Kipas Radiator Mobil Lemah, Apa Gejalanya ? Apa Akibatnya ?

Advertisement
Penting bagi kita khususnya yang akan melakukan perjalanan jauh seperti mudik untuk memastikan kondisi mobil tetap prima.

Salah satu pengecekan yang tidak boleh dilewatkan adalah pengecekan pada sektor pendingin mesin. Mobil jaman dulu, menggunakan kipas radiator yang langsung terhubung ke pulley mesin menggunakan V Belt.

Namun untuk mobil-mobil sekarang, kipas radiator sudah digerakan oleh motor listrik. Kipas elektrik ini akan membuat efisiensi tenaga mesin semakin bagus serta mesin juga semakin hemat BBM.

Namun masalah yang kerap hadir pada kipas elektrik ini adalah masalah kipas yang bunyi berisik, putaran kipas lemah hingga kipas tidak berputar. Lalu apa akibatnya ? dan bagaimana gejala kipas elektrik ini mulai rusak ?

Akibat Kipas Radiator Lemah


Saat kipas radiator lemah, maka hembusan angin pada kipas juga akan melemah dan ini akan menimbulkan beberapa efek seperti ;

1. Mesin overheat

Overheating terjadi karena sistem pendinginan mesin tidak mampu mengurangi suhu mesin yang semakin meningkat.

Salah satu penyebabnya karena hembusan kipas yang lemah, ini akan membuat proses pendinginan pada radiator akan semakin lama. Sehingga pendinginan juga akan semakin lama. Sementara itu, suhu mesin terus meningkat saat mesin hidup. Hasilnya ada satu titik dimana mesin akan overheat.

2. Mesin ngelitik

Mesin ngelitik adalah kondisi dimana ada bunyi ketukan saat mesin hidup. Dalam bahasa teknik, ini disebut dengan engine knocking.

Engine knocking terjadi karena ada pre-ignition, dan pre-ignition ini terjadi salah satunya karena suhu mesin terlalu tinggi. Suhu mesin terlalu tinggi memicu terjadinya pembakaran dini sehingga akan menimbulkan suara ketukan atau ngelitik.

3. AC kurang dingin

Kipas radiator juga menjadi kipas untuk mendinginkan kondensor AC. Cepat lambatnya hembusan pada kipas radiator akan mempengaruhi suhu freon setelah didinginkan.

Apabila hembusan kipas lemah, otomatis pendinginan freon kurang maksimal. Otomatis hembusan AC juga tidak terasa dingin meski suhu selektor AC telah kita set paling dingin.

Lantas, Bagaimana Cara Mendeteksi Kipas Radiator Yang Lemah ?


Apabila kondisi ini tidak terdeteksi, maka mesin mobil anda akan mengalami overheat dimana piston bisa terkunci didalam silinder karena pemuaian piston melebihi diameter silinder.

Untuk menghindari hal itu kita harus melakukan pendeteksian sejak dini. Langkah ini bisa anda lakukan ketika anda memutuskan untuk melakukan perjalan jauh menggunakan mobil misal ke luar kota.

  • Pertama, hidupkan mobil lalu hidupkan AC dalam kondisi suhu hangat.
  • Keluar dari mobil dan buka kap mesin.
  • Pada kondisi ini, kipas pendingin akan hidup dalam interval tertentu (kipas tidak selalu hidup) dan hembusan kipas juga tidak terlalu besar.
  • Lalu putar selektor suhu AC ke paling dingin, dan kembali amati kinerja kipas
  • Putaran kipas berlangsung lebih lama dan putarannya cepat (hembusan angin cukup besar)


Untuk mengetahui seberapa hembusan angin kipas memang tidak bisa dilakukan dengan indra perasa karena ini besifat relatif. Untuk lebih akurat, anda harus membiasakan diri anda melakukan pengecekan ini.

Sehingga ketika kipas lemah, anda bisa merasakan bahwa hembusan kipas tidak sekencang biasanya.

Cek juga bunyi saat kipas berputar

Terkadang, kipas suka bunyi. Bunyi ini bisa dikarenakan poros kipas sudah aus atau karena baling-baling kipas menyentuh bagian frame kipas.

Bunyi kipas yang normal, itu halus seperti motor listrik yang berputar. Kalau disertai dengan bunyi gesekan dua benda, maka kipas radiator mobil anda sudah bermasalah. Segera ke bengkel untuk langkah perbaikan.

Pengecekan rangkaian kelistrikan kipas juga tak kalah penting

Selain dari segi kipasnya langsung, masalah ini juga bisa menyerang pada rangkaian kelistrikan kipas. Anda bisa melakukan pengecekan sederhana secara kasap mata.

Caranya dengan melihat sekering atau fuse pada kotak sekering. Biasanya ada dua atau beberapa mobil memiliki tiga sekering untuk satu kipasnya. Pastikan semua sekering kipas dalam keaadan terhubung dan masih bagus.

Demikian artikel mengenai penyebab kipas radiator mobil lemah. Semoga bisa menamabah wawasan kita semua.