Relay Set Lampu Mobil, Apa Bisa Bikin Lampu Lebih Terang ?

Advertisement
Ada banyak cara yang bisa kita lakukan untuk membuat lampu mobil lebih terang. Salah satunya dengan menambahkan relay set lampu mobil. Namun, apa sebenarnya tujuan dari pemasanag relay tambahan ini ? mengapa harus ditambahkan relay tambahan ? apa benar-benar bisa membuat nyala lampu lebih terang ?

Untuk mengetahui semuanya, kita akan mengulasnya dengan total hanya di artikel ini.

Apa itu relay ?


Relay adalah bisa dikatakan sebagai komponen pengaman karena mengamankan area saklar dari arus besar.

Maksudnya, relay ini seperti jembatan. Misalkan ada dua tempat yang terletak pada dua bukit. Lalu ada bus dari tempat satu berlaih ke tempat kedua. Meskipun lokasinya berdekatan, namun karena jalurnya naik turun maka bus mau tidak mau harus turun bukit dan naik lagi ke bukit.

Memang tidak masalah asal sopirnya jago, kalau masih amatiran maka itu sangat membahayakan. Akan lebih aman apabila pada dua bukit tersebut dibangun sebuah jembatan, sehingga bus bisa langsung melintas lurus saja untuk menyebrang.

Selain lebih aman, jembatan ini juga lebih efisien karena bisa memakan waktu tempuh.

Pada sistem kelistrikan juga berlaku demikian.

Coba anda lihat skema kelistrikan mobil anda, baterai terletak dikap mesin lalau saklar terletak didalam kabin dan lampu ada yang didekat bumper ada juga dibelakang. Tentu kalau tidak ada relay, arus listrik bisa habis karena berputar-putar mengikuti wiring.

Namun untungnya, mobil sudah dilengkapi dengan relay secara default, coba saja buka fuse box yang ada pada ruang mesin. Disitu selain terdapat sekering, ada pula komponen berbentuk kotak berwarna hitam yang kita sebut dengan relay.

Lantas, kalau sudah ada relay pada mobil mengapa harus menggunakan relay tambahan ?


Kembali lagi ke masalah jembatan tadi, meski sistem kelistrikan mobil sudah dilengkapi dengan relay namun arus yang keluar dari relay juga harus berkeliling dari beban satu ke beban lainnya. Sehingga jaraknya masih terlalu jauh.

Dengan menambahkan relay baru, maka kita membuat satu jembatan khusus untuk lampu. Sehingga selain lebih dekat, juga lebih efisien. Hasilnya tegangan aki bisa disalurkan seluruhnya ke lampu.

Tapi kalau anda berniat memasang relay tambahan ini, sebaiknya juga ganti bolam lampu anda dengan versi yang lebih terang. Contoh lampu standar mobil yang paling terang adalah model H4 90/100Watt.

Alasannya, kalau anda menggunakan lampu dengan spek standar lalu arus listrik yang masuk itu lebih besar bisa membuat filamen lampu cepat gosong. Akibatnya umur lampu paling tiga samai tujuh hari. Namun kalau anda mengganti bolam lampu dengan tingkat lebih tinggi maka arus besar pun aman.

Bagaimana Cara Pasang Relay Tambahan Pada Lampu ?

img by pakeotac.com

Untuk memasang relay tambahan ini, ternyata cukup mudah. Kita tidak perlu sampai bongkar-bongkar kelistrikan mobil dan tidak perlu juga alat yang neko-neko. Karena, sekarang sudah relay set yang dijual.

Relay set ini terdiri dari tiga buah relay, tiga buah soket yakni soket ke lampu (kanan dan kiri) lalu soket ke kabel original lampu, dua buah kabel untuk kabel positif dan kabel masa, dan dua atau tiga buah sekering sebagai pengaman lampu.

Mungkin yang kita perlukan hanyalah kunci ring 10 untuk menempelkan kabel positif baterai dan masa, serta obeng untuk membantu melepas soket lampu. Bagaimana langkah-langkahnya ?


  • Lepas soket lampu original dari mobil anda. Umumnya bolam H4 memiliki tiga terminal pipih.
  • Lalu lepas lampu mobil (apabila anda juga akan ganti lampu), untuk melepasnya mudah saja. Pertama lepas karet penutup bolam, lalu buka pengunci bolam dan ambil bolam dari dudukannya.
  • Untuk pemasangan relay set, pertama anda lihat dulu kabel-kabel pada relay set yang sudah anda siapkan. Hal ini dikarenakan, tidak semua produk relay set sama. Ada yang memiliki empat kabel, ada juga yang hanya memiliki tiga kabel.
  • Pastikan relay set memiliki tiga buah soket. Dua soket dimasukan ke lampu (kanan dan kiri) lalu soket satunya hubungkan dengan soket lampu bawaan mobil. Karena kita menghubungkan soket bawaan mobil, maka ini akan aman. Dan masih menggunakan saklar yang sama seperti sebelumnya.
  • Ada kabel berwarna merah (ujung kabel berbentuk ring) ini artinya kabel positif baterai. Anda harus menghubungkan kabel berwarna merah ini ke terminal positif baterai. Kalau ada dua, dua-duanya hubungkan dengan terminal positif baterai.
  • Ada kabel berwarna hitam (ujung kabel berbentuk ring), kabel hitam artinya masa. Anda harus menghubungkannya dengan frame mobil atau terminal negatif baterai (mana yang lebih dekat), kalau ada dua juga hubungkan keduanya ke masa mobil.

Kalau sudah, anda tinggal menyalakan lampu mobil seperti biasa. Kalau lampu belum hidup, coba cek kabel yang kemasa. Karena ada beberapa bagian mobil yang tidak terhubung dengan masa.

Berapa Harga Relay Set Lampu Mobil ?


Untuk harga itu bervariasi, umumnya kalau anda membeli relay set plus bolam H4 bisa tembus 150 ribu hingga 250 ribu per unit. Namun kalau anda hanya membeli relay set wiring, mungkin hanya memakan biaya sekitar 120 ribu per unit.

Kecuali kalau anda membeli yang model HID, lampu-lampu HID biasanya dilengkapi dengan ballast sebagai pembangkit arus listrik. Harganya bisa tembus 500 ribu per setnya.

Demikian artikel lengkap dan jelas mengenai cara pasang relay set lampu mobil. Semoga bisa menambah wawasan kita semua.