Kaca Mobil Berembun Saat AC Nyala ? Cek 3 Penyebab Berikut

Advertisement
Banyak pemilik mobil yang mengeluhkan kaca mobilnya berembun baik dibagian dalam maupun luar, padahal AC sudah dinyalakan. Kira-kira mengapa bisa demikian ? apa ada masalah ? lalu bagaimana cara mengatasinya ?

Simak ulasan berikut.


Embun merupakan hasil dari perbedaan suhu

Hal pertama yang perlu anda pahami, yakni embun itu merupakan proses alami akibat perbedaan suhu udara antara bagian dalam mobil dan luar mobil.

Ini disebut proses kondensasi, proses kondensasi atau pengembunan terjadi saat udara yang lebih panas tertahan oleh sebuah konduktor yang memiliki suhu lebih dingin. Sederhananya, kaca itu konduktor karena dapat menghantarkan panas, kalau suhu luar mobil lebih panas dari pada suhu kabin maka suhu kaca yang memisahkan dua ruang tersebut akan lebih rendah dari pada suhu udara luar.

Akibatnya udara bergerak dari suhu tinggi ke rendah, secara alamiah udara lebih panas tersebut akan bergerak mendekati kaca. Kalau kelembaban pada daerah tersebut tinggi, otomatis kandungan air dalam udara panas akan berubah menjadi embun karena suhu kaca yang lebih rendah.

Sehingga bagian luar kaca menjadi berembun.

Ini bisa anda lihat pada AC ruangan yang selalu mengeluarkan embun. Embun pada AC dihasilkan karena udara panas dari luar ruangan dihembuskan melewati evaporator yang memiliki suhu lebih rendah, ini sama saja dengan kejadian kaca berembun dimana udara panas bergerak ke arah konduktor yang suhunya lebih rendah.

Jadi kesimpulannya,


  • Apabila kaca bagian luar mobil berembun, tandanya suhu diluar mobil lebih panas daripada suhu kabin.
  • Apabila kaca bagian dalam mobil berembun, tandanya suhu dikabin lebih panas daripada suhu luar mobil.


Sekarang, mengapa bisa terjadi perbedaan suhu ? kita juga menyalakan AC ?

Selain sebagai pendingin ruangan, sistem AC juga dipakai untuk mencegah embun pada kaca mobil bagian dalam. Khususnya disaat hujan, saat hujan suhu luar mobil otomatis menurun. Sehingga suhu didalam kabin juga perlu diturunkan, kalau tidak maka terjadilah embun dibagian kaca dalam.

Untuk mendeteksi penyebab spesifik terkait kaca mobil anda yang berembun, anda perlu memperhatikan beberapa faktor.

  1. Misal disaat hujan, kaca bagian dalam mobil berembun tapi anda tidak menyalakan AC (hanya menyalakan blower) dengan alasan suhunya sudah terlalu dingin. Maka wajar saja terjadi pengembunan, karena suhu didalam kabin ternyata lebih panas dari pada suhu luar kabin.
  2. Misal disaat hujan, kaca bagian dalam mobil berembun padahal anda sudah menyalakan AC. Maka ini bisa mengindikasikan adanya kerusakan pada AC mobil anda, karena kalau AC dinyalakan pasti suhu kabin jadi menurun tapi kalau ternyata embun tersebut masih ada maka suhu didalam kabin kurang dingin.
  3. Misal kaca bagian luar mobil yang berembun, ini bisa terjadi karena anda menyetel AC terlalu dingin. Kalau anda sering naik bus, hal ini sering terjadi dimalam hari. Dimana suhu kabin sangat dingin sehingga ada embun di kaca bagian luar.


Jadi kesimpulan untuk penyebab embun pada kaca mobil, itu ada pada sistem AC mobil anda. intinya kalau ada perbedaan suhu yang signifikan antara bagian dalam dan luar mobil maka embun akan muncul.

Sekarang, bagaimana cara menghilangkan embun dikaca mobil tersebut ?

Ada beberapa cara yang bisa anda lakukan, antara lain ;

1. Buka kaca samping

Cara pertama, yakni dengan menurunkan jendela pintu mobil. Cara ini lebih cocok digunakan saat anda berkendara di puncak dengan kondisi suhu luar dingin. Sehingga anda tidak perlu menyalakan AC dan suhu didalam kabin juga sama dengan luar karena kaca jendela terbuka.

Cara ini juga bisa digunakan untuk mobil yang Acnya bermasalah.

2. Mengelap kaca dengan lap kanebo

Cara paling simpel untuk menghilangkan embun dikaca bagian dalam, yakni dengan mengelapnya. Tapi kain yang digunakan untuk mengelap, harusnya kain khusus. Kalau bisa lap kanebo, karena lap ini mampu menyerap cairan dan bisa diperas dengan mudah.

Sementara untuk menghilangkan embun diluar mobil, anda bisa pakai wiper mobil anda. kalau ternyata kaca menjadi buram saat disapu wiper, semprotkan air washer. Dalam hal ini, anda perlu memastikan air washer dalam tanki sudah penuh.

3. Nyalakan window defogger

Memang tidak semua mobil dilengkapi dengan fitur defogger, fitur ini sebenarnya dipakai untuk menghilangkan lapisan embun pada kaca bagian belakang mobil. Karena tentu saja akan mengaggu pantauan pengemudi pada sisi belakang mobil.

Kalau mobil anda dilengkapi dengan fitur ini maka nyalakanlah beberapa saat hingga embun menguap. Cara kerja defogger ini, yakni dengan memanaskan kaca mobil. Sehingga lapisan embun bisa menguap.

Mungkin itu saja artikel detail tentang penyebab kaca mobil berembun, semoga bisa mebambah wawasan kita semua.