5 Ciri Ban Mobil Anda Kempes, Patut Waspada !!

Advertisement
Salah satu indikator untuk mengecek kondisi keselamatan kendaraan adalah dibagian ban. Ban mobil harus dalam keadaan prima dengan tekanan angin yang sesuai.

Pada kenyataannya, pengemudi sering tidak mengetahui bahwa tekanan angin ban mobilnya berlebih atau kurang. ini dikarenakan untuk mengecek tekanan angin ban, perlu tire pressure gauge yang tak banyak orang memilikinya.

Sehingga, entah ban kempes atau tidak kita para pengemudi tetap jalan saja. Namun, anda patut waspada. Karena berkendara dengan ban kempes juga akan menimbulkan beberapa resiko.

Akibat ban mobil kempes namun tetap dipaksa jalan

  • Bagian samping ban akan retak
  • Kecepatan mobil terhambat
  • Konsumsi BBM meningkat
  • Resiko pecah ban


Apa hubungannya ban kempes dengan kecepatan mobil apalagi konsumsi BBM ?

Saat ban mobil kempes, maka bagian permukaan yang menyentuh jalan akan melebar karena tekanan dari berat body mobil. Sehingga luas penampang ban yang menyentuh aspal itu lebih lebar dari normalnya.

Semakin lebar penampang ban yang menyentuh aspal akan menyebabkan mobil lebih berat, sehingga mobil akan terasa lebih berat dan butuh ekstra bensin.

Lalu, apa tandanya bahwa ban mobil kita kempes ?

Ciri Ciri Ban Mobil Kempes

img : rubonit.be

1. Ban terasa lebih empuk

Perbedaan ban overpressure dengan ban underpressure bisa kita rasakan pada kenyamanannya. Kalau tekanan angin berlebihan, maka ban akan terasa keras sehingga berkendara juga terasa lebih kasar. Sebaliknya, saat ban kempes maka berkendara akan terasa lebih empuk (spongy).

2. Terdengar sedikit suara gemuruh saat mengemudi

Suara gemuruh ini disebabkan karena permukaan karet ban kempes yang menyentuh aspal. Sebenarnya, entah kempes atau tidak ban tetap terdengar suara gemuruh. Namun kalau ban kempes, suara gemuruh itu bisa terdengar hingga kabin karena permukaan ban yang menyentuh aspal itu lebih lebar.

3. Saat melintasi gundukan terasa keras

Ciri berikutnyam bisa anda rasakan ketika melewati polisi tidur atau gundukan atau jalan tidak rata. Ban yang kempes, itu tidak bisa memberi toleransi terhadap benda yang mengenainya. Artinya apabila anda melewati gundukan, maka bagian permukaan ban dalam bisa bersentuhan dengan velg.

Inilah yang menyebabkan berkendara terasa keras, serta berpotensi membuat ban bocor.

4. Mobil terasa lebih berat

Seperti yang ditulis diatas, ban yang kempes memiliki permukaan yang menyentuh aspal lebih lebar. Artinya, semakin lebar ban semakin berat pula mobil. Sehingga, dengan mesin yang sama maka kecepatan mobil akan sedikit terhambat dari biasanya.

5. Steer mobil kadang belok dengan sendirinya

Mungkin anda pernah merasakan hal ini, apabila salah satu ban depan mobil kempes maka kemudi mobil cenderung balik kesalah satu arah. Apabila ban depan kiri yang kempes, maka setir bisa balik kekiri sendiri. Begitu pula sebaliknya.

Saran kami, apabila anda menemui salah satu dari 5 gejala diatas segera pinggirkan mobil dan lihat secara visual. Apakah ada salah satu ban yang kempes.

Apabila ada ban kempes, segera cari pom bensin atau tukang tambal ban untuk mengisi angin ban. Apabila anda memaksakan, kemungkinan resiko yang disebutkan diatas akan anda alami.

Mungkin itu saja tips tentang tanda ban mobil kempes. Semoga menambah wawasan kita semua.