Kapan Ganti Oli Gardan Mobil ? Begini Aturan Mainnya

Advertisement
Oli gardan atau oli differensial merupakan fluida yang digunakan sebagai pelumas gear didalam gardan sebuah kendaraan. Fungsi pelumas ini yakni untuk mencegah terjadinya gesekan pada gear didalam gardan.

Tapi karena lokasi gardan ini tersembunyi di tengah axle belakang ini, pemilik mobil sering mengabaikan komponen ini. Pemilik mobil umumnya lebih fokus ke penggantian oli mesin dan transmisi, padahal oli gardan juga perlu dilakukan penggantian.

Lantas, berapa KM ganti oli gardan mobil ? kapan jadwal penggantiannya ? dan oli seperti apa yang cocok untuk gardan ? simak selengkapnya dibawah.

Interval Penggantian Oli Gardan

ganti oli gardan motor matic

Memang, setiap pabrikan mobil itu dirancang secara independen oleh insinyur masing-masing pabrikan dengan kelebihan dan kekurangan masing-masing. Ini artinya, kalau ditanya berapa interval penggatian oli gardan ? maka setiap mobil tidak sama.

Lalu untuk mencari jawabannya, bagaimana caranya ?

Anda harus melihat buku owner manual yang diberikan oleh dealer saat anda membeli mobil. Di buku tersebut sudah ditulis jadwal service kendaraan hingga penggantian setiap komponen-komponen yang perlu diganti lengkap dengan intervalnya.

Atau anda bisa menanyakan langsung ke bagian after sales/bengkel resmi terkait interval penggantian oli gardan mobil anda.

Tapi bagaimana kalau owner manual hilang ?

Dilansir dari cartreatments.com umumnya, oli gardan belakang diganti dengan interval 30.000 sampai 50.000 KM. sementara transaxle (gardan didepan yang ada pada mobil berpenggerak depan dan AWD) diganti dengan interval 25.000 sampai 30.000 KM.

Atau anda juga bisa memperhatikan beberapa tanda dibawah. Saat oli gardan memerlukan penggantian, biasanya akan timbul beberapa gejala seperti ;

1. Kendaraan bergetar saat jalan

Getaran pada kendaraan memang bisa disebabkan banyak komponen. Tapi untuk kasus gardan, getaran hanya terasa ketika mobil berjalan melewati turunan. Ini karena beban mobil akan ditopang oleh gardan. Sehingga perkaitan roda gigi akan semakin kencang dan tanpa pelumas yang baik maka akan muncul getaran.

2. Suara limbung saat mobil berjalan

Selain getaran, bagian bawah mobil juga akan terdengar suara limbung. Suara ini akan hadir dan semakin besar seiring bertambahnya kecepatan mobil. Limbung ini muncul akibat perkaitan pada final gear tidak dilumasi dengan baik oleh oli gardan yang sudah tidak layak.

3. Ada suara saat mobil berbelok

Gardan akan efektif bekerja saat mobil berbelok, saat mobil belok maka perkaitan roda gigi didalam gardan akan semakin kompleks. Sehingga tanpa pelumasan, bisa memicu tumbulnya suara antara roda gigi yang berkaitan.

4. Oli gardan sudah encer dan terkontaminasi

Oli gardan yang baru itu memiliki kekentalan hingga SAE 70, seriring penambahan masa pakai oli gardan akan semakin encer dan terkontaminasi oleh friksi dari roda gigi dan panas yang tercipta saat gardan beroperasi. Kalau oli sudah encer, maka daya lumasnya terhadap gardan bisa turun dan memicu terjadinya gejala-gejala diatas.

Oli yang tepat untuk gardan mobil anda

harga oli gardan mobil

Seperti yang dikatakan diatas, oli gardan memiliki kekentalan yang cukup besar. Untuk mobil-mobil penumpang seperti MPV biasanya oli gardan memiliki kekentalan SAE 75-90. Sementara untuk mobil yang lebih besar (truk dan bus) oli gardan memiliki kekentalan lebih dari SAE 90.

Alasan truk dan bus memiliki oli gardan yang lebih kental adalah karena beban yang diterima berbeda. Oli yang encer memang baik untuk melumasi celah-celah sempit, namun lapisan oil film oli yang encer itu tipis sehingga untuk roda gigi dengan beban yang besar kurang direkomendasikan.

Sebaliknya, oli yang lebih encer memiliki lapisan oil film yang lebih kuat dan tebal sehingga pelumasan oli akan lebih maksimal. Tetapi oli ini tidak mampu menembus celah-celah super kecil, sehingga untuk bus dan truk yang juga memiliki gardan besar olinya disesuaikan lebih kental.

Cara Mengganti Oli Gardan Sendiri

Untuk mengganti oli gardan, lebih efisiennya anda pergi ke bengkel. Tapi kalau anda berniat melakukannya sendiri itu tidak masalah selama anda memiliki kuncinya/tools.

Caranya mudah saja, anda tinggal membuka baut penguras pada gardan, tunggu hingga oli lama keluar semuanya, tutup baut penguras dan isi oli yang baru melalui baut pengisi hingga oli meluber.

Tapi ada beberapa kendala,

  • Kolong mobil terlalu rendah, ini kalau mobil anda MPV atau dibawahnya. Solusinya anda harus mendongkrak tapi satu sisi pada belakang mobil (agar roda kiri/kanan terangkat).
  • Tidak ada baut penguras, beberapa gardan juga tidak dilengkapi dengan baut penguras karena hanya ada satu baut untuk mengisi oli. Untuk mengurasnya, anda harus membuka cover gardan (yang memiliki banyak baut) untuk menguras oli (seperti gambar pertama).


Mungkin itu saja artikel singkat tentang jadwal penggantian oli gardan pada mobil. Semoga bisa menambah wawasan kita semua.