Ciri Master Rem Mobil Rusak (Plus Solusinya)

Advertisement
Sebagai piranti keselamatan kendaraan, kondisi rem harus pakem dan mampu menghentikan laju kendaraan dengan sekali injakan rem. Tapi ada kalanya rem bermasalah, masalah-masalah pada rem ini muncul akibat kurangnya perawatan serta minimnya pengetahuan soal rem.

Oleh sebab itu, sebagai pemilik mobil yang cerdas anda harus mengetahui beberapa gejala yang menandakan rem mobil anda bermasalah. Salah satunya saat master rem mobil rusak, anda pun perlu tahu ciri ciri bahwa master silinder mobil rusak.

Karena master silinder ini berfungsi sebagai input device dari sistem hidrolik rem, jadi kalau bermasalah tenaga pengereman pada kaliper rem akan lebih rendah. Tentu resiko terbesarnya rem blong.

Lalu apa tanda master silinder mobil rusak ?

Ciri Master Silinder Rem Mobil Rusak

cara membongkar master rem
img : yotatech.com

Master rem merupakan komponen yang wajib ada pada sistem pengereman yang menggunakan hidrolik baik pada motor ataupun mobil. Lokasinya ada setelah pedal rem, jadi master silinder ini akan mengubah dorongan pedal rem menjadi tekanan hidrolik.

Lalu apabila master silinder rusak, maka ciri yang paling nampak bisa anda rasakan saat menginjak pedal rem.

Rem terasa amblas

Maksudnya meski secara keseluruhan rem masih berfungsi, namun saat anda menahan rem maka pelan-pelan pedal rem terus amblas. Ini merupakan tanda awal bahwa piston didalam master silinder mulai bocor namun masih dalam kategori ringan.

Apabila master silinder sudah dalam kategori rusak berat, maka rem bisa ngempos atau ngeblong. Yakni ketika anda menekan pedal rem, pedal rem terasa ringan dan langsung amblas begitu saja (mirip rem masuk angin). Dan ini terjadi berulang-ulang.

Ciri lain yang bisa memperkuat dugaan master rem rusak, bisa anda lihat pada reservoir minyak rem. Kalau minyak rem kurang, maka master rem masih normal karena gejala seperti rem amblas merupakan imbas dari masuk angin rem.

Tapi kalau minyak rem masih penuh, anda perlu waspada karena ini menandakan ada kerusakan pada master silinder rem mobil anda.

Lalu Bagaimana Cara Memperbaikinya ?


Perlu diketahui juga, master rem sendiri terdiri dari beberapa komponen penyusun seperti tabung silinder, piston dan seal.

Apabila anda membawa mobil ke bengkel resmi, maka anda akan diminta mengganti satu unit master rem. Namun kalau kerusakannya masih ringan misalnya hanya seal piston yang mengalami kerusakan maka anda bisa membongkar unit master rem dan mengganti sealnya saja.

Dengan catatan piston dan silinder masih dalam kondisi baik.

Meski terdengar mudah, pekerjaan ini masuk ke tingkat expert. Karena untuk membongkar (bukan melepas) unit master rem perlu beberapa kunci khusus yang hanya dimiliki bengkel. Kalau melepas unit master rem dari mobil, mungkin anda sendiri bisa tapi untuk main amannya bawa unit master rem ke bengkel untuk dilakukan pengecekan lebih lanjut.

Estimasi biaya ganti unit master rem

Apabila anda harus mengganti satu unit master rem, maka persiapkan dana anda. karena harga spare part master rem yang orisinil bisa lebih dari 1 juta. Sementara untuk merk after sales, harganya bervariasi ada yang sama 1 jutaan ada juga yang dua ratus ribuan.

Jadi pilih mana, ori atau aftersales ?

Itu semua terserah anda, tetapi kalau ingin awet dan tidak ada efek samping lebih baik gunakan spare part original. Apalagi ini berhubungan dengan sistem keselamatan mobil.

Mungkin itu saja, semoga bisa menambah wawasan kita semua.