Mau Pasang Sarung Jok Mobil Avanza ? Simak 3 Rekomendasi Berikut

Advertisement
Untuk melindungi jok mobil dari kotoran dan jamur, pemilik mobil biasanya memasang cover jok atau lebih sering dikenal dengan sarung jok. Untuk membelinya pun tidak terlalu sulit karena para developer cover jok sudah membuat cover jok untuk berbagai jenis kendaraan.

Jadi covernya pasti PNP. Termasuk untuk MPV sejuta umat Avanza, Avanza dan Xenia bisa dibilang memiliki banyak variasi sarung jok. Karena di Indonesia, pemilik Avanza begitu banyak maka para developer cover sangat fokus pada jenis mobil ini.

Namun, jenis dari sarung jok ini tidak Cuma satu. Kalau anda lihat di toko online saja misalnya, maka anda akan menemukan berbagai jenis cover jok dari yang dihargai 500 ribuan hingga 5 jutaan.

Lalu mana yang paling pas buat mobil kita ?

Memilih Sarung Jok Mobil Berdasarkan Bahannya


Secara umum, ada dua jenis bahan cover jok yang dipasarkan. Yakni bahan kulit asli dan kulit sintetis. Bahan kulit alami memang lebih mahal daripada kulit sintetis, tapi apakah kualitasnya juga lebih baik ?

Yang paling banyak digunakan memang cover jok dengan bahan kulit sintetis. Selain harganya yang lebih terjangkau, jenis kulit sintetis juga memiliki variasi model dan warna yang lebih beragam. Sarung jok sintetis sendiri, dibagi menjadi beberapa bahan yakni ;

1. Mbtech Seat cover


Mbtech adalah bahan sintetis dengan karakter premium, dikatakan premium karena dibandingkan bahan sintetis lainnya mbtech yang paling bagus. Bahan ini bertekstur lembut, adem dan lentur. Sehingga bisa menyesuaikan/menempel pada jok tanpa ada lipatan (presisi).

Untuk harganya, cover jok Mbtech Avanza dihargai sekitar 1 – 1,5 juta rupiah. Sementara untuk SUV bisa lebih dari 2 juta rupiah.

2. Medium seat cover


Bahan medium seat cover, sebenarnya kelas menengah antara Mbtech dan Oscar. Ketebalan bahan ini sekitar 1,2 mm yang terbuat dari paduan bahan-bahan sintetis. Kalau di toko, biasa menyebut dengan cover jok ferarri, atau freelander.

Memang bahan jok ini didesain seperti desain jok mobil-mobil kelas premium sehingga lebih menarik. Karakter bahannya halus dan tebal (lebih tebal daripada oscar).

Harganya, untuk Avanza itu sekitar 700 hingga 900 ribu rupiah untuk satu set.

3. Oscar seat cover


Bahan yang ketiga adalah Oscar, Oscar sendiri mungkin sebuah merk dari suatu bahan sintetis. Karakter jenis bahan ini, kaku dan tipis. Ketebalannya sekitar 0,5 – 0,7 mm. dan karena tipis, terlalu banyak jahitan justru akan mengurangi kekuatan bahan. Sehingga bahan mudah robek.

Oleh karena itu, bahan oscar ini lebih cocok untuk desain bermotif dengan minim jahitan.

Untuk harganya, sarung jok Oscar dibanderol dengan harga sekitar 500 ribuan bahkan kurang untuk satu set (3 baris jok). Jadi ini yang paling murah.

Lalu bagaimana dengan kulit alami ?

Kalau anda berminat dengan cover jok berbahan kulit asli, boleh saja tapi harganya bisa tembus 4 juta rupiah per set. Sementara kualitas bahan, memang lebih lembut apabila diremas bahan kulit ini akan terasa liat.

Keunggulan lain dari genui leather adalah ;
Mudah melepas panas, sehingga jok terasa lebih adem meski cuaca diluar mobil sedang terik.
Apabila bersentuhan dengan tubuh akan terasa lembut, dan sejuk
Tahan terhadap goresan dan lebih awet

Meski demikian, bahan kulit asli ini lebih gampang kotor karena seratnya berpori dan mudah menyerap cairan. Sehingga pastikan kalau anda mau pakai jok kulit asli, jaga selalu kebersihan diri anda dan kabin mobil.

Kulit yang digunakan pengrajin jok, biasanya kulit sapi impor. Tentu kulit tersebut sudah diolah lagi agar siap dibentuk jok. Umumnya jenis jok kulit asli yang beredar di Indonesia adalah ;

  • Autoleder
  • Abrosco
  • Blackleather
  • Tuscany


Memilih Sarung Jok Berdasarkan Cara Pemasangan


Diatas adalah jenis bahannya, nah untuk yang kedua jok mobil juga dibedakan berdasarkan cara pemasanannya. Ada yang permanent, semi permanent, dan auto cover

1. Auto cover

Auto cover adalah jenis jok yang sangat simple pemasangannya. Karena hanya diletakan pada jok lalu ikatkan talinya agar cover jok bisa melekat pada jok. Proses pemasangannya bisa berlangsung beberapa menit saja namun jenis ini terkesan tidak rapi karena cover jok tidak bisa mengikuti lekuk jok.

Biasanya jenis cover jok ini dipakai sebagai pelindung ketika sedang ada pengerjaan perbaikan mobil. Jadi sifatnya hanya sementara.

2. Permanent seat cover

Tipe yang kedua, memerlukan kinerja yang ektra untuk memasang cover jok. Karena pertama kita perlu mengeluarkan semua jok dari dalam mobil, lalu melepas cover jok bawaan mobil. Setelah cover jok bawaan terlepas baru kita pasang cover jok baru.

Dengan kata lain, tipe yang kedua ini dilakukan dengan penggantian cover jok bawaan dengan cover jok variasi. Tentu hasilnya sangat presisi karena cover jok akan menutupi semua lapisan jok secara sempurna. Sehingga terlihat seperti jok original.

3. Semi-permanent


Untuk jenis yang ketiga, juga perlu kinerja ekstra untuk memasang cover jok, meski pada prosesnya tidak perlu melepas cover jok bawaan. Pemasangannya dilakukan dengan melapisi cover jok bawaan dengan cover jok variasi.

Namun, tidak seperti auto seat cover yang langsung diikat-ikat. Semi permanent biasanya menggunakan bahan yang lentur, cover jok ini juga sudah dibuat sesuai bentuk jok. Sehingga cover bisa melapisi jok secara presisi sesuai lekukan jok.

Meski demikian, pemasangannya tidak bisa dilakukan oleh sembarang orang. Karena kalau salah bisa jadi nanti malah muncul tekukan-tekukan pada cover jok.