Bagaimana Cara Menghilangkan Noda Pada Cat Mobil Putih ?

Advertisement
Untuk menghilangkan noda pada body mobil khususnya mobil dengan cat putih sebenarnya tidak terlalu rumit.

Anda hanya perlu mencuci mobil dan kalau ingin terlihat kinclong, berilah lapisan wax pada body mobil. Namun pada mobil dengan cat putih, nampaknya butuh perawatan ekstra.

Hal itu disebabkan mobil dengan cat putih akan lebih mudah terlihat kotor kalau terkena sedikit kotoran. Apalagi warna cat putih ini bisa berubah menjadi kekuning-kuningan. Tentu dapat merusak estetika tampilan mobil anda.

Belum lagi ada beberapa noda yang tidak bisa dihilangkan dengan air sabun.

Lalu bagaimana cara membersihkan noda pada cat mobil putih ?

Itu tergantung nodanya apa. Kalau nodanya hanya lumpur, anda bisa mencucinya dengan air sabun. Tapi kalau nodanya membandel, seperti kotoran burung yang mengering, bekas lem, atau noda aspal tentu perlu langkah khusus.

Teknik pembersihannya, adalah dengan menggunakan cairan khusus yang dapat melunakan noda membandel tersebut.

Yang paling mudah adalah solar atau bensin, solar selain sebagai bahan bakar juga bisa melunakan kotoran seperti noda aspat atau bekas lem.

Caranya seperti ini ;

  • Bersihkan bagian body yang bernoda menggunakan air untuk menghilangkan debu dan pasir yang menempel, sehingga tersisa noda yang membandel saja.
  • Siapkan lap fiber atau kain bekas yang lembut dan mampu menyerap cairan.
  • Basahi lap dengan solar secukupnya lalu usapkan lap basah tersebut ke area body yang bernoda, ini akan melunakan noda-noda tersebut.
  • Siapkan lap lain untuk mengangkat sisa kotoran yang sudah lunak pada area body yang bernoda.
  • Terakhir, bersihkan lagi menggunakan air bersih.


Apa solar tidak merusak cat mobil ?

Kalau pemakaiannya wajar dan benar itu tidak masalah. Intinya, saat anda mengusap kain ke body mobil yang bernoda, pastikan lap dalam kondisi basah dengan solar dan jangan terlalu keras menekan lap ke body mobil.

Tapi kalau anda merasa khawatir, anda bisa menggunakan tar remover.

Tar remover adalah cairan khusus yang dibuat untuk membersihkan noda aspal pada body mobil. Karena dibuat khusus untuk body mobil, maka cairan ini 100% aman untuk cat. Caranya juga sama seperti yang diatas.

Bagaimana dengan noda watermark pada mobil ?

Satu lagi noda yang cukup sulit dihilangkan adalah noda watermark. Noda ini biasanya berbentuk seperti bekas air atau area body yang menguning/kecoklatan.

Noda ini disebabkan umumnya pemilik langsung menutup body mobil dengan cover saat ada area body mobil yang masih basah. Untuk membersihkannya, ada cara-cara khusus

1. Menggunakan clay bar


Clay bar itu seperti sabun padat pada mobil, fungsinya bukan Cuma membersihkan kotoran mobil namun juga bisa mengkilapkan body mobil serta membuat tekstur body mobil menjadi halus.

Namun permasalahannya, harga clay bar ini cukup mahal. Untuk clay kit bisa dihargai mencapai 500 ribu rupiah (satu paket berisi clay bar, quick detailer, dan lap microfiber)

2. Menggunakan wax


Dibandingkan clay kit, tentu wax memiliki harga yang lebih terjangkau karena anda bisa memilih mau beli yang volume berapa.

Tapi menggunakan wax perlu waktu pengerjaan lebih lama, karena pertama kita harus mencuci dulu mobil untuk menghilangkan debu atau pasir. Setelah itu, gosokan wax ke body mobil menggunakan bantuan lap microfiber. Saat menggosok ini, tidak satu kali gosokan noda langsung hilang, melainkan perlu bolak-balik menggosokan lap ke area yang sama untuk benar-benar menghilangkan noda.

Selain sebagai penghilang noda, wax ini juga bisa mengkilapkan serta memperhalus tekstur body mobil.

3. Menggunakan compound


Compound itu bahan yang paling jitu mengangkat kotoran seperti watermark ini. Namun kalau digunakan dengan salah dan berlebihan, justru lapisan clear coat atau pernis mobil akan terkikis.

Hal ini dikarenakan sifat compound itu mirip amplas yang mampu mengikis kotoran.

Jadi pemakaiannya, haruslah ditangai oleh orang profesional.

Pekerjaan ini masuk ke ranah detailing, meski terkesan sepele karena hanya membersihkan body mobil, pekerjaan ini juga menuntut pengetahuan serta skill yang tinggi.

Jadi, anda untuk lebih mudah tinggal bawa saja ke gerai detailing dan masalah kelar. Namun kalau anda ingin DIY, bisa anda coba.