Ganti Oli Gardan Motor Matic, Begini Aturannya

Motor matic, memiliki dua macam oli yakni oli mesin dan oli gardan. Oli mesin, bertugas melumasi bagian dalam mesin sementara oli gardan berfungsi untuk melumasi final gear didekat poros roda belakang motor.

Sama halnya dengan oli mesin, oli gardan juga harus dicek secara rutin untuk mengetahui volume dan kondisinya.

Karena kalau sampai oli gardan habis, maka gear belakang motor bisa hancur. Ini karena gear belakang motor itu berfungsi untuk meneruskan tenaga dari CVT ke poros roda belakang. Dan setiap perkaitan roda gigi, harus dilumasi dengan oli kalau tidak maka gear akan cepat panas dan cepat aus.

Lalu, apa yang dilakukan untuk merawat oli gardan motor matic ? dan kapan waktu yang tepat untuk ganti oli gardan motor matic ?

Kami sudah merangkum semua informasi dari berbagai sumber terpercaya untuk menjawab permasalahan tentang oli gardan ini.

Jadwal penggantian oli gardan


Untuk jadwal penggantian, setiap motor berbeda. Yamaha mungkin berbeda dengan Honda untuk interval penggantian, kita tidak usah menghiraukan hal tersebut. Untuk mengetahui jadwalnya, anda bisa cek ke buku servis.

Tapi kalau jadwal penggantian oli gardan ini tidak tertera di buku ? atau kalau buku servis hilang ?

ini sering dialami oleh mereka yang memiliki motor diusia lanjut, dimana buku servis hilang entah kemana dan mereka tidak tahu jadwal penggantian oli. Menurut Honda (hondacengkareng.com) oli gardan bisa diganti apabila KM motor sudah menyentuh 8.000 KM atau pada interval 8 bulan (mana yang lebih dulu tercapai).

Ini berlaku untuk motor matic Honda seperti Vario, Beat, atau Scoopy.

Sementara menurut Isadat Salam (technical and training service enginer Motul Indonesia) yang dimuat dalam otomotif.kompas.com, penggantian oli gardan motor matic bisa dilakukan setiap dua kali ganti oli mesin. Jadi intervalnya dua kali interval ganti oli mesin (2:1).

Akibat telat ganti oli gardan


Meski jadwal ganti oli gardan sudah ditertera di buku servis, kadang kita sebagai pemilik lupa melakukan service ke bengkel. Sehingga oli gardan pun kadang tidak terawat. Ternyata, ada resiko yang disebabkan karena telat ganti oli gardan. Antara lain ;

  1. Oli jadi lebih encer, oli yang dipakai terus menerus akan berkurang viskositasnya. Sehingga akan menurunkan daya lumas yang berpengaruh pada umur komponen yang menjadi lebih singkat.
  2. Suara kasar pada gear belakang motor, ini terjadi akibat pelumasan yang tidak maksimal
  3. Tenaga motor akan sedikit tertahan, pelumas memiliki sifat yang licin untuk melancarkan putaran gear. Kalau oli sudah tidak layak, maka sifat licin oli tersebut akan berkurang.


Apakah oli mesin bisa dipakai untuk oli gardan

Lalu muncul pertanyaan, apakah oli mesin bisa dipakai untuk oli gearbox ? ternyata ada jawaban mengejutkan dari seorang ahli dan peneliti pelumas dari lembaga terpercaya, M. Haniffudin.

Dilansir dari motorplus.gridoto.com beliau mengatakan ,” Sebenarnya oli gardan yang dijual di pasaran itu isinya sama saja dengan oli mesin. Cuma kemasannya aja yang dibuat berbeda”. Lalu, apakah benar demikian ?

Kalau dilihat peruntukannya, kedua oli ini sama-sama melumasi komponen logam tapi oli mesin didesain untuk melumasi komponen yang saling bergesekan, sementara pada gardan motor matic yang ada persentuhan antar gear dan hanya ada sedikit gesekan.

Karena hal ini, oli gardan dibuat lebih kental daripada oli mesin. Tetapi, menurut pendapat ahli tersebut anda tetap bisa menggunakan oli mesin untuk gardan motor matic dengan catatan oli mesin yang digunakan tidak terlalu encer. Untuk mengetahui kekentalan oli mesin, bisa anda lihat pada label SAE. SAE 10W-20 itu tergolong oli encer, kalau SAE20 keatas mungkin masih O.K untuk oli gardan.

Perbandingan Harga Oli Gardan Motor Matic


Berapa harga oli khusus untuk gardan motor ? anda bisa cek harga di toko online sebagai bahan pertimbangan. Untuk lebih mudah, kami sediakan sedikit perbandingan harga oli gardan motor dari beberapa merk.

  • Oli gardan AHM/120 Ml Rp. 26.000,-
  • Oli gardan Repsol/120 Ml Rp. 25.000
  • Oli gardan Shell Advance/120 Ml Rp. 21.000,-
  • Federal gear oil/120 Ml Rp. 20.000,-
  • Motul gear oil 80W-90/120 Rp. 35.000,-


Cara ganti oli gardan sendiri tanpa ke bengkel


Ternyata, untuk menganti oli gardan ini cukup mudah. Karena lokasinya ada dibelakang dan kita tidak perlu bongkar ini itu, secara simpel penggantian ini dibagi menjadi tiga tahap.

1. Pengurasan oli gardan

Pertama, anda buka baut penguras oli gardan yang lokasinya ada dibawah case gearbox roda belakang. untuk membukanya, anda bisa menggunakan kunci 12 (bisa T, ring, atau pas seadanya). Namun, jangan lupa untuk menyiapkan wadah yang mampu menampung cairan sekitar 150 Ml, karena begitu baut penguras ini dilepas oli langsung tumpah.

2. Pengisian oli baru

Setelah oli bekas sudah keluar semuanya, pasang kembali baut penguras dan kencangkan secara wajar. Lalu buka tutup oli gardan yang lokasinya diatas case gearbox roda belakang. lalu anda bisa langsung menuangkan 120 Ml oli gardan kedalam gearbox.

Untuk lebih mudah, anda harus membeli oli gardan dengan model penutup lancip. Sehingga saat mengisi oli, anda tidak perlu bantuan corong. Cukup buka ujung oli lalu masukan oli tersebut ke lubang pengisi gearbox hingga oli masuk kedalam gearbox.

3. Pengecekan

Setelah oli diisi, pasang tutup oli dan kencangkan. Namun, sebelum anda gunakan motor, lebih baik cek dulu baut penguras oli dan penutup gearbox. Pastikan tidak ada oli yang merembes dari dua komponen ini, selain itu bersihkan juga ceceran oli (kalau ada) pada case gearbox karena bisa menggangu sistem pengereman yang terletak disampingnya.

Itu saja artikel singkat tentang penggantian oli gardan motor matic, semoga bisa menambah wawasan kita semua.