4 Fungsi Utama Kepala Silinder Pada Mesin

Advertisement
Salah satu komponen mesin yang paling inti adalah kepala silinder (cylinder head). Diberi nama kepala silinder, karena posisi komponen ini ada ditas blok silinder yang mana berfungsi sebagai tubuh. Sehingga blok atas ini dikenal dengan nama kepala silinder.

Lalu apa saja fungsi kepala silinder pada mesin ? mari kita bahas secara detail.

Fungsi Kepala Silinder


Secara umum, fungsi kepala silinder ini hanya sebagai penutup dari silinder mesin yang berlubang. Tapi bukan hanya itu saja, kepala silinder juga berfungsi ;

1. Sebagai tempat berlangsungnya pembakaran

Sebagai internal combustion engine, mesin pada mobil dan motor melakukan pembakaran didalam mesin. Tepatnya didalam coakan kepala silinder.

Apabila anda sudah memahami bagaimana mesin mobil bekerja, maka anda akan paham bahwa pembakaran ini terjadi ketika piston mencapai TMA (titik mati atas). Pada kondisi ini campuran udara dan bahan bakar sudah dikompresi kedalam coakan kepala silinder.

Ketika pembakaran terjadi, otomatis piston bisa terdorong lagi kebawah untuk melanjutkan proses berikutnya.

Pada mesin bensin, umumnya ada tiga bentuk ruang bakar. Yakni tipe wedge, tipe parabola, dan tipe segitiga. Anda bisa lihat perbedaannya pada gambar berikut.

2. Sebagai tempat jalur keluar masuk material kedalam silinder

Material yang dibutuhkan oleh mesin itu bukan Cuma bensin tapi juga udara. Dan ketika pembakaran mesin selesai, maka akan ada emisi atau gas sisa pembakaran yang harus dibuang.

Ini menyebabkan harus ada dua jalur untuk jalur udara bersih dan jalur gas sisa pembakaran. Kedua jalur ini juga terletak didalam kepala silinder bentuknya seperti saluran yang mengarah ke samping kepala silinder.

Disamping kepala silinder tersebut dipasangkan intake manifold sebagai saluran lanjutan untuk udara bersih yang akan masuk ke mesin dan sisi lainnya dipasangkan exhaust manifold sebagai saluran lanjutan gas buang untuk disalurkan ke knalpot.

3. Sebagai tempat bekerjanya mekanisme katup

Mekanisme katup diperlukan untuk mengontrol kapan udara masuk dan kapan gas sisa pembakaran dibuang.

Kalau fungsi yang kedua, itu salurannya sementara ini berperan sebagai pengatur kapan udara bersih dimasukan dan kapan gas buang dikeluarkan. Karena salurannya terletak didalam kepala silinder, otomatis katupnya juga terletak didalam kepala silinder.

Katup-katup ini akan terbuka sesuai mekanisme yang dikontrol oleh mekanisme katup. Mekanisme katup ini terdiri dari poros nok, rocker arm, dan katup yang saling bekerja sama didalam kepala silinder. Mekanisme ini digerakan oleh poros engkol melalui timming chain.

4. Sebagai tempat pemasangan busi

Terakhir, kepala silinder digunakan sebagai tempat dipasangnya busi. Busi ini berfungsi untuk memicu pembakaran didalam ruang bakar, karena ruang bakarnya terletak pada kepala silinder otomatis businya juga dipasangkan pada kepala silinder.

Apa ada fungsi lainnya ?

Untuk mesin diesel, maka kepala silinder juga digunakan sebagai tempat pemasangan busi pijar, tempat dipasangkan pompa injeksi dan pompa vakum. Jadi fungsi kepala silinder secara keseluruhan itu memang beragam.

Tapi yang paling utama itu 4 fungsi diatas.

Untuk memahami konstruksi serta jenis-jenis kepala silinder bisa anda lanjutkan membaca pada artikel ini Materi kepala silinder mesin – Pengertian, konstruksi, dan cara kerja

Sekian artikel dari saya semoga bisa menambah wawasan kita semua.