Motor Tidak Pakai Aki, 4 Efek Buruk Yang Bisa Anda Alami

Advertisement
Motor tanpa aki itu ibarat menimba air dari sumur tanpa katrol. Anda tetap bisa mengambil air, namun akan lebih efektif dan mudah apabila menggunakan katrol.

Pada sepeda motor, aki itu tidak terlalu vital fungsinya (khususnya pada motor-motor karbu) karena aki menyediakan listrik. Sementara kelistrikan sepeda motor sudah disuplai oleh spul.

Namun meski demikian motor tanpa aki juga bisa menimbulkan beberapa efek.

Seperti yang saya sebutkan diawal, ini seperti anda menimba air dari dalam sumur tanpa katrol. Anda masih tetap bisa mengambil air namun perlu usaha lebih keras dan lebih lama tentunya.

Apa saja efeknya ?

1. Saat menghidupkan mesin akan kesusahan



Untuk menghidupkan motor, kuta hanya perlu menekan tombol start yang ada pada stang lalu mesin nyala dan siap digeber.

Namun, sistem elektrik starter ini menggunakan tenaga listrik. Dan yang menyediakan listrik saat mesin mati hanya ada pada baterai/aki.

Artinya saat motor anda tidak pakai aki, maka anda tidak bisa menggunakan fitur electric starter. Dengan kata lain, anda perlu menggunakan kick starter saat akan menyalakan mesin.

Menyalakan mesin menggunakan kick starter juga tidak terlalu rumit kalau motornya bebek. Tapi kalau motor matic baru terasa susahnya.

2. Kelistrikan motor tidak berfungsi saat mesin mati

Saat mesin hidup, kebutuhan kelistrikan motor akan disuplai secara langsung oleh spul yang menghasilkan listrik dari putaran mesin.

Namun saat mesin mati, spul tidak akan menghasilkan listrik. Dan kalau anda ingin menyalakan klakson atau lampu maka aki jadi sumber tenaganya.

Apabila aki tidak ada, bagaimana bisa klakson akan menyala ?

3. Lampu sein tidak berkedip



Anda mungkin pernah melihat motor yang lampu seinnya berkedip sangat cepat atau bahkan tidak berkedip (nyala terus).

Ternyata itu bukan masalah lampu sein, itu karena tegangan kelistrikan kurang sehingga flasher yang bertugas mengedipkan lampu kurang maksimal kinerjanya.

Mengapa tegangan kelistrikan kurang ?

Ini terjadi karena RPM mesin rendah, sehingga tegangan listrik yang dihasilkan oleh spul juga ikut rendah.

Kalau motor ada akinya, ini bisa diantisipasi. Namun kalau motor tanpa aki maka lampu sein akan nyala terus tanpa kedipan kecuali anda gas mesin motor dikala belok.

4. Lampu motor sangat redup kalau RPM mesin rendah



Seperti masalah diatas, apabila mesin dalam kondisi idle atau langsam maka RPM mesin hanya sekitar 1.000 RPM.

Dalam kondisi ini, listrik yang dihasilkan oleh spul sangat terbatas. Sehingga tidak cukup kuat untuk melayani beban kelistrikan motor dari sistem pengapian hingga penerangan.

Akibatnya lampu motor akan redup dan lampu akan kembali terang apabila motor kita gas.

Lalu Bagaimana Cara Menghidupkan Motor Tanpa Menggunakan Aki ?


Umumnya sepeda motor mempunyai fitur kick starter yang digunakan untuk menyalakan mesin tanpa daya aki. Tapi, selain menggunakan stater pedal tersebut masih ada cara lain yang bisa anda gunakan untuk menyalakan motor.

1. Pada jalan menurun

Ini mirip seperti mendorong sepeda motor. Caranya, pertama bersiap diatas sebuah jalan menurun. Lalu masukan gigi ke posisi 2. Setelah itu, sambil dinaiki arahkan motor agar meluncur ke bawah. Pastikan kunci kontak dalam kondisi ON maka mesin motor bisa langsung menyala.

2. Memutar roda belakang

Kalau kondisinya berada di jalan rata, anda bisa turunkan standar tengah maka roda belakang akan mengambang. Pastikan kunci kontak ON, lalu posisikan gigi pada posisi 1 atau 2. Putar roda belakang motor kearah maju hingga mesin menyala.

Mungkin akan terasa berat saat anda memutar roda motor, oleh karena itu gunakan gigi 2 agar lebih enteng.

Pakai Aki Basah Kalau Ingin Awet


Sekarang populer aki kering untuk motor, aki kering yang dijual lebih mahal pada dasarnya sama-sama menggunakan elektrolit cair seperti aki basah. Tetapi, karena dibuat secara rapat maka kita tidak perlu melakukan perawatan aki alias MF (maintenace free).

Kelemahannya, aki basah harus diganti kalau amperenya drop. Seperti yang tertera diatas, tanpa aki sepeda motor bisa lebih merepotkan. Namun, kalau kita pasang aki baru beberapa bulan aki langsung tekor.

Jalan keluarnya, anda bisa pakai aki basah. Kalau aki tekor, anda tinggal charge aki. Kalau berat jenis elektrolit mulai lemah, anda hanya perlu mengganti air aki tanpa perlu mengganti satu unit aki. Sehingga akan lebih hemat.

Demikian artikel tentang motor tidak pakai aki. Semoga bisa menambah wawasan kita.