3 Cara Membersihkan Mesin Mobil Agar Kinclong Seperti Baru

Advertisement
Membersihkan mesin mobil, memang menjadi salah satu aktifitas yang menyusahkan. Karena kita tahu kalau mesin mobil sekarang itu tidak bisa dibedakan dengan barang elektronika yang dimana-mana ada saja kabel dan konektor. Salah-salah, nanti malah terjadi kosleting.

Tapi anda jangan galau dulu, karena pada artikel ini kita akan bersama-sama membersihkan mesin mobil injeksi dengan cara aman dan murah tentunya yang siapapun bisa melakukannya. Penasaran dengan caranya, simak selengkapnya dibawah.

Ada beberapa bahan yang biasa digunakan pemilik mobil untuk membersihkan mesin mobil miliknya. Cara paling populer adalah menggunakan air sabun. Tapi tahukah anda, ada beberapa bahan yang bisa juga kita pakai sebagai pembersih mesin mobil. Antara lain ;

  • Air detergent, detergent entah itu sabun cuci atau sabun pembersih lantai yang mengandung zat pembilas ini mampu meluruhkan kotoran yang membandel. Kalau kita pakai untuk membersihkan mesin maka kotoran didalam permukaan komponen mesin juga akan luruh.
  • Carbon cleaner/Carburetor cleaner/Penetrating oil, bahan ini memang sebenarnya dipakai untuk membersihkan carbon diruang bakar. Namun kita juga bisa menggunakannya untuk membersihkan mesin. Zat anti karat serta pembilas carbon ini akan mudah mengangkat kotoran dari permukaan komponen mesin.
  • Semir ban, semir ban selain  bisa dipakai untuk memelingkan ban juga bisa digunakan untuk memelingkan komponen mesin. Hanya saja komponen mesin yang bisa disemir itu yang berbahan plastik.
  • Bensin/solar, semua orang tahu kalau bensin atau solar itu bersifat flammable. Namun dibalik sifatnya yang mudah terbakar ternyata bahan bakar mesin ini juga memiliki sifat pembilas yang sanggup mengangkat kerak dan noda. Hanya saja, karena kita akan membersihkan mesin maka kita juga perlu berhati-hati dalam membersihkannya.


Lantas bagaimana caranya ?

1. Membersihkan mesin menggunakan air sabun


bahan untuk membersihkan mesin mobil

Pertama siapkan air pada bak/ember dan campurkan dengan detergent seperti pembersih lantai, pembersih piring atau pembersih pakaian. Campurkan sabun tersebut kedalam air pada ember lalu aduk secara berlahan.

Setelah air bercampur dengan sabun, maka air tidak akan sebening sebelumnya dan ada juga busa yang keluar. Pastikan sebelum anda membersihkan mesin, busa yang ada pada ember sudah hilang karena busa ini tidak mampu membersihkan kotoran.

Untuk memperkecil produksi busa, saat mengaduk campuran anda harus melakukannya secara berlahan dan searah.

Untuk menghindari kosleting arus listrik, anda bisa mencabut salah satu terminal baterai bisa terminal positif atau negatif, saran cabut yang negatif. Lalu jangan lupa juga menutupi ECM yang ada pada mesin memakai lap/kanebo.

Kalau sudah semuanya, siapkan lap bersih kemudian celupkan lap kedalam larutan sabun dan gosokan lap basah tersebut kepermukaan mesin.

Kita tidak menyiram bagian mesin, tetapi untuk langkah awal kita hanya perlu menggosokan air sabun kepermukaan komponen mesin. Dan ini akan membuat semua debu yang menempel pada permukaan mesin terlepas.

Setelah selesai, langkah berikutnya adalah pembilasan. Untuk pembilasan, gunakan air murni tanpa sabun lalu siramkan air dengan hati-hati kebagian atas mesin. Agar aman, kita siram dengan arah menjauhi sumber kelistrikan.

Cara ini tergolong mudah dan murah, tetapi resikonya mesin bisa mengalami kosleting karena air bisa masuk kedalam komponen kelistrikan. Namun kalau anda mengikuti prosedur diatas secara tuntas harusnya kosleting tidak terjadi karena air sebenarnya tidak merusak suatu komponen kelistrikan.

Kosleting terjadi apabila ada aliran listrik mengalir pada komponen listrik yang basah, kalau tidak ada aliran listrik maka komponen kelistrikan yang basah juga tidak akan terjadi apa-apa.

Langkah terakhir, adalah pengeringan. Pengeringan ini bisa anda lakukan dengan mendiamkan mobil atau dengan bantuan lap kanebo. Yang penting anda tidak mengeringkannya dibawah sinar matahari langsung karena ini akan mempercepat pengaratan pada komponen mesin.

2. membersihkan mesin menggunakan carbon cleaner


harga pembersih mesin mobil
img by familyhandyman.com

Cara kedua, bisa dibilang lebih mudah dari cara yang pertama. Karena kita tidak perlu takut terjadi kosleting. Namun kita perlu merogoh kocek yang lebih dalam karena harga carbon cleaner ini bisa mencapai 100 ribu perbotolnya.

Caranya, siapkan satu botol carbon cleaner (kalau bisa yang model spray) dan siapkan lap bersih. Lalu kita semprotkan carbon celaner ke permukaan mesin berbahan plastik (contoh pada box filter dan cover engine). Gunakan bantuan lap untuk meratakan carbon cleaner keseluruh permukaan.

Anda bisa saja menyemprotkannya kekomponen lain, namun mungkin akan agak sulit menjangkau komponen-komponen tersebut.

Solusinya, anda lebih dulu menyemprotkan carbon cleaner ke lap baru kita usapkan pada komponen yang letaknya tersembunyi.

Cara ini terbilang lebih aman dan lebih halus, karena selain tidak terjadi kosleting bahan anti karat pada carbon cleaner juga bisa mencegah komponen mesin mengalami pengaratan.

3. membersihkan mesin menggunakan semir ban


cara membersihkan kerak pada mesin mobil

Cara ketiga, bisa kita pakai apabila bahan yang tersedia adalah semir ban. Kita tahu semir ban adalah bahan untuk mengkilapkan ban mobil, namun kita juga bisa menggunakannnya untuk mengkilapkan komponen mesin yang berbahan plastik seperti cover engine atau box filter.

Caranya cukup mudah, tuangkan semir ban kedalam sebuah wadah lalu siapkan sebuah kuas (kuas bekas juga O.K). lalu dengan perlahan oleskan semir ke semua komponen mesin berbahan plastik.

Cara ini, akan membuat bagian mesin mobil anda terlihat kinclong dengan singkat dan permanent. Namun sebelum melakukan penyemiran, usahakan untuk mengelap bagian komponen mesin karena kalau ada kotoran akan membuat hasil semir belang.

Bagaimana dengan komponen mesin berbahan logam ?

Inilah kekurangannya, semir hanya bisa mengkilapkan komponen berbahan plastik. Sementara komponen lain seperti kepala silinder, atau exhaust manifold anda bisa menggunakan cara lainya.

Demikian artikel mengenai cara membersihkan mesin mobil menggunakan bahan alami. Semoga bisa menambah wawasan kita semua.