3 Solusi Untuk Mengatasi Power Window Mobil Yang Macet

Dulu kaca mobil bisa dinaik-turunkan dengan memutar engkolan yang terletak di door trim. Namun sekarang, semua mobil hampir semuanya mengaplikasikan sistem elektrik power window.

Yaitu sistem power window yang dapat menaik turunkan kaca mobil hanya menggunakan tombol up/down.

Tentu sistem ini lebih efektif karena untuk menurunkan kaca jendela kita hanya perlu menekan saklar power window, maka secara otomatis kaca mobil akan turun.

Namun, perkembangan teknologi tersebut juga membawa potensi masalah baru. Salah satunya dibagian power window ini, kalau saat saklar power window kita tekan dan kaca tidak turun, apa yang terjadi ?

Inilah yang membuat kita bingung, tapi tenang saja diartikel ini akan kita kupas semua komponen yang sering menjadi biang kerok kerusakan sistem power window beserta solusi perbaikannya.

Apa penyebab power window macet ?


Ada beberapa komponen yang sering menyebabkan power window tiba-tiba macet. Setidaknya, tiga komponen ini yang sering menjadi biang kerok.

1. Switch power window


img by denlortools.com

Saklar power window berbeda dengan saklar lampu atau saklar lainnya. Saklar ini ternyata lebih rumit mekanismenya, karena dalam satu saklar ada tiga perintah yakni Off, window down, dan window up. Kalau saklar biasa, umumnya hanya terdapat dua perintah yakni Off dan On.

Selain faktor mekanisme yang rumit, kadang dalam satu kali perjalanan kita bisa menaik turunkan kaca mobil hingga berkali-kali. Ini juga mempengaruhi masa pakai komponen termasuk saklar.

Sehingga kalau saklar rusak, maka akan timbul gejala berupa power window yang kadang-kadang macet. Ini disebabkan karena pada fase awal, saklar masih bisa digunakan hanya kadang-kadang tidak terhubung. Namun kalau ini dibiarkan, lama kelamaan saklar bisa benar-benar tidak berfungsi sehingga power window tidak bisa digerakan alias macet.

Untuk solusinya anda perlu ganti saklar power window yang macet. Untuk harganya mungkin berbeda tergantung saklar bagian mana, untuk driver switch harganya sekitar 300 hingga 500 ribu, sementara untuk passenger switch bisa dibawah 200 ribu per unit.

2. Motor power window



Elektrik power window menggunakan motor listrik sebagai penggerak utamanya. Seperti motor listrik lain, motor listrik pada power window juga bisa mengalami masalah.

Biasanya, bagian motor yang sering rusak ada dibagian brush atau sikat motor. Sikat ini berfungsi menyalurkan listrik dari sumber arus ke rotor motor power window yang berputar. Karena rotor selalu berputar, otomatis brush akan selalu bergesekan dengan rotor.

Gesekan tersebut akan mengikis brush sedikit demi sedikit sehingga lama kelamaan brush aus dan tidak bisa menyalurkan listrik dengan sempurna. Hasilnya motor power window macet dan itu akan menyebabkan kaca mobil tidak mau dinaik turunkan.

Untuk masalah ini, biasanya terjadi pada satui pintu saja. Sehingga misal power window depan kiri macet. Coba naik turunkan menggunakan saklar di sisi pengemudi, kalau sama tidak bisa berarti motor power window yang macet.

Tapi jika power window macet ketika dinaik turunkan menggunakan saklar pintu kiri namun normal kalau menggunakan saklar sisi pengemudi, itu berarti saklarnya yang rusak.

Solusinya juga sama, anda perlu ganti brush ini. Cuma, sangat sulit mencari komponen brush untuk motor power window, sehingga bengkel sering merekomendasikan anda untuk mengganti satu set motor power window.

Baca juga, berapa biaya perbaikan power window ? ini detailnya

3. Rel kaca terlalu kotor



Rel kaca ini sangat rentan terkena kotoran baik berupa debu atau kotoran cair. Kalau rel kaca ini kotor, tentu akan menghambat pergerakan kaca. Sehingga akan menimbulkan bunyi ketika kaca dinaik turunkan hingga yang parah kaca macet tertahan kotoran.

Ini terbilang sepele tapi efeknya bisa merusak komponen motor power window kalau dibiarkan.

Jadi, usahakan untuk menjaga kondisi rel kaca ini tetap bersih. Setidaknya rutin membersihkan rel kaca dengan interval 6 bulan sekali menggunakan sprayer berjenis silicon spray yang bisa anda dapatkan dipasaran.

Caranya cukup mudah, anda hanya perlu menyemprotkan silicon spray ke sela-sela rel kaca mobil. Semprot secukupnya saja otomatis itu akan membersihkan semua kotoran didalam rel kaca, juga berperan sebagai pelumas.

Sehingga kalau kaca mobil anda bunyi ketika dinaik turunkan, cara ini bisa menjadi solusinya.

Apa bisa menggunakan cairan lain ?

Tentu bisa selama cairan tersebut tidak mengundang debu. Seperti cairan berbahan dasar oil yang mengundang debu untuk menempel, kalau anda gunakan cairan ini maka rel kaca mobil malah akan semakin kotor sehingga power window semakin macet.

Sprayer-sprayer yang digunakan untuk memebersihkan komponen elektronika nampaknya juga bisa anda gunakan.