11 Syarat Jadi Driver Grabbike (Ternyata Mudah)

Advertisement
Tak bisa dipungkiri arah perkembangan teknologi sekarang sudah seluruhnya mengarah ke digital. Termasuk dalam hal transportasi.

Belakangan marak sebutan ojek daring atau ojek online, transportasi ini sangat berbeda dengan ojek-ojek pada umumnya. Costumer atau pengguna bisa dari mana saja menggunakan layanan ini dengan hanya berbekal smartphone.

Karena fleksibelitas itulah ojek online sekarang banyak digunakan oleh mayoritas orang Indonesia untuk menunjang mobiliasinya.

Anda bisa memanfaatkan peluang ini dengan menjadi driver ojek online. Selain sebagai pengalaman, anda juga bisa mendapatkan penghasilan tambahan.

Salah satu layanan ojek online yang cukup populer adalah Gojek dan Grabbike. Sebelumnya kita sudah membahas syarat-syarat daftar driverGojek. Sekarang giliran syarat Grabbike yang akan kita bahas di artikel ini.

Apa saja persyaratannya ?


Persyaratan umum yang perlu dipenuhi antara lain ;


  1. WNI maksimal berusia 55 tahun.
  2. Sehat jasmani dan rohani
  3. Memiliki sepeda motor yang layak menurut pihak Grab
  4. Bisa membaca dan menulis
  5. Menguasai area sesuai trayek yang didaftarkan
  6. Mengisi formulir pendaftaran yang telah disediakan
  7. Jujur, disiplin, dan bertanggung jawab
  8. Bersedia mengikuti proses seleksi (bisa seharian)
  9. Memiliki akun google (Gmail)
  10. Memiliki smartphone dengan spesifikasi min. Android RAM 1 GB, GPS
  11. Melengkapi dokumen yang diperlukan

Apa saja dokumen yang diperlukan ?


1. Asli dan FC KTP

Anda memerlukan fotocopy KTP dalam lampiran saat pendaftaran serta anda juga membutuhkan KTP asli saat proses seleksi. Pastikan KTP anda sudah E-KTP, kalau belum jadi anda bisa menggunakan KTP sementara dari desa/kelurahan.

Bagaimana kalau alamat KTP beda ?

Apabila anda memiliki KTP dengan alamat berbeda maka anda wajib melampirkan surat domisili sesuai tempat anda sekarang ke Rt/Rw.

2. Asli dan FC SKCK

Pastikan anda memiliki SKCK yang masih aktif, kalau SKCK anda sudah lewat masa aktifnya segera perpanjang di Polres sesuai alamat KTP anda.

3. STNK

STNK wajin karena surat ini yang akan menerangkan kepemilikan sepeda motor yang anda registrasikan. Siapkan fotocopy sebagai lampiran dan bawa juga aslinya untuk jaga-jaga.

4. Kartu keluarga

Untuk memastikan kevalidan identitas anda, pihal Grab juga membutuhkan data dari kartu keluarga terbaru di keluarga anda.

5. SIM C aktif

SIM juga surat wajib yang perlu anda siapkan, karena pihat Grab hanya akan menerima calon driver yang sudah memiliki lisensi dari kepolisian. Pastikan juga data di SIM anda itu sama dengan data KTP dan KK, karena kalau tidak bisa ribet urusannya.

6. Surat keterangan dokter terbaru

Khusus untuk pendaftar yang berusia 50 tahun keatas wajib melampirkan surat keterangan dari dokter yang terbaru. Ini akan menjelaskan bahwa kondisi fisik anda masih prima dan masih mampu untuk sekedar mengemudikan sepeda motor.


Syarat motor untuk Grabbike


Memang belum ada info yang pasti seperti apa indikator motor yang layak menurut Grab. Namun menurut para pendaftar yang lolos, pastikan motor anda dibuat diatas tahun 2008.

Penetapan syarat tahun motor ini mungkin ditujukan untuk standar kenyamanan pengguna serta standar emisi sepeda motor itu sendiri. Pastinya costumer lebih suka naik motor baru daripada motor jadul.

Syarat Hp untuk daftar Grabbike


Smartphone yang perlu anda siapkan sebenarnya juga tidak terlalu tinggi spesifikasinya. Namun pastikan ponsel anda memenuhi kriteria berikut

  • Min. OS Android Jelly Bean
  • Min. RAM 1 Gb
  • GSM/Non CDMA
  • GPS dengan akurasi tinggi

Cara daftar grabbike


Setelah anda mengetahui semua syarat diatas, langkah selanjutnya registrasi. Untuk melakukan pendaftaran, ada dua cara yang bisa anda tempuh.

1. Cara pertama, datang langsung ke kantor Grab

Cara pertama, anda bisa datang langsung ke kantor Grab yang tersebar di beberapa kota seperti Bandung, Medan dan Semarang. Setelah itu anda bisa mengikuti prosesnya yang bisa mencapai seharian.

2. Cara kedua, lewat online

Cara yang kedua, anda bisa mengisi formulir pendaftaran melalui website resmi Grab. Setelah itu, anda akan menerima email yang berisi panduan untuk langkah berikutnya.

Saat anda memilih pendaftaran online, nantinya anda tetap datang ke kantor Grab namun prosesnya lebih cepat karena anda hanya melalukan pengetesan.

Syarat lain yang perlu diperhatikan

1.Top up minimal 100 ribu

Agar anda dapat menerima orderan, anda perlu melakukan top-up atau pengisian saldo ke akun driver Grabbike anda. Untuk minimal top-up itu 100 ribu apabila anda menggunakan Hp sendiri, namun kalau anda belum memiliki Hp yang mumpuni dan memilih mencicil Hp dari Grab maka Top-up minimal 150 ribu.

2. Saat proses seleksi bawa peralatan safety riding

Ketika anda melakukan registrasi, anda tidak bisa diterima secara langsung begitu juga. Melainkan ada beberapa tes yang perlu anda lalui. Salah satunya kelengkapan berkendara, anda harus mempersiapkan (dari rumah) peralatan safety riding seperti helm, jacket, dan sarung tangan.

3. Pastikan anda lulus tes safety riding


Tes yang dilakukan tidak jauh beda dengan apa yang akan dilakukan saat anda mengantarkan penumpang. Anda akan membawa penumpang lalu berjalan melewati beberapa rintangan. Lalu bagaimana cara anda membawa motor, teknik pengereman, dan lainnya akan diamati.

Anda akan dinyatakan gagal apabila 2 X tidak lolos tes ini dan uang top-up juga tidak dapat dikembalikan. Sehingga pastikan anda lulus dalam tes ini.

Bagaimana ? apakah anda tetarik mendapatkan penghasilan tambahan dari ojek online ini ? kalau tertarik segera cari info lowongan grab di kota anda.

Demikian artikel lengkap dan jelas mengenai syarat daftar Grabbbike, semoga bisa menambah wawasan kita.