Berapa Umur Normal Ban Mobil ?

Advertisement
Salah satu komponen kendaraan yang paling penting adalah ban, komponen ini meski memiliki fungsi penting kadang juga sering disepelekan. Ada banyak kasus kecelakaan kendaraan akibat ban pecah atau karena ban selip.

Itu semua bisa berawal dari kondisi ban yang sudah kadaluarsa. Itu tandanya, ban mobil juga memiliki masa pakai. Lalu, berapa umur ban mobil secara normal ? dan kapan ban mobil harus diganti ?

Umur Ban Mobil Ternyata Cukup Lama

Dilansir dari situs michelin.in umur maksimal ban mobil itu bisa mencapai 10 tahun. Itu tandanya, kita bisa menggunakan ban mobil sampai 10 tahun lamanya tanpa diganti. Tapi itu adalah umur maksimal, artinya beberapa ban juga bisa berumur lebih singkat.

Ini karena ada banyak faktor yang mempengaruhi umur ban mobil antara lain ;

  • Intensitas pemakaian mobil, mobil yang sering digunakan otomatis umur bannya akan semakin singkat.
  • Faktor jalan (bergelombang, aspal terlalu panas, jalan berlubang, jalan penuh genangan air) juga menjadi faktor yang mempercepat umur ban.
  • Faktor cuaca (terkena air hujan, panas terik, hingga tumpahan bahan kimia di permukaan jalan).
  • Kesalahan spooring balancing.
  • Kualitas karet ban yang buruk.
  • Kebiasaan mengemudi yang buruk seperti ngebut, sering rem mendadak, suka drift, bisa memperpendek umur ban.


Ini artinya, untuk menyimpulkan apakah ban mobil kita masih baik atau perlu diganti tidak bisa menggunakan patokan umur atau jumlah kilometer. Namun, kita harus memperhatikan kondisi fisik ban untuk menyimpulkan apakah ban harus diganti atau masih bisa bertahan.

Ciri Ciri Ban Harus Diganti


Ada 5 ciri ban yang harus segeran diganti, antara lain ;

1. Ban sudah gundul dan berbulu

Ban gundul artinya, tebal thread ban itu kurang dari 1.6 mm. thread itu adalah garis-garis yang ada disepanjang permukaan ban, kalau kedalaman garis itu kurang dari 1.6 mm itu sudah masuk kategori ban gundul.

img ; autointhebox.com

Untuk mengetahui tebal thread, memang perlu pengukuran tapi pada beberapa ban biasanya terdapat thread wear indicator yakni berupa tonjolan ditengaj thread. Kalau tonjolan tersebut sudah rata dengan permukaan ban berarti ban perlu diganti.

2. Permukaan ban benjol (baik permukaan atas atau samping)


img ; pakwheels.com

Ban yang benjol dan bergelombang, sudah mengalami deformasi. Ini biasanya terjadi karena faktor cuaca (panas, pengaruh tumpahan bahan kimia dan kondisi jalan). Meskipun umur ban masih baru, anda patut menggantinya karena ini bisa membahayakan keselamatan berkendara.

3. Banyak lubang pada permukaan ban

Untuk ban tubeless yang katanya anti meledak, harus diwaspadai. Kalau ban tertusuk paku atau benda tajam, mungkin bisa ditambal. Tapi kalau bekas tambalan itu sudah lebih dari 5 tambalan per ban, lebih baik ganti saja ban tersebut demi kenyamanan dan keselamatan berkendara.

4. Kondisi ban sudah retak



Terkadang ada ban yang masih tebal, namun permukaan ban sudah retak. Ini juga terjadi karena faktor cuaca, biasanya terjadi pada mobil yang jarang dipakai. Memang, ban ini masih bisa dipakai tapi untuk jarak jauh lebih baik siapkan ban baru kalau anda tidak mau ban meletus ditengah jalan.

5. Umur ban sudah lebih dari 10 tahun

Ada juga ban yang mampu bertahan hingga lebih dari 10 tahun namun masih terlihat bagus. Secara teori ini tidak perlu diganti, tapi kalau anda akan menempuh perjalanan jauh ada baiknya mengganti ban berumur tersebut dengan ban yang baru.

Tips Saat Mengganti Ban Mobil

  • Pastikan anda ganti keempat roda secara bersama-sama.
  • Gunakan tipe ban yang sama untuk keempat roda (sesuai spesifikasi).
  • Agar ban lebih awet, lakukan rotasi ban agar keausan ban bisa lebih merata kesemua roda.
  • Cek juga tekanan ban agar tetap stabil.
  • Ban yang sudah aus, jangan dibuang karena masih bisa di recycle menjadi ban yang kembali normal.


Itu saja artikel singkat tentang umur ban mobil secara normal. Semoga bisa menambah wawasan kita semua.