena alasan apapun, tentu ada resiko ketika anda parkirkan mobil sembarangan.

Contohnya, ketika ada selokan didekat mobil terparkir. Tentu kita tahu kalau selokan atau got menjadi habitat dari tikus. Maka jangan heran kalau tikus bergeriliya didalam mobil anda.

Meskipun anda melakukan 6 langkah diatas, kalau anda memarkirkan mobil didekat selokan maka nantinya tikus juga bakal kembali masuk ke dalam mobil,

Solusi terbaik adalah dengan memindahkan tempat parkir mobil ditempat yang jauh dari habitat tikus.

Demikian artikel lengkap dan jelas mengenai cara mencegah tikus masuk ke kap mesin. Semoga bisa menambah wawasan kita semua.