Cara Pasang Klakson Keong Pada Motor Tanpa Rombak Kelistrikan

Advertisement
Salah satu modifikasi motor yang mudah dilakukan yakni dengan mengubah suara klakson. Suara klakson ini dapat diubah dengan menggantinya dengan jenis klakson lain.

Satu dari sekian klakson yang populer digunakan, adalah klakson keong. Klakson keong ini dipilih karena suaranya yang khas sehingga bagi mereka yang ingin motornya beda dari yang lain banyak memilih jenis klakson ini.

Pertanyaannya, apakah anda bisa memasang klakson tersebut ? disini akan kita bahas step by step pemasangan klakson aftersales (tidak hanya klakson keong) pada sepeda motor dan mobil.

Cara Memasang Klakson Keong Dengan Mudah


Sebenarnya, untuk memasang klakson keong anda tinggal memasang unit klakson pada body lalu mencolokan soket klakson ke klakson baru.

Namun, cara ini kurang direkomendasikan untuk klakson variasi. Alasannya, ada perbedaan arus pada klakson bawaan dan klakson variasi. Sehingga kalau klakson variasi menggunakan rangkaian klakson bawaan, maka resikonya sekering bisa sering putus.

Cara terbaik, yakni dengan memasang rangkaian klakson baru. Tetapi tenang saja, karena pembuatan rangkaian ini cukup mudah.

Apa yang dibutuhkan ?

  • Unit klakson
  • Kabel
  • Sekering dan rumah sekering
  • Konektor
  • Relay 4 kaki


Langkahnya, seperti berikut ;


  1. Buatlah rangkaian seperti gambar diatas.
  2. Pertama ambil relay 4 kaki dan pahami kaki-kaki relay tersebut. Ada 4 kaki, yakni kaki 30, 85, 86, 87.
  3. Hubungkan terminal 30 relay dengan sekering, lalu sambungkan ke terminal positif aki
  4. Untuk sekering, bisa anda sesuaikan dengan arus yang dibutuhkan klakson. Pastikan sekering yang dipilih tidak lebih rendah dari arus klakson
  5. Hubungkan terminal 87 relay dengan klakson
  6. Pada klakson, ada dua terminal. Satu dihubungkan ke terminal 87 relay, dan satunya ke ground (anda bisa hubungkan ke frame motor supaya lebih dekat)
  7. Terminal 85 dan 86 relay, anda hubungkan ke soket bawaan klakson (untuk yang ini, terbalik pun tidak masalah)
  8. Untuk lebih mudah, anda bisa gunakan konektor model donat untuk kabel yang disambung ke terminal 30 dan kabel ground klakson. Sehingga, untuk menyambungkan anda tinggal pasang saja pada mur dan baut.
  9. Sementara untuk konektor terminal 85 86 relay ke soket klakson, anda sesuaikan dengan soket bawaan klakson. Umumnya menggunakan tipe slop individual, anda bisa dapatkan jenis soket ini di toko spare part.
  10. Setelah selesai, coba ON kan kunci kontak lalu tekan tombol klakson. Kalau klakson hidup, berarti rangkaian yang dibuat sudah benar. Tetapi kalau klakson belum hidup, coba cek koneksi kabel masa klakson ke frame. Biasanya disinilah arus listrik tidak terhubung (pastikan anda hubungkan ke frame utama motor).
  11. Kalau belum hidup juga, coba balik koneksi kabel ke klakson.
  12. Setelah klakson berhasil hidup, rapikan kabel dan pastikan setiap koneksi tertutup dengan isolasi agar aman dari korsleting.


Bagaimana Kalau Ingin Pasang Dua Klakson ?

Agar terlihat lebih menarik, beberapa orang menggunakan dua klakson keong yang diletakan disisi kanan dan kiri motor.


Caranya pun sama, tetapi anda harus menjumper kabel pada terminal 87 relay. Dengan kata lain, kabel pada terminal 87 relay akan bercabang yang masing-masing mengarah pada klakson yang berbeda.

Demikian artikel singkat tentang cara pasang klakson keong pada motor, semoga bisa menambah wawasan kita semua.