Cara Membersihkan Rantai Motor Agar Kinclong dan Tidak Berisik

Rantai motor yang kotor tentu akan menyebabkan suara berisik hingga gemetar saat motor dijalankan. Hal ini karena kotoran seperti debu akan bergesekan dengan gear dan rantai sehingga menimbulkan efek getaran yang tidak nyaman terhadap handling motor.

Tak hanya itu, rantai yang kotor juga akan menurunkan daya tahan rantai. Dengan kata lain, kalau rantai kotor dan terus digunakan (tanpa dibersihkan) maka rantai bisa cepat aus dan putus.

Kabar baiknya, ada cara mudah dan ampuh yang bisa anda lakukan sendiri untuk membersihkan rantai dengan alat dan bahan seadanya.

Cara Membersihkan Rantai dan Gear Motor


1. Siapkan alat dan bahan

Alat dan bahan yang diperlukan sangat mudah ditemui, alat dan bahannya antara lain ;

  • Kuas, berfungsi untuk mengusap bahan pembersih ke rantai.
  • Wadah (mangkuk/gelas plastik) untuk menuangkan pembersih.
  • Bensin (pertamax/pertalite) digunakan sebagai perontok kerak dan karat pada rantai
  • Pembersih piring, digunakan untuk membersihkan semua kotoran pada rantai
  • Sikat gigi, diperlukan untuk membersihkan sela-sela rantai

2. Oleskan bensin ke permukaan rantai

Selanjutnya, parkir motor ditempat yang aman dengan standar tengah. Kalau alas motor anda lantai, lebih baik beri pelapis berupa kardus atau kain lap bekas agar lantai tidak terlalu kotor.

Lalu tuangkan bensin kedalam wadah, dan mulai mengoleskan bensin tersebut ke semua permukaan rantai menggunakan kuas.

Bensin ini mampu merontokan debu dan kerak yang mengeras pada permukaan rantai dan gear, perlu diperhatikan juga oleskan bensin tersebut dengan cepat. karena bensin mudah sekali menguap jadi kalau anda berlama-lama, bensin malah habis duluan sebelum rantai bersih.

Langkah pengolesan ini, hanya bersifat melunakan kotoran membandel. Jadi masih ada proses lanjutan untuk membilas rantai supaya bersih.

3. Siapkan larutan air dan pembersih piring

Setelah semua permukaan rantai diolesi bensin, anda siapkan larutan air dengan pembersih piring seperti sunlight dan mama lemon. Mengapa pembersih piring ?

Karena bahan pembersih tersebut lebih ampuh mengangkat minyak, jadi kalau digunakan pada rantai bisa membilsa oli dan sisa bensin pada permukaan rantai. Siapkan larutan ini pada wadah dengan volume yang agak banyak.

4. Oleskan larutan untuk merontokan sisa kotoran


Selanjutnya oleskan larutan air sabun tadi ke seluruh permukaan rantai dan gear hingga semua kotoran luntur bersama sabun. Langkah ini mungkin perlu waktu yang sedikit lama karena anda perlu membolak balikan proses ini hingga rantai benar-benar bersih (tidak ada kerak atau kotoran pada permukaan rantai).

5. Gunakan sikat gigi/kuas mini untuk membersihkan sela rantai

Yang paling sulit, itu ada pada sela-sela rantai. Biasanya bagian mata rantai dalam yang sulit diakses menggunakan kuas. Solusinya anda bisa gunakan sikat gigi atau kuas mini. Intinya pastikan semua kotoran pada permukaan rantai luntur, kalau masih ada kerak yang membandel gosok lagi menggunakan bensin.

6. Tunggu hingga rantai kering

Setelah permukaan rantai kering, tunggu hingga rantai dan gear kering. Cukup diamkan motor anda selama beberapa jam hingga rantai kering dengan sendirinya.

7. Semprotkan chain lube secukupnya untuk melumasi rantai


Terakhir, rantai harus disemprot dengan chain lube. Karena saat proses pembersihan diatas, bukan Cuma kotoran yang terbilas tapi pelumasan rantai juga terbilas. Sehingga efeknya rantai akan kering.

Anda bisa gunakan chain lube dengan merk apapun, yang terpenting usahakan untuk tidak menggunakan oli. Mengapa ?

Oli memang memiliki daya lumas baik tapi oli akan mengundag debu-debu jalanan untuk menempel. Jadi meski sudah bersih, rantai bakal kotor kembali ketika anda memacu motor dijalanan. Tapi kalau cahin lube, ada zat khusus yang mampu membuat debu tidak menempel.

Sekian artikel singkat tentang cara membersihkan rantai sepeda motor dengan sabun, semoga bisa menambah wawasan kita semua.