11 Langkah Mudah Setting Jam Pada Speedometer CB150R Facelift

Advertisement
Speedometer motor awalnya digunakan untuk menampilkan data kecepatan motor serta instrumen lampu yang aktif. Namun, sekarang speedometer sudah berkembang tidak hanya dipakai untuk melihat kecepatan motor. Tapi speedometer juga sudah dilengkapi jam.

Salah satunya speedometer All New CB150R yang sudah mengusung konsep full digital, juga memiliki jam pada panel speedometernya.

Sebenarnya, kehadiran jam pada speedometer sudah ada pada CB150R tipe lama. Tetapi pada versi yang terbaru, tampilannya lebih fresh dan futuristik.

Lalu, apakah cara mengatur jamnya sama atau ada perbedaan ? kita akan bahas diartikel ini.

Cara Setting Jam Pada CB150R Facelift


Sebenarnya, tata cara penyetelan jam dapat anda temukan pada buku panduan motor. tetapi bagi anda yang malas bolak-balik buku, bisa simak ulasan dibawah.



  1. Colokan kunci kontak dan putar pada posisi ON, ini karena speedometer termasuk jam akan aktif saat posisi motor ON.
  2. Tunggu beberapa detik hingga instrumen pada speedometer tidak ada yang berkedip, selanjutnya kita perlu masuk ke mode clock resetting agar dapat mengatur jam dan menitnya
  3. Caranya, tekan dua tombol select dan reset secara bersamaan.
  4. Letak tombol ini ada disamping speedometer, jadi gunakan dua tangan anda untuk menekan dua tombol ini secara bersamaan selama beberapa detik.
  5. Terus tekan dua tombol tersebut hingga jam berkedap-kedip
  6. Kalau jam sudah berkedap-kedip, itu artinya anda sudah memasuki mode clock resetting
  7. Langkah berikutnya, lihat jam pada Hp atau jam dinding rumah sebagai patokan
  8. Tekan tombol sebelah kiri (tombol sel), maka angka yang menunjukan jam akan berganti. Terus tekan hingga angka jam sesuai.
  9. Setelah selesai, kita lanjut untuk mengatur menitnya. Caranya setelah langkah diatas, tekan dulu tombol set (tombol sebelah kanan). Ini berfungsi untuk memindahkan dari mode pengatur jam ke mode pengatur menit. Anda cukup tekan satu kali saja.
  10. Setelah itu, anda bisa kembali menekan tombol sel (tombol kiri) maka menit jam akan berganti. Untuk mempercepat pengubahan menit, anda bisa menahan tombol sel maka menit jam akan berganti dengan cepat.
  11. Setelah menit jam sudah sesuai, langkah terakhir tekan tombol set (tombol sebelah kanan) untuk menyimpan pengaturan jam.


Setelah melakukan beberapa langkah diatas, maka anda sudah berhasil menyetting jam pada speedometer Honda CB150R facelift. Untuk mengeceknya apakah settinga benar-benar berhasil, coba cabut kunci kontak dan ON-kan lagi kunci kontak.

kalau settingan tersimpan, maka jam akan menunjukan waktu sesuai yang kita set sebelumnya. Intinya, sebelum anda menekan tombol set, jangan dulu anda cabut kunci kontaknya karena tombol ini berfungsi untuk menyimpan pengaturan jam. Kalau tombol ini tidak ditekan, otomatis settingan jam tidak tersimpang sehingga jam menunjukan waktu yang ngawur.

Apakah ada perbedaan dengan CB150R lama ?

Secara teknis, pengaturan jam pada CB150R lama dan facelift sama saja. Tapi ada perbedaan letak tombol, pada CB150R lama, letak tombol select ada di sebelah kanan dan tombol reset ada di sebelah kiri.


Sementara fungsinya, juga berbeda ;

  • Pada CB150R Facelift, tombol select digunakan untuk mengubah jam dan menit sementara pada CB150R lama tombol ini dipakai untuk menyimpan pengaturan jam.
  • Pada CB150R facelift, tombol reset digunakan untuk menyimpan pengaturan jam sementara pada CB150R lama tombol ini dipakai untuk mengatur jam dan menit.


Jadi, tombolnya saling berkebalikan. Sehingga untuk setting jam pada CB150R lama, anda perlu menekan tombol reset secara berulang-ulang untuk mengubah angka jam dan menit. Untuk mengganti dari mode pengaturan jam ke pengaturan menit, serta menyimpan pengaturan jam digunakan tombol select.

Demikian artikel singkat tentang pengaturan jam di CB150R, semoga bisa menambah wawasan kita semua.