Beli Motor STNK Only, WASPADA Bisa Jadi Praktek Tipu

Advertisement
Banyak orang lebih berminat membeli motor bekas daripada motor baru dari dealer, alasannya harga lebih murah dan modelnya juga masih bagus.

Namun saat ini apabila anda lihat beberapa forum/grup jual beli motor di sosial media ada sebuah fenomena yakni fenomena motor stnk only. Lalu apa itu motor stnk only ? dari mana asalnya ? dan apakah aman membeli motor stnk only ? kita bahas dibawah.

Sesuai namanya, motor stnk only merupakan motor yang hanya dilengkapi stnk. Harusnya sebuah motor harus dilengkapi dengan stnk dan bpkb. Kalau salah satu dari surat tersebut tidak ada, maka bisa dikatakan motor tersebut adalah motor bodong.

Dari mana asal motor STNK only ?

img : mall13.com

Lalu muncul pertanyaan, dari mana motor-motor tanpa bpkb ini bermunculan. Kira-kira ada empat hal yang menjadi penyebab kemunculan motor-motor stnk only, yakni ;

1. BPKB motor hilang

Terkadang pemilik motor hanya memperdulikan stnk saja sementara bpkb akan diletakan disuatu tempat yang dirasa aman. Dan bpkb ini cenderung tidak akan di cari-cari selama tidak ada urusan yang berkaitan dengan bpkb tersebut.

Hal ini memicu seorang lupa dimana mereka meletakan bpkb, sehingga bpkb tidak ditemukan. Sebenarnya mereka bisa mengurusnya ke kantor samsat tapi ada juga yang memilih menjualnya.

2. BPKB motor digadaikan dan tidak ditebus

Sekarang ada banyak pinjaman uang dengan jaminan bpkb motor, dan bpkb tidak akan dikembalikan selama pinjaman belum dilunasi. Tak sedikit pemilik motor memilih menjual motor dengan bpkb yang digadai tersebut karena tidak memiliki uang untuk melunasi pinjaman tersebut.

3. Dari tindak kejahatan (pembegalan, perampasan)

Inilah yang beresiko, kadang motor-motor bodong ini didapat dari aksi kejahatan seperti pembegalan. Anda yang membeli motor ini pun bisa berurusan dengan polisi meski tidak terlibat langsung dalam aksi pembegalan.

4. Dari dept collector yang menarik unit dari kreditur

Cara mudah membeli motor baru adalah dengan kredit namun bpkb akan ditahan di pihak leasing hingga kredit tuntas, tapi kalau kita telat bayar kredit hingga lebih dari tiga bulan biasanya pihak leasing akan menggunakan jasa dept collector untuk menarik unit motor. Menurut beberapa sumber, ada beberapa oknum dept collector yang bermain-main.

Motor tarikan malah dijual melalui makelar untuk memperoleh keuntungan pribadi, sementara oknum dept collector tersebut mengatakan ke pihak leasing bahwa motor belum ditemukan.

Resiko beli motor tanpa BPKB

  1. Rawan penipuan, bpkb adalah bukti kepemilikan kendaraan bermotor. Kalau surat ini ada ditangan orang lain dengan nama orang lain maka anda bisa terkena penipuan.
  2. Bisa mengalami pemerasan, pemerasan terjadi karena ada ancaman dari pihak tertentu untuk melaporkan anda ke kepolisian karena kepemilikan motor bodong. Sebagai ganti ada uang tutup mulut yang bisa dikategorikan sebagai pemerasan.
  3. Motor bisa ditarik kembali oleh leasing, motor bisa ditarik oleh pihak leasing karena riwayat pembayaran kredit belum dilunasi.
  4. Anda berpotensi terseret ke pihak berwajib, ini bisa saja terjadi kalau motor berasal dari tindak kehahatan. Meski anda tidak tahu apa-apa, anda yang memegang motor tersebut sehingga anda bisa terseret.


Ciri motor stnk only

Untuk mengetahui apakah motor tersebut bodong atau tidak, ada beberapa ciri yang bisa anda amati antara lain ;

  1. Harga jual sangat miring (bisa sampai seperempat dari harga normal)
  2. Mereka biasanya menebar barang ini secara online (bahkan ada grup khusus jual beli motor stnk only)
  3. Proses negosiasi biasanya mudah dan cepat


Apakah bisa motor bodong dibuatkan BPKB baru ?

Tentu bisa kalau bpkb tersebut memang hilang, anda bisa mengurusnya ke samsat bekerja sama dengan pemilik motor sebelumnya (atas nama yang ada pada bpkb). Tapi kalau motor masih atas nama leasing maka ini tidak mungkin. Justru saat anda ke samsat pihak leasing akan langsung mendeteksi motor yang anda miliki.

Meski demikian, beli motor stnk only juga bisa aman apabila anda membelinya dari orang yang terpercaya. Anda juga bisa membuat surat perjanjian pembelian motor dengan materai sebagai tanda bukti bahwa anda adalah pemilik motor tersebut.

Tapi bagi anda yang memiliki masalah pada finansial namun ingin membeli motor bagus, tak ada salahnya anda membeli motor tanpa BPKB ini asal motor tanpa BPKB ini tidak bermasalah.

Tips Membeli Motor Tanpa BPKB


Ini dia ada beberapa tips yang bisa membantu anda untuk memilih motor STNK only secara aman,

1. Jangan beli disembarang tempat

Kalau anda mencari motor di forum jual beli KHUSUS motor bodong, tentu ini tidak direkomendasikan. Karena disitulah para oknum tidak bertanggung jawab beraksi. Agar aman, lebih baik anda beli secara offline kepada orang yang memang tidak beraktifitas dalam jual beli motor bodong.

2. Kalau bisa, belilah dari orang yang sudah anda kenal

Membeli dari orang yang sudah kita kenal apalagi orang tersebut terpercaya menjadi tips berikutnya. Namun, untuk menemukan kondisi ini sangat jarang. Tetapi kalau teman kita menawarkan motornya karena butuh uang meski BPKB dalam kondisi hilang, tidak masalah. Karena teman anda tersebut pemilik sahnya, jadi tidak ada pihak lain yang mengklaim kepemilikan motor meski BPKB hilang.

3. Pastikan identitas pada STNK sama dengan identitas di KTP penjual

Untuk memastikan apakah motor ini milik si penjual tersebut, anda bisa menyamakan identitas STNK dengan KTP si penjual. Kalau identitasnya berbeda, bisa jadi itu adalah praktek jual beli motor bodong. Jadi lebih baik tinggalkan dan cari yang lain saja.

4. Segera buatkan BPKB baru

Saat anda berhasil mendapatkan motor, segera urus pembuatan BPKB baru di kantor Samsat terdekat. Ini akan membuat dokumen kepemilikan motor menjadi lengkap dan anda telah menjadi pemilik sah motor dibuktikan melalui BPKB.

Sekian artikel singkat tentang motor stnk only, semoga bisa menambah wawasan kita.