4 Cara Gampang Mengetahui Freon AC Mobil Habis

Advertisement
Freon adalah elemen penting pada sistem AC, baik AC rumah atau AC didalam mobil. Gas ini berperan sebagai sumber pendingin udara pada ventilasi AC.

Sehingga kalau AC mobil freonnya habis, jelas AC mobil tersebut akan terasa tidak dingin.

Tapi, kebocoran gas freon ini sulit sekali terdeteksi. Karena freon merupakan gas yang mudah sekali menguap bahkan di temperature dingin. Sehingga begitu ada lubang kecil pada selang AC, maka tak butuh waktu lama bagi freon untuk menguap semuanya.

Dan kalau freon habis, logikanya kita harus mengisi freon baru. Tapi kalau kita langsung isi freon di bengkel AC, maka dalam sekejap freon itu langsung habis lagi. Karena bocor pada selang AC belum diperbaiki. Sehingga kita perlu memperbaiki kebocoran AC dulu baru mengisi freon baru.

Hal lain yang sedikit membingungkan adalah gejala AC tidak dingin itu tidak hanya disebabkan karena freon habis. apa jadinya kalau AC tidak dingin, anda mengira freonnya habis. setelah akan mengisi freon, ternyata freon didalam mobil masih penuh ?

Tentu sia-sia freon yang sudah kita beli.

Oleh sebab itu, diartikel ini akan kita jelaskan tanda-tanda kalau freon AC mobil habis.

Ciri Freon AC Mobil Habis

bengkel ac mobil

1. AC hanya keluar angin dan tidak dingin

Saat anda menyalakan AC, harusnya dengan sekejap udara yang berhembus dari ventilasi udara memiliki suhu yang dingin. (lebih dingin dari suhu kabin). Tapi kalau AC bermasalah, maka meskipun selektor suhu AC sudah diset di temperatur yang paling dingin, udara yang berhembus dari ventilsai AC tetap saja suhunya, alias tidak bertambah dingin.

Gejala ini menjadi tanda bahwa ada yang tidak beres dengan sistem AC mobil anda, bisa kompresor yang rusak, magnetic clutch yang rusak, kipas pendingin mati, atau karena freon habis.

harga freon ac mobil

Kalau freon habis, maka semuanya seolah berjalan normal. Saat AC dinyalakan, terdengar bunyi ketukan yang menandakan kompresor AC bekerja, RPM mesin juga naik serta kipas pendingin nyala. Tapi hembusan angin tidak dingin, dan ini artinya freon AC mobil habis.

2. Kompresor AC tidak berhenti bekerja saat AC On

Ada juga masalah sistem AC, dimana ketika saklar AC dinyalakan magnetic clucth terus saja terhubung. Normalnya, magnetic clutch akan terhubung saat saklar AC dinyalakan. Tapi magnetic clutch akan terbebas dalam interval waktu tertentu ketika tekanan freon sudah maksimal.

Mungkin anda sendiri sering menemui kondisi dimana suara ketukan dari ruang mesin sering muncul ketika AC dinyalakan.

Tapi kalau anda menemui kondisi dimana magnetic clutch dari awal AC ON terus saja tersambung, maka itu menjadi tanda bahwa freon AC habis.

Ini disebabkan saat freon habis karena kebocoran, maka didalam selang AC itu dipenuhi oleh udara. Sifat udara, itu mudah dikompresi. Dibandingkan freon, udara lebih mudah dikompresi sehingga saat kompresor bekerja, itu hanya akan memompa udara biasa.

Karena udara lebih mudah dikomresi, maka tekanan udara pada selang high pressure pun tidak bisa sampai maksimal. Sehingga pressure switch belum bisa memutuskan magnetic clutch karena tekanannya belum sampai maksimal. Berbeda dengan freon yang lebih padat, diberi tekanan sedikit saja tekanannya langsung naik.

3. Tidak ada freon di sight glass


Kedua ciri diatas, bisa anda rasakan didalam kabin mobil saat AC dinyalakan. Kalau anda menemukan kondisi diatas, segera turun dan buka kap mesin untuk mengecek sirkulasi Acnya.

Yang anda cek itu sight glass, sight glass adalah sebuah kaca bulat yang transparan, fungsi kaca ini adalah untuk melihat sirkulasi freon didalam sistem AC. Biasanya sight glass terdapat pada driyer/filter freon.

Dalam kondisi mesin masih hidup dan AC dinyalakan, coba anda tengok pada sight glass ini. Kalau freon masih, maka akan ada cairan yang mengalir. Tapi kalau freon habis, maka tidak ada apa-apa yang mengalir dibalik sight glass.

Mengapa cairan, bukannya freon itu gas ?

Dalam wujud normalnya, freon memang berbentuk gas. Tapi kalau diberi tekanan, freon akan berubah menjadi cair. Ini seperti korek api gas, dimana didalam tanki bentuknya cair tapi kalau dikeluarkan akan menjadi gas.

4. Tidak ada embun pada selang low pressure AC

Selanjutnya, masih pada ruang mesin. Kali ini anda perhatikan selang-selang AC mobil anda.

Ada dua buah selang dari kompresor, yakni

  • Selang high pressure dengan bentuk yang lebih kecil mengarah dari kompresor menuju kondensor.
  • Selang low pressure dengan bentuk yang lebih besar mengarah dari evaporator (didalam kabin) menuju kompresor.


Saat AC hidup dengan normal, maka akan terbentuk embun pada selang low pressure. Embun ini merupakan hasil dari perbedaan suhu antara suhu didalam selang low pressure yang dingin dengan suhu mesin yang panas.

Tapi kalau tidak terbentuk embun, atau kalau anda raba tidak terasa dingin, berarti freon habis.

Lalu Apa Solusinya Kalau Freon Habis ?


Seperti yang kami katakan diatas, sebelum anda mengisi freon anda perlu mencari tahu penyebab mengapa freon AC mobil anda habis.

Untuk mengetahui letak kebocoran freon secara pasti, ada beberapa cara yang bisa digunakan.

  1. Dengan menggunakan air sabun, ini merupakan cara tradisional yang terbukti bisa mencari letak kebocoran freon. Caranya dalam kondisi mesin nyala dan AC ON, oleskan air sabun secara merata pada setiap saluran AC. Kalau ada kebocoran, pasti akan ada gelembung-gelembung.
  2. Cara kedua yakni dengan menggunakan leak detector, alat ini menggunakan cairan seperti tinta khusus yang dimasukan kedalam saluran AC. Kemudian AC dinyalakan selama beberapa menit, lalu saluran AC disoroti senter ultrasonic. Cairan tinta yang dimasukan, akan menunjukan dimana lokasi kebocoran.
  3. Untuk cara terakhir, bisa anda lakukan tanpa alat apapun. Caranya dengan memperhatikan setiak centi selang AC. Kalau ada rembesan, bisa jadi itu adalah bekas kebocoran freon. Tapi cara ini hanya bisa dilakukan kalau freon baru bocor, kalau sudah kelamaan maka bekas rembesan itu akan mengering sehingga sulit dideteksi.


Mungkin itu saja artikel tentang cara mengetahui freon AC mobil bocor, semoga bisa menambah wawasan kita semua.