Cara Menyetel Rantai Motor Dengan Pas Sesuai Standar

Advertisement
Rantai motor yang terlalu kendor memang dapat menyebabkan beberapa gejala seperti motor yang berisik hingga tenaga motor yang berkurang. Oleh sebab itu, kita harus melakukan adjusment terhadap rantai motor karena sifat rantai (berbahan logam) itu dapat memuai sehingga dalam waktu tertentu rantai pasti akan kendor.

baca pula 5 penyebab rantai motor berisik

Namun, beberapa orang menganggap penyetelan rantai motor itu pekerjaan yang sulit padahal untuk mengencangkan rantai motor itu kita hanya memutar mur adjuster. Hanya saja, kita diwajibkan untuk memiliki kunci untuk memutar mur.

Tapi jangan khawatir, kunci yang dibutuhkan itu tidaklah neko-neko paling hanya kunci ring dan kunci pas. Sehingga, anda pun bisa melakukan penyetelan ini dirumah anda.

Lalu bagaimana caranya ? simak panduan stel rantai motor dibawah.

Cara Mudah Mengencangkan Rantai Motor Yang Kendor


Pertama, anda perlu menyiapkan kunci yang diperlukan. Seperti yang kami katakan, kunci yang diperlukan paling hanya kunci ring dan kunci pas. Untuk ukurannya, anda bisa melihat mur as roda dan mur adjuster rantai pada motor anda, biasanya untuk mur as roda menggunakan mur ukuran 17 sementara mur adjuster biasanya berukuran 12.

Sehingga kunci yang diperlukan adalah ;

  • Dua buah kunci ring 17 (bisa 14 17 dan 17 19)
  • Kunci pas 12


Mengapa perlu dua buah kunci ring 17 ? ini karena mur as roda ada dua dan untuk mengendorkannya kita perlu menahan salah satu mur baru mur satunya bisa dikendorkan.

1. Pakai standar tengah

Gunakan standar tengah agar roda belakang motor bisa terangkat sehingga penyetelan rantai bisa berlangsung dengan mudah.

2. Kendorkan mur as roda



Langkah pertama, letakan kunci ring pada kedua mur as roda (kiri dan kanan) putar salah satu kunci, biasanya saat awal mengendorkan akan terasa sangat keras. Sehingga anda perlu mengentak kunci, kalau mur berhasil berputar tahan mur as roda lainnya agar as roda bisa kita kendorkan.

Pastikan anda mengendorkan mur roda sewajarnya saja, karena kita tidak akan melepas roda belakang kita hanya membuat roda belakang bisa dimaju mundurkan.

3. Kendorkan baut breaket caliper rem belakang (khusus dual disc brake)



Khusus untuk motor dengan sistem rem dual disc brake atau rem belakang menggunakan cakram, anda perlu mengendorkan baut brekater caliper rem. Baut ini terletak pada swing arm suspensi belakang pada sisi kanan. Anda bisa melepasnya menggunakan kunci ring atau kalau sulit anda mungkin perlu kunci shock.

4. Putar mur adjuster rantai

Setelah semua baut terikat sudah dikendorkan, baru kita bisa melakukan penyetelan rantai. Untuk menyetelnya, anda hanya perlu memutar dua buah mur adjuster yang terletak dibagian ujung swing arm suspensi belakang.


Karena ada dua mur, anda harus memutarnya sama persis artinya kalau anda memutar mur adjuster kiri dua putaran maka putar juga mur adjuster kanan dua putaran. Kalau berbeda, akibatnya roda belakang kurang center sehingga bisa menimbulkan masalah baru.

Tipsnya, jangan langsung memutar mur adjuster dengan banyak putaran sekaligus tapi lakukan secara bertahap. Putar searah jarum jam untuk mengencangkan rantai.

  • Pertama, putar dua putaran pada mur adjuster kiri dan kanan.
  • Tes rantai menggunakan tangan apakah kira-kira rantai masih kendor atau sudah kencang.
  • Tes juga dengan memutar roda belakang apakah masih timbul bunyi berisik atau tidak.
  • Kalau masih kendor putar kembali mur adjuster kiri dan kanan dua putaran.
  • Lakukan cara ini secara bertahap hingga anda menemui setelan rantai yang anda anggap pas.


5. Kencangkan kembali semua mur dan baut

Setelah anda menemukan setelan rantai yang anda rasa pas, kencangkan mur as roda dan kencangkan juga baut breaket caliper rem.

Khusus untuk motor bebek atau motor dengan rem belakang menggunakan rem tromol, anda perlu menyetel ulang rem tromol setelah menyetel rantai. Ini karena setelah penyetelan rantai, posisi roda belakang akan semakin ke belakang sehingga rem tromol akan tertarik lebih dalam.

Akibatnya putaran roda belakang akan sedikit tertahan oleh rem. Oleh sebab itu, kendorkan sedikit rem tromol hingga putaran roda belakang lebih bebas.

Apa akibatnya kalau penyetelan rantai terlalu kencang.

Rantai bisa putus, inilah resiko yang bisa anda dapatkan kalau anda melakukan penyetelan rantai sendiri. Oleh sebab itu, pastikan anda menyetel rantai tidak terlalu tegang. Setidaknya rantai masih memiliki gerak bebas yang sesuai dengan spesifikasinya.


Untuk main amannya memang ke bengkel tapi apa salahnya mencoba sendiri, hanya saja ingat satu hal Do with your own risk. Itu saja yang bisa kami bagikan semoga bisa bermanfaat.

img by https://www.youtube.com/watch?v=pO1XPEkarNg