Cara Gampang Membersihkan Evaporator AC Mobil Tanpa Ke Bengkel

Advertisement
Hampir semua mobil sekarang sudah dilengkapi dengan pendingin ruangan, cuaca yang panas menjadi salah satu faktor mengapa AC ini wajib ada pada mobil.

Tapi tak seperti AC rumah yang sepertinya minim perawatan, AC pada mobil memerlukan perawatan yang rutin agar sirkulasi AC lancar sehingga suhu udara AC bisa tetap dingin. Masalah seperti AC bau, AC tidak dingin merupakan imbas dari kurangnya perawatan AC.

Salah satu perawatan sistem AC mobil yang perlu dilakukan secara rutin adalah pembersihan evaporator.

Evaporator sendiri merupakan komponen yang berbentuk seperti radiator, fungsinya untuk mengurai freon ke selang-selang kecil untuk selanjutnya digunakan untuk mendinginkan ruangan. Masalah yang sering menghinggapi evaporator ini yakni kotoran.

Apabila ada kotoran yang melekat pada permukaan evaporator maka akan menghambat laju udara hingga berkurangnya pendingingan suhu udara. Sehingg akan ada beberapa masalah seperti AC kurang dingin, hembusan AC kurang kencang serta Bau.

Lalu bagaimana cara membersihkan evaporator AC ? simak langkah-langkahnya kebawah.

Cara Membersihkan Evaporator AC Sendiri Tanpa Ke Bengkel


anda benar-benar bisa melakukannya sendiri, karena alat yang diperlukan paling hanya obeng untuk membuka glove box pada dashboard dan cairan pembersih evaporator yang bisa anda dapatkan di bengkel AC mobil.

Langkah-langkahnya sebagai berikut ;

1. Temukan lokasi evaporator AC mobil anda

Pertama, anda perlu memahami dimana letak komponen evaporator ini. Karena setiap mobil memiliki peletakan komponen yang berbeda, tapi umumnya evaporator itu terletak menyatu dengan filter AC didalam dashboard mobil.

Lalu apakah kita perlu membongkar dashboard mobil ?

Secara teknis iya, tapi kalau sekedar membersihkan permukaan evaporator kita bisa memanfaatkan cairan pembersih yang disemprotkan melalui saluran masuk blower.

Jadi teknisnya, cairan ini akan sampai ke permukaan evaporator karena terbawa oleh hembusan blower.

2. Buka glove box/laci dashboard dan lepas filter AC


Selanjutnya, kita perlu mengetahui dimana letak saluran masuk udara blower. Secara umum, saluran masuk ini ada pada bagian filter AC. Karena fungsi filter itu sebagai penyaring kotoran, maka harusnya filter diletakan didepan saluran udara masuk pada blower.

Jadi, kita lepas dulu filter AC untuk menyemprotkan cairan pembersih evaporator.

Letak filter AC juga tidak jauh dari evaporator yakni didalam dashboard, tapi tenang saja karena umumnya pabrikan mobil telah meletakan filter ini pada area yang mudah dijangkau. Umumnya filter AC ada dibalik glove box atau laci dashboard sebelah kiri.

Jadi anda buka dulu laci tersebut (biasanya menggunakan obeng +), setelah terlepas anda akan menemukan komponen berbentuk persegi panjang, buka dan ambil filter AC dari dalam kotak tersebut.

3. Temukan lokasi blower

Anda perlu meraba bagian kotak filter tersebut, apakah blower lokasinya ada dibagian atas atau bawah. Ini penting diketahui agar saat menyemprotkan cairan, anda tidak salah arah.

4. Siapkan cairan pembersih AC mobil

Siapkan cairan pembersih evaporator AC mobil dengan merk apapun, tapi disarankan cairan ini yang berbentuk spray dengan kandungan foam. Anda bisa mendapatkannya di bengkel AC dengan harga sekitar 30 ribuan.

5. Hidupkan mesin dan hidupkan AC

Hidupkan mesin mobil dan hidupkan AC mobil selama sekitar 5 menit, ini dilakukan agar permukaan evaporator mengeluarkan embun. Embun ini digunakan untuk membasahi permukaan evaporator sehingga proses pembersihan nantinya bisa berlangsung lebih mudah.

6. Semprotkan cairan tersebut ke bagian blower melalui lubang filter AC


Sebelumnya, putar blower ke kecepatan tertinggi agar hembusan angin maksimal. Arahkan selang cairan pembersih AC ke bagian blower melalui kotak filter AC, lalu tekan sprayer hingga cairan tersebut keluar.

Lakukan langkah ini secukupnya saja (tidak perlu sampai cairan didalam botol habis). cukup 3 sampai 4 kali semprotan.

7. Matikan mesin dan tunggu busa keluar dari selang ventilasi

Setelah selesai, matikan mesin dan lihat selang ventilasi AC (yang ada di kolong mobil), anda akan melihat busa-busa keluar dari lubang ventilasi ini. Tunggu hingga busa-busa tersebut habis.

8. Bersihkan selang ventilasi agar tidak tersumbat


Yang tak kalah penting, anda juga perlu memastikan selang ventilasi AC tidak tersumbat. Karena selang ini berfungsi untuk membuang embun dari evaprator, kalau sampai tersumbat maka embun tersebut akan meluber ke dalam kabin mobil sehingga efeknya lantai akan basah.

Cara membersihkanya cukup mudah, ambil lidi yang tumpul lalu tusukan kedalam selang ini. Pastikan tidak ada sumbatan yang tersisa.

9. Nyalakan kembali mesin dan AC untuk langkah pembilasan

Setelah semua proses selesai, nyalakan lagi mesin dan nyalakan AC pada level yang terdingin. Ini digunakan sebagai langkah pembilasan pada permukaan evaporator agar tidak ada busa yang tertinggal. Anda cukup melakukan pembilasan ini sekitar 5 – 10 menit sampai busa benar-benar tidak keluar dari selang ventilasi.

Setelah 9 proses diatas sudah anda lakukan, jangan dulu pasang filter tapi lihat kondisinya. Kalau kotor, bersihkan kalau kotor sekali ganti. Filter yang kotor bisa membuat permukaan evaporator kembali kotor, jadi menjaga kebersihan filter juga sama pentingnya.

Sekian semoga bisa menambah wawasan kita semua.